Sakit Punggung? Ini Dia 10 Tips Mengatasi Sakit Punggung Untuk Ibu Hamil!

Sakit punggung merupakan salah satu gejala alamiah yang sering dialami oleh ibu hamil. Nyeri ini terjadi pada bagian belakang punggung yang bertemu dengan pinggul dan tulang belakang, biasanya bunda akan semakin merasakan sakit punggung ketika membungkuk ke depan. Sakit punggung yang dialami oleh ibu hamil ini disebabkan oleh berbagai macam faktor seperti misalnya terjadinya perubahan hormon, perkembangan bayi yang ada di dalam kandungan, pertambahan usia kandungan, perubahan postur tubuh, dan juga akibat rasa stress. Tentu saja ketika mengalami sakit punggung kita akan menjadi tak enak badan dan malas untuk melakukan aktifitas sehari-hari. Supaya sakit punggung itu tidak berkepanjangan, kali ini kami akan membahas tips mengatasi sakit punggung ibu untuk hamil. Simak baik-baik ya bunda!

10 Tips Mengatasi Sakit Punggung Untuk Ibu Hamil

  1. Olahraga ringan

Sakit punggung yang bunda alami itu bisa diatasi dengan melakukan olahraga ringan. Dengan olahraga ringan maka itu bisa meningkatkan kelenturan sehingga otot punggung menjadi tidak tegang, bunda bisa melakukan olahraga ringan seperti misalnya berjalan di sekitar rumah di sore atau pagi hari. Selain bisa mengatasi sakit punggung, jalan-jalan selama hamil ini juga bisa memperlancar peredaran darah bunda. Selain jalan-jalan bunda juka bisa bernenang jika kandugan masih berada di trimester 1 hingga 2. Ketika berenang sebaiknya konsultasi kepada dokter kandungan terlebih dahulu apakah aman atau tidak, dan minta ditemani oleh suami.

  1. Minum obat

Tidak hanya melalui olahraga saja, seperti yang bunda umum lakukan ketika sakit yaitu minum obat. Sakit punggung ini bisa diatasi dengan cara minum obat jenis Acetaminophen, obat jenis ini bisa mengurangi rasa sakit dan nyeri pada punggung sehingga rasa sakit itu akan menghilang. Namun perlu bunda ketahui ya, untuk minum obat harus menggunakan resep dokter. Jadi tidak boleh beli obat sembarangan karena beberapa jenis obat antibiotik berbahaya untuk ibu hamil maupun si janin. Walau mungkin rasa sakit punggung tak tertahankan namun jika obat yang bunda konsumsi itu tidak aman bagi bunda maka jangan dikonsumsi ya.

  1. Akupuntur

Akupuntur yang merupakan pengobatan tradisional menggunakan jarum kecil yang ditusukkan ke beberapa titik di bagian tubuh ini dipercaya bisa menyembuhkan sakit punggung. Bagi Anda yang tidak ingin minum obat, maka bisa memilih untuk melakukan akupuntur ini karena memang dipercaya bisa meringankan rasa sakit dan nyeri pada punggung. Namun sebelum melakukannya pastikan konsultasikan dulu kepada dokter apakah aman atau tidak, selain itu juga bunda harus memilih praktisi akupuntur yang sudah berpengalaman dalam akupuntur terutama pernah melakukan teknik akupuntur itu kepada ibu hamil sehingga sudah pasti keamanannya.

  1. Chiropractic

Mungkin bunda masih asing dengan salah satu kata ini, chiropractic merupakan salah satu metode yang digunakan dan ampuh untuk menghilangkan rasa nyeri dan sakit pada punggung. Chiropractic ini dilakukan dengan manupulasi tulang belakang, bisa menggunakan alat maupun tangan dengan metode khusus. Namun untuk melakukan chiropractic sebaiknya bunda ketahui dahulu apakah nyaman untuk ibu hamil atau tidak, bunda bisa berkonsultasi kepada dokter kandungan. Jika memang sudah diperbolehkan maka bunda bisa mencobanya dan mencari chiropratictor yang memang sudah berpengalaman dan tahu tekniknya dengan benar.

  1. Ubah posisi tidur

Sakit punggung ini bisa semakin parah ketika bunda sama pada 1 posisi saja ketika tidur, oleh karena itu selama bunda tidur sebaiknya rubah beberapa posisi. Semisalnya hadap kiri lalu hadap kanan. Selain itu supaya sakit punggun bisa sedikit teratasi maka bunda bisa tidur dengan posisi menyamping kemudian meletakkan bantal di lutut dan juga diantara punggung. Dan ketika sakit punggung meradang lagi jangan sampai bunda malah memilhnya untuk tiduran terus karena hal itu dapat semakin memperparah sakit punggung bunda.

Baca Juga >>>  10 Tips Mengatasi Flu Untuk Ibu Hamil Tanpa Obat Paling Ampuh

  1. Memijat punggung secara lembut

Salah satu cara yang dapat bunda lakukan untuk mengatasi sakit punggung adalah dengan melakukan pijatan lembut pada bagian yang terasa nyeri dan sakit. Jika mungkin bunda kesulitan untuk memjiat sendiri maka bunda bisa meminta bantuan suami tercinta atau mungkin ibu Anda atau mertua, bisa membantu untuk meminjat punggung yang sakit dan nyeri itu dengan lembut supaya rasa sakitnya agak berkurang dan bunda bisa melakukan lagi aktifitas sehari-hari dengan baik.

  1. Jangan mengangkat beban yang berat

Tips mengatasi sakit punggung untuk ibu hamil yang selanjutya adalah dengan menghindari mengangkat beban berat. Mengangkat beban berat ini bisa semakin memperparah sakit punggung bunda karena bunda akan cenderung membungkuk dan ketika membungkuk rasa sakit itu akan datang. Selain dapat memperparah rasa sakit punggung hal ini juga berbahaya bagi kandungan bunda, karena bisa saja karena angkat-angkat benda berat sendirian bunda akan merasa kelelahan dan mungkin terjatuh akibatnya akan keguguran. Oleh karena itu jika bunda membutuhkan bantuan untuk mengangkat benda-benda yang berat sebaiknya minta bantuan suami atau orang lain saja ya bunda.

  1. Cara duduk yang benar

Sakit punggung ini juga bisa diatasi dengan cara mendapatkan posisi duduk yang benar ya bunda. Ketika bunda ingin menonton televisi atau mungkin melakukan aktifitas lainnya yang dilakukan dengan duduk maka bunda harus tahu posisi duduk yang benar supaya punggung bunda tidak merasa sakit. Bunda harus duduk di kursi yang nyaman untuk bunda, dan empuk. Selain itu bunda harus duduk dengan posisi yang lurus lalu bunda bisa mengambil bantal atau mungkin handuk lebar yang sudah digulung untuk menyangga punggung bunda sehingga tidak akan sakit atau nyeri.

  1. Posisi yang benar ketika ingin mengambil benda di lantai

Seperti yang sudah kita bahas diatas ya bunda, rasa sakit dan nyeri pada punggung bunda itu akan semakin parah ketika bunda mencoba untuk membungkuk. Oleh karena itu jika bunda ingin mengambil benda yang ada di lantai maka kami sarankan untuk tidak membungkuk untuk mengambilnya, melainkan bunda bisa berjongkok dan menekuk lutut untuk mejaga posisi punggung supaya bisa tetap lurus ketika ingin mengambil benda yang ada di lantai. Sehingga bunda tidak akan merasa nyeri atau sakit punggung karena tidak membungkuk.

  1. Pastikan istirahat yang cukup

Istirahat terlalu lama mungkin akan membuat sakit punggung akan semakin parah, namun beraktiftias terlalu berlebihan juga bisa membuat sakit punggung juga semakin parah ya bunda. Oleh karena itu supaya sakit punggung teratasi jangan sampai bunda melewatkan waktu istirahat, ketika punggung sudah semakin nyeri akibat terlalu banyak aktifitas maka bunda bisa istirahat dengan waktu yang cukup supaya punggung bisa kembali normal lagi.

Baca Juga >>>  10 Makanan Sehat Wajib Untuk Ibu Hamil

Itu dia bunda beberapa informasi dari kami mengenai tips mengatasi sakit punggung untuk ibu hamil yang bisa dicoba di rumah ya bunda. Jangan sampai sakit punggung itu bisa menghambat aktifitas bunda walaupun sedang hamil, jangan lupa juga untuk selalu beristirahat dan menjaga pola hidup dan pola makan yang sehat sehingga bayi yang ada di dalam kandungan bisa lahir dengan normal dan sehat! Semoga artikel ini bermanfaat untuk bunda ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *