Veneer Porselen – Apakah Merupakan Solusi Terbaik Untuk Mendapatkan Gigi Putih

harga veneer porselen

Salah satu perawatan gigi yang cukup mahal adalah veneer porselen – prosedur rumit dan mahal dimana bahan gigi alami dikeluarkan dari permukaan gigi dan kemudian diganti dengan selubung tipis porselen yang terikat secara kuat dan permanen ke bagian depan gigi.

Jika tidak memperhitungkan mahalnya harga veneer gigi, ini tampak sebagai solusi yang sempurna kan? Pertimbangkan keuntungannya:

Veneer dapat memperbaiki banyak ketidaksempurnaan alami pada gigi dalam jangka waktu singkat, dimana diperlukan berbulan-bulan untuk berubah melalui metode lain seperti kawat gigi. Gigi pendek dan besar, permukaan bergelombang, celah antara gigi, panjang gigi yang tidak rata, semuanya tidak menjadi masalah dengan pemasangan veneer yang rapi. Veneer adalah bahan buatan manusia yang tidak akan pernah berubah warna. Jadi veneer tidak hanya bisa langsung membuat gigi menjadi putih seperti warna putih yang diinginkan, tapi selain itu bahan veneer tidak akan pernah ternoda atau gelap atau terkena kerusakan gigi, berbeda dengan gigi asli anda.

Banyak tokoh televisi, aktor dan artis telah mendapatkan senyuman sempurna mereka melalui bantuan veneer porselen yang diterapkan oleh tangan dokter gigi kosmetik paling terampil di industri ini. Inilah yang memberikan stereotip “senyum Hollywood” pada para aktor dan artis pemakai veneer porselen.

Namun, sebelum Anda melompat untuk menginvestasikan tabungan Anda di satu set veneer gigi baru, inilah beberapa hal yang perlu dipertimbangkan :

Apakah veneer gigi permanen ?

Singkatnya, TIDAK. Tahan lama? TENTU SAJA. Tapi meskipun dengan bahan dan aplikasi paling modern, umur veneer porselen sekitar 10 tahun. Umur veneer lebih tergantung pada gaya hidup dan kebiasaan, veneer bisa retak, patah atau lepas sepenuhnya dari gigi sewaktu-waktu (bahkan pada saat-saat yang paling tidak diharapkan). Selain itu veneer juga memerlukan perawatan lanjutan yang mahal setiap jangka waktu tertentu selama sisa hidup Anda.

Baca Juga >>>  Mitos Dan Fakta Vaksin

Sejak awal sebagai alat restorasi gigi pada tahun 1980an, metode dan bahan untuk menerapkan veneer porselen telah meningkat secara signifikan. Banyak faktor yang dapat mempengaruhi umur veneer seperti: seberapa kuatnya veneer menempel pada gigi, gigitan pasien, dan juga penggunaan gigi yang tidak tepat (seperti menggigit label kemasan atau bahan keras).

Keterampilan dokter gigi, cara pemasangan yang benar dan perawatan yang baik, membuat veneer gigi bisa bertahan melampaui rata-rata pemakaian 10 tahun. Saat perekat yang baru dan lebih baik muncul, siapa yang tahu berapa lama veneer gigi yang baru ini bisa bertahan?

Tapi secara realistis, jika Anda berencana membeli veneer, Anda juga harus merencanakan perawatan dan penggantian, bahkan meskipun anda telah menggunakan veneer gigi dengan bahan terbaik sekalipun.

Bagaimana jika saya tidak menyukai tampilan veneer gigi saya ?

Meskipun memungkinkan untuk mengganti veneer yang tidak sesuai, namun Anda seharusnya memeriksa terlebih dahulu dua sampai tiga kali reputasi maupun garansi dari dokter gigi spesialis konservasi yang Anda pilih. .

Bila klien tidak senang, keluhan mereka biasanya seperti merasa “ketebalan”, ini bisa terjadi jika dokter gigi tidak cukup mengikis enamel gigi untuk memberi ruang pada lapisan porselen, yang membuat gigi pasien terasa terlalu tebal setelah dipasang veneer. Selain memeriksa referensi, lihat apakah calon dokter gigi Anda dapat menunjukkan diagnostik “wax-up” yang sesuai untuk anda, tujuannya agar dapat membantu Anda melihat dan merasakan seperti apa hasil akhir gigi anda nantinya.

Jika saya tidak suka, bisakah saya memperbaiki veneer saya?

Ya, dokter gigi memang sanggup melepas dan mengganti veneer yang sudah tua atau yang tidak sesuai dengan keinginan klien – namun, pasien harus mempertimbangkan kesulitan (dan biaya) untuk melakukan hal ini. Jauh di luar kerumitan pemasangan veneer gigi, kasus paling menantang yang akan dihadapi dokter gigi kosmetik adalah proses menghilangkan veneer yang baru dipasang di gigi pasien, hanya karena kesalahan orang lain. Pengambilan veneer lama bisa sangat mahal dan rumit, dan jika dokter gigi menghilangkan terlalu banyak struktur gigi, kesalahan itu bahkan bisa mempengaruhi umur dan kesehatan gigi asli. Ini satu alasan lagi untuk memastikan ulang keputusan Anda yang hendak memasang veneer, dimana anda harus sangat berhati-hati dalam meninjau foto dan hasil veneer lain yang pernah dilakukan calon dokter gigi spesialis konservasi gigi Anda.

Baca Juga >>>  Cintai Jantung Dengan Konsumsi Makanan Berikut Ini!

Veneer saya terlepas, apakah itu normal ?

Tidak. Jika gigi sudah disiapkan dengan benar dan veneer telah terikat dengan benar, seharusnya tidak bakal lepas sepanjang tidak ada masalah yang berhubungan dengan gigitan Anda. Seringkali hal ini biasanya terjadi karena kegagalan pengikatan yang tidak semestinya. Penyatuan porselen ke bagian depan gigi adalah prosedur yang secara cukup sensitif. Jika permukaannya tidak diperlakukan dengan benar dan bebas dari kontaminan seperti minyak, air atau air liur, akan terjadi kegagalan ikatan (porselen gagal menempel sempurna dengan gigi).

Saya mengalami perubahan warna pada pinggiran veneers yang bertemu dengan gigi dan saya bisa melihat warna gigi lama saya di antara gigi saya. Apakah ada sesuatu yang saya bisa lakukan?

Kedengarannya seperti veneer tidak menyatu dengan benar. Entah Anda memiliki semen resin yang telah berubah warna atau ada celah sehingga noda masuk diantaranya. Fakta bahwa Anda bisa melihat warna gigi asli Anda mungkin berarti gigi itu tidak dikikis dengan benar sehingga porselen tidak menutupi bagian gigi itu.

Apa keluhan paling umum tentang veneer gigi?

Penutupan gigi yang tidak sempurna dapat terjadi jika veneer tidak menutupi tepi gigi sepenuhnya, sehingga ruang antara gigi rentan terhadap perubahan warna dan pembusukan. Juga, jika penyusutan gusi terjadi di tahun-tahun setelah veneer dipasang, akan ada tambahan bagian gigi yang terbuka yang tidak tertutupi oleh veneer, yang bisa menyebabkan adanya 2 warna gigi yang berbeda di bagian gigi yang bersentuhan dengan gusi.

Lebih dari semua itu, keluhan yang paling umum yaitu gigi yang terlalu putih, terlalu tebal, atau nampak seperti “gigi tiruan” , ironisnya hal ini tidak meningkatkan penampilan seseorang – malah membuatnya seseorang tampak lebih tua. Penting untuk mempertimbangkan dampak keseluruhan dan bahkan “mencoba” warna atau gaya perbaikan gigi, sebelum membuat keputusan mahal yang mungkin sulit atau tidak mungkin untuk disesuaikan ulang atau dibalikkan.

Juga penting untuk dicatat bahwa menggigit kuku adalah salah satu kebiasaan yang paling merusak veneer gigi. Jika Anda memiliki kebiasaan menggigit kuku, Anda harus yakin bisa mengatasi kebiasaan itu sebelum Anda berinvestasi dalam veneer.

Baca Juga >>>  Kopi Tanpa Gula Ternyata Manfaatnya Sangat Manis Untuk Tubuh!

Apakah ada kekurangan lain dari pemasangan veneer gigi ?

Kekurangan terbesar untuk veneer porselen adalah harga veneer gigi yang cukup mahal. Satu veneer porselen bisa menghabiskan biaya lebih dari 5 juta rupiah (belum termasuk penggantian dan biaya perawatan). Veneers yang terbuat dari bahan “komposit” mungkin lebih murah – namun, jika mempertimbangkan bahwa ini adalah investasi untuk sesuatu yang jangka panjang dan terlihat seperti keindahan gigi anda, mungkin Anda ingin menyisihkan dan menabung uang Anda untuk produk terbaik yang mampu Anda miliki.

Karena harga veneer porselen cukup mahal, biasanya klien membeli veneer hanya untuk gigi depan (6 sampai 8 buah) yang tampak jelas saat mereka tersenyum, dan klien biasanya membeli veneer hanya untuk gigi atas. Jika yang dipasang veneer hanya gigi atas maka sebaiknya klien memutihkan gigi bagian bawah dan sisa gigi lainnya yang terlihat sesering yang diperlukan. Tujuannya untuk menghindari ketidakcocokan warna gigi yang tidak sedap dipandang, antara gigi yang dilapisi veneer dan gigi asli. Penting juga untuk memperhatikan celah di antara gigi agar tidak menjadi gelap seiring waktu dan menciptakan perbedaan yang lebih nyata dengan lapisan veneer putih yang berkilau di bagian depan gigi mereka.

Jika kita telah menjelaskan anda tentang kekurangan dan kelebihan veneer gigi, faktor terpenting yang harus diingat dalam mempertimbangkan veneer adalah bahwa veneer mendekati permanen. Banyak orang memandang veneer porselen sebagai investasi terbesar yang pernah mereka buat – tapi mungkin lebih dari prosedur kecantikan lainnya, penting untuk mempertimbangkan membeli perawatan veneer gigi dengan lebih dulu melakukan penelitian menyeluruh dan melakukan perawatan yang sempurna jika anda akhirnya memutuskan melakukan prosedur veneer gigi.

Jika anda hendak memasang veneer gigi, ada baiknya anda berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter gigi spesialis konservasi. Untuk para pembaca yang ada di kota DKI Jakarta saya sarankan untuk mendatangi klinik gigi kelapa gading Tooth Signature

About ivink3aray

Hobi explore hal baru, dan suka menulis tentang kesehatan di sekitar kita

View all posts by ivink3aray →

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *