Yang Perlu Anda Lakukan Untuk Menjaga Kesehatan Mata

Mata merupakan salah satu anugerah dari Tuhan yang harus kita syukuri. Dan salah satu bersyukur adalah dengan menjaga kesehatan mata. Nyatanya tidak banyak orang yang terlalu memahami dengan baik bagaimana cara menjaga mata.  Mata memiliki fungsi yang sangat penting untuk manusia. Dan juga dengan adanya mata maka semua aktivitas bisa dilakukan dengan baik karena Anda dapat melihat.  Sayangnya ada banyak sekali kegiatan yang mana membuat seseorang lupa untuk menjaga kesehatan matanya. Fungsi mata sendiri akan menurun saat seseorang sudah berusia 40 tahun yang mana sering mengalami gangguan kesehatan mata seperti katarak. Ternyata katarak ini muncul disebabkan oleh banyak faktor. Selain usia yang lanjut juga karena merokok. Kandungan racun pada rokok dapat meningkatkan resiko terjadinya katarak saat Anda sudah memasuki usia tua dan juga memperburuk kondisinya.

Selain merokok Anda juga harus memperhatikan berapa lama Anda duduk di depan komputer setiap harinya. Berada di depan komputer setiap harinya dalam jangka waktu yang lama hanya akan membuat mata menjadi kering, mata lelah dan juga memicu terjadinya sakit kepala. Jika memang pekerjaan Anda mengharuskan Anda menatap layar pada waktu yang lama maka Anda bisa mengalihkan mata Anda dari layar setiap 20 menit sekali.

Jika memang dirasa pengelihatan mulai memudar maka Anda bisa melakukan pemerikasaan mata secara berkala. Apalagi ketika Anda sudah merasa jika pengelihatan Anda dibatasi oleh lingkaran putih dan hitam. Untuk itu Anda harus datang pada dokter mata. Saat keluar rumah di siang hari pun Anda juga bisa memakai kaca mata hitam untuk menghindari sinar UVB dan UVA yang dapat mengakibatkan kerusakan permanen.

Baca Juga >>>  Sama-sama ditularkan oleh nyamuk, tapi malaria dan DBD itu beda loh!

Meskipun penuaan pasti terjadi setidaknya Anda tetap dapat menjaga kesehatan mata dengan mengkonsumsi makanan sehat dan juga mengandung antioksidan. Kandungan antioksidan juga baik untuk menurunkan resiko katarak yang terjadi. Dan juga jika Anda seorang perokok maka Anda bisa mencoba untuk menghentikan kebiasaan Anda satu ini. Meskipun kebiasaan berhenti merokok bukanlah hal yang mudah tetapi Anda masih bisa melakukannya secara perlahan. Selain itu melakukan olahraga juga bisa menjadi pilihan yang tepat. Olahraga sangat baik untuk kesehatan dan juga akan membuat fisik Anda lebih sehat.

Anda bisa memilih gaya  hidup sehat dan juga melakukan pemeriksaan dengan rutin. Dengan melakukan pemeriksaan secara rutin maka Anda dapat mencegah terjadinya berbagai penyakit mata yang mana tidak Anda sadari. Dan juga hal ini akan mencegah penyakit menjadi lebih parah. Apapun yang Anda rasakan segera lakukan pemeriksaan apalagi jika Anda sudah mengalami pengelihatan menjadi kabur, atau pengelihatan ganda serta mata perih.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *