Yang Harus Anda Tahu Ketika Hendak Pasang Behel (Kawat Gigi)

pasang behel di dokter gigi spesialis ortodonti

Tips-Tips Memasang Behel

pasang behel di dokter gigi spesialis ortodonti
pasang behel di dokter gigi spesialis ortodonti

Kawat gigi / behel (di bahasa belanda) maupun braces dalam bahasa Inggris, ialah trend baru yang menyebar dalam kalangan pemuda-pemudi kita ini. Mulanya kawat gigi / umumnya disebut behel ialah satu diantara berbagai macam cara buat memperbaiki tatanan gigi yg bergelombang maupun bertumpuk. Pola gigi yang bergelombang menyulitkan kita sewaktu membersihkan bekas-bekas makanan dalam sela-sela gigi yang sulit dijangkau, juga waktu mengunyah, serta mempengaruhi lafal kita saat berbicara. Tatanan gigi yang semrawut akan mengakibatkan kurangnya percaya diri waktu bertemu dgn orang-orang baru di dalam kehidupan kita.

Akan tetapi akhir-akhir ini pemakaian behel tidaklah berdasarkan masalah yang terjadi di gigi tapi sekedar hanya buat gaya-gayaan yang mestinya tak wajib dilakukan. Mengapa hal tersebut dirasa tidak perlu? Oleh karena mengenakan kawat gigi itu haruslah melakukan perawatan lebih, pengorbanan waktu dan dana yang lumayan mahal. Di bawah bakal dibahas kiat-kiat atau pertimbangan sewaktu hendak mengenakan kawat gigi:

Sebelum Memakai Kawat Gigi

Mengetahui Sasaran, Pertimbangkan dengan Dampak Yang Mungkin Timbul

Kamu bermasalah dgn pola gigi yg tak rapi ataukah sesungguhnya hanya mengikuti trend? Hal ini penting karena jawaban atas pertanyaan ini bakal berguna buat menganalisa manfaat/keuntungan pasang behel serta masalah yang mungkin timbul saat kamu mengenakan behel. Ya, tak bakal ada yg mempermasalahkan sekalipun kamu pada akhirnya menggunakan kawat gigi / behel karena lagi hits, namun bila memang itu adanya, anda perlu mencari tahu bahaya maupun efek buruk yg timbul sesudah memakai kawat gigi salah satunya, kawat gigi bisa saja merusak posisi gigi. Tulang yang menahan gigi dapat rusak dan bisa menyebabkan tidak kokohnya gigi. Hal ini merupakan masalah pelik yg tak bisa dibayar, oleh karena gigi jika sudah goyang tak bisa kuat lagi. Sebagian akibat lain yang ditimbulkan adalah, rasa sakit saat pertama kali memakai behel. Lubang gigi dan karang gigi bakal mudah timbul oleh karena tidak sikat gigi serta menjaga kebersihan mulut. Apalagi dampak pada jaringan lunak, terutama di gusi, bibir, serta pipi akan makin cepat timbul gusi bengkak dan sariawan.

Baca Juga >>>  Makanan Anti Keriput Yang Tidak Boleh Anda Lewatkan!

Kenali Cara Penggunaan

Tidak boleh asal-asalan memilih dokter gigi, dari pengamatan saya, di Indonesia banyak sekali praktek pemasangan behel yang ilegal malahan teman saya pun melakukan hal itu. Ilegal disini dimaksudkan praktek pemasangan behel oleh mereka yang baru aja belajar (bukan dokter gigi khusus ortodonti) memasangkan behel dan juga berani memulai praktek dengan biaya yang murah. Harus anda tau juga memasang kawat gigi tak segampang yg anda pikirkan karena membuat kawat gigi yang benar memerlukan proses pemeriksaan, foto tatanan gigi dan juga cetakan gigi pasien guna mengetahui posisi gigi yang memang betul butuh perawatan. Wajib diingat memasang behel wajib dilakukan oleh orang ahli.

Agar tidak menimbulkan efek lainnya, pastikan anda pasang kawat gigi kepada ahlinya yaitu dokter gigi yang bisa memasang behel yaitu spesialis ortodonti.

Mengenali Beraneka macam Tipe Behel

Ada berbagai macam jenis kawat gigi ada yg terbuat dari clear, metal ataupun transparan yang berwarna seperti warna gigi. Untuk clear, bahannya dapat dibuat dari composite, porselin, maupun plastik. Treatment orthodontik dapat diterapkan dgn alat lepasan (removable appliance), alat cekat (fix appliance) ataupun gabungan.

  • Alat Lepas-Pasang/ removable appliance
    Alat Lepas Pasang/ removable appliance dapat membenahi kelainan letak gigi yg tidak parah dgn hasil yg mengagumkan. Alat orthodontik yang lepasan dibedakan dalam:

    • Plat dasar yang dibuat menggunakan akrilik dan melekat di langit-langit rahang atas maupun di dasar mulut rahang bawah.
    • Bagian aktif yg dibuat menggunakan kawat stainless yg fungsinya buat menggeser gigi ke posisi yg diinginkan.
    • Bagian retensi buat menahan supaya alat tidak lepas dari mulut.
  • Alat Cekat
    Alat Paten (fix appliance) adalah alat yang dipasang di setiap gigi dan dibagi jadi:

    • Bracket serta band (cincin) disini materialnya bisa berupa logam maupun bukan logam semacam porselen, plastik, dan komposit. Bahan-bahan itu punya warna yang menyerupai corak warna gigi. Band (cincin) gigi disemenkan di gigi geraham.
    • Archwire / busur kawat
    • Pengikat yg menyatukan bracket dgn busur kawat, terbuat dengan kawat halus ataupun karet.
Baca Juga >>>  Obat Insomnia Secara Alami

Perawatan Saat Memasang Kawat gigi

Ada beberapa hal yg harus dikerjakan bila anda memakai behel yaitu, rajin membersihkan gigi setiap makan, selalu sediakan tusuk gigi. Serta tidak boleh sampai lupa buat membawa sikat gigi untuk membuang sisa-sisa makanan yang nempel di bracket. Gunakan sikat gigi spesial buat perawatan ortodontik atau sikat gigi anak-anak, yang bulu-bulu sikatnya halus biar tak mengotori bracket. Kontrol ke dokter gigi seperti jadwal yang dibuat dokter spesialis orthodonti. Iris kecil-kecil semua makanan yg dimakan serta kunyahlah dengan hati-hati. Jikalau memakai karet elastik / headgear, pasang seperti nasihat dokter spesialis orthodonti. Dua hal yg dilarang saat memasang behel yakni menyetel ataupun melepas kawat gigi sebab dapat merubah tatanan yg telah dibuat.

Sediakan Dana Lebih

Bahan-bahan untuk behel banyak yang perlu didatangkan dari LN, dengan demikian uang perawatan dengan alat ini tambah mahal. Tiap berkunjung ke dokter pada umumnya dikenakan biaya lagi. Buat yg mempunyai kebutuhan yg banyak baiknya keinginan untuk menggunakan kawat gigi dikesampingkan dulu.

Inilah berbagai masukan sewaktu anda akan memutuskan untuk menggunakan kawat gigi. Jikalau pola gigi anda yang bertumpuk menyebabkan rasa tidak nyaman. Pakailah behel melalui dokter yang sungguh-sungguh ahli di pemasangan gigi Spesialis Orthodonti. Jika kamu semata-mata mengikuti tren dan udah berpikir masak-masak dampak yg muncul, itupun tak dilarang, tetapi sebaiknya tampilkan aura cantik alamiah diri anda.

About ivink3aray

Hobi explore hal baru, dan suka menulis tentang kesehatan di sekitar kita

View all posts by ivink3aray →

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *