Wow Ini Manfaat Serai Untuk Kesehatan Yang Harus Anda Ketahui!

Loading...

Lemongrass atau serai merupakan salah satu bumbu rempah yang sering digunakan untuk memasak. Serai memiliki aroma dan bau yang wangi serta mudah tumbuh di iklim tropis. Serai sendiri merupakan anggota tumbuh-tumbuhan sejenis rumput, memiliki nama ilmiah cymbopogon citratus. Tanaman serai merupakan tanaman yang mudah untuk dibudidayakan serta mudah berkembang biak apalagi ketika mendapatkan air yang cukup dan juga tidak memerlukan perawatan yang khusus.

Dan jika Anda sedang menjalankan program diet maka Anda bisa memasukkan serai sebagai salah satu menu untuk minuman diet Anda.  Serai mengandung mineral dan vitamin yang baik untuk kesehatan. Kandungan vitamin A, B, C, serta asam folat, seng,  tembaga, zat besi, fosfor, kalsium, magnesium serta mangan. Selain itu serai juga bersifat antiseptic yang mana dapat membunuh mikroorganisme yang berbahaya seperti cacing, jamur dan juga virus yang ada di dalam saluran pencernaan.

Selain itu serai juga baik untuk menjaga kesehatan usus. Jika Anda sering mengalami anemia maka Anda bisa mengkonsumsi serai dengan cara merebus serai bersama air. Kandungan zat besi pada serai sangat baik untuk hemoglobin karena zat besi yang dimiliki serai berguna untuk sel darah merah. Serai juga ampuh membantu berbagai jenis anemia seperti kekurangan zat besi.

Kandungan minyak atsiri pada serai bisa Anda gunakan sebagai balsam alami. Apalagi ketika Anda mengalami gangguan pada saluran pernapasan, Anda bisa mengambil minyak serai lalu mencampurnya dengan air hangat. Setelah itu campurkan dengan air hangat lalu gunakan uapnya untuk melegakan pernapasan Anda. Cara ini bisa Anda gunakan saat Anda sedang demam atau pun sedang flu.

Penelitian menyatakan jika serai mengandung citral yaitu suatu senyawa yang memiliki fungsi anti kanker. Dan senyawa citral ini ampuh untuk membunuh sel kanker tetapi tetap menjaga sel jaringan yang masih sehat. Meskipun begitu bukan berarti ketika Anda minum jus serai sekali maka Anda langsung mendapatkan hasilnya.

Baca Juga >>>  Faktanya Penyakit Stroke Dapat Dicegah!

Tetapi Anda tetap harus mengkonsumsinya dengan bertahap. Serai tidak hanya memiliki sifat anti septik tetapi juga mengandung anti inflamasi yang mana ampuh untuk mengurangi gejala asam urat, radang saluran kemih dan peradangan lainnya serta gejala arthritis.

Jus serai dapat dikonsumsi dengan rutin karena memiliki sifat antibakteri yang alami dan juga sifat antiseptic. Selain itu Anda juga bisa melakukan detoksifikasi racun dan mikroorganisme berbahaya dalam usus.

Kandungan antioksidan pada serai juga baik untuk melawan radikal bebas serta menjaga membersihkan hati, ginjal dan juga melancarkan peredaran darah. Serai juga baik untuk penderita diabetes. Jus serai dapat membantu untuk membersihkan pancreas dari kotoran, lemak dan racun-racun berbahaya dalam tubuh. Dengan begitu pancreas akan dengan mudah meningkatkan produksi insulin yang mana nantinya dapat menurunkan kadar gula dalam darah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *