Waspada Gejala Kanker pada Anak

Anda memiliki anak yang sering merasakan lelah padahal tidak sedang melakukan aktifitas yang berat, dan sering mengalami pendarahan baik itu mimisan, gusi dan di kulit maka anda patut waspada. Secara garis besar, kanker pada anak terbagi menjadi dua bagian yaitu kanker darah (Leukemia) dan tumor padat (kanker otak, kanker bola mata/retinoblastoma, nasofaring, otot polos, kelenjar getah bening dan lainnya). Anak yang menderita Leukemia biasanya wajahnya terlihat pucat, sering sakit-sakitan seperti demam.

Beberapa fakta yang ada adalah bahwa penyebab kanker pada anak tidak di ketahui secara pasti, bisa merupakan faktor genetik dari orang tua ataupun penyebab lainnya, namun yang pasti kanker pada anak tidak bisa di cegah. untuk tipe Retinoblastoma (kanker bola mata) merupakan jenis kanker yang paling mudah di ketahui secara dini karena memang perubahan fisik terlihat jelas pada jenis kanker ini :

Berikut ini adalah beberapa gejala kanker yang terjadi pada anak :

  • Tumor Padat

Ciri fisik pada jenis tumor padat bisa dikenali yaitu bola mata terlihat bersinar dalam gelap (biasanya disebut mata kucing), bola mata sering iritasi berwarna merah dan mata sulit melihat dengan fokus, dan yang terakhir bola mata juling.

  • Benjolan di leher

Ciri yang terlihat lainnya adalah benjolan di sekitar leher, anak biasanya tidak begitu peduli tentang benjolan ini hanya saja mungkin akan mengeluh jika benjolan tersebut di tekan/di pegang akan terasa sakit.

  • Sesak Nafas

Jenis ini merupakan yang paling berbahaya karena bisa menyebabkan kematian secara mendadak pada anak, salah satu jenis kanker pada anak yang dapat menyebar sampai ke paru-paru adalah kanker tulang.

  • Testi memiliki ukuran yang berbeda
Baca Juga >>>  Hobi Nonton TV? Hati-Hati Kesehatan Paru-Paru Anda Terancam!

Alat kelamin pada anak biasanya memiliki perbedaan ukuran antara yang kanan tidak sama dengan yang kiri. testi yang terkena kanker biasanya akan menjadi keras dan terasa nyeri,biasanya tidak akan dijumpai infeksi pada jenis ini.

  • Bengkak

Anak sering kali mengalami bengkak tanpa sebab, untuk anak normal biasanya bengkak terjadi karena adanya benturan tetapi pada kasus ini bengkak terjadi tanpa adanya sebab. jenis bengkak ini biasanya di ikuti dengan demam dan nyeri hebat.

  • Terdapat Benjolan

Anda sebagai orang tua wajib mengecek kondisi kesehatan anak anda, termasuk memeriksa apakah ada benjolan pada sekitar kepala. jika ada benjolan tanyakan terlebih dahulu pada anak anda apakah dia terjatuh di sekolah atau malah benjolan ini terjadi juga tanpa sebab. jika kita sebagai orang tua tidak cepat tanggap maka nantinya akan menyesal jika sudah terdiagnosa kanker. benjolan di sekitar kepala berefek sangat buruk seperti sering merasakan pusing, mual muntah, gangguan keseimbangan dan yang terparah akan mengalami kelumpuhan.

About ivink3aray

Hobi explore hal baru, dan suka menulis tentang kesehatan di sekitar kita

View all posts by ivink3aray →

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *