10 Tips Mengatasi Insomnia Untuk Ibu Hamil Tua dan Muda

Sulit tidur atau yang sering kita sebut dengana insomnia merupakan salah satu gangguan yang seringkali dialami oleh ibu yang sedang mengandung. Ibu hamil muda dan hamil tua, terutama bagi ibu yang sedang hamil tua atau menginjak usia kandungan pada trimester ketiga pasti akan seringkali mengalami kesulitan untuk tidur, sulit tidur atau insomnia ini sebenanrnya terjadi karena berbagai macam sebab ya bunda. Salah satunya bisa saja karena bunda mengalami stress atau tekanan karena waktu persalinan yang sudah semakin dekat atau mungkin karena sakit punggung setiap malamnya. Karena insomnia juga bisa beradampak buruk bagi kesehatan maka kali ini kami akan memberikan tips untuk bunda yaitu tips mengatasi insomnia untuk ibu hamil yang wajib bunda lakukan! Berikut adalah infromasinya!

10 Tips Mengatasi Insomnia Untuk Ibu Hamil Tua dan Muda

  1. Buat tempat tidur menjadi senyaman mungkin

Tips yang pertama adalah membuat tempat tidur bunda menjadi senyaman mungkin. Karena bisa saja bunda tidak bisa tidur karena suasana kamar bunda tidak nyaman, oleh karena itu kenyamanan merupakan hal yang terpenting. Bunda bisa memperhatikan berbagai segi kenyamanan yang ada di kamar bunda, berikan sprei atau bedcover di kasur supaya tidur menjadi lebih nyaman. Jika bunda lebih nyaman tidur ketika lampu dimatikan maka bunda bisa mematikan lampunya, jika bunda nyaman tidur dengan boneka besar maka bunda bisa melakukannya juga.

  1. Minum segelas susu hangat

Tips kedua dan terbilang ampuh untuk mengatasi insomnia adalah dengan minum susu. Sebelum bunda beranjak untuk tidur sebaiknya siapkan dulu segelas susu hangat dan minum sebelum bunda tidur. Cara ini terbilang cukup efektif ya bunda, bunda akan dengan mudah tidur setelah minum susu hangat karena sudah kenyang dan merasa lebih rileks. Namun jika bunda tak mau terus bolak-balik ke kamar mandi kami sarankan untuk jangan minum berlebihan sebelum tidur, cukup minum segelas susu saja sehingga bunda tidak akan sering kencing pada malam hari. Karena sering kencing pada malam hari akan membuat kita terjaga dan malah tidak bisa tidur lagi.

  1. Kenyang sebelum tidur

Tidak hanya pada ibu hamil saja, pada orang-orang yang tidak sedang hamil pun akan menjadi kesulitan tidur ketika mereka masih lapar. Perut yang kosong akan membuat kita jadi tak nyaman untuk tidur sehingga akan cenderung insomnia. Oleh karena itu sebelum bunda memutuskan untuk tidur sebaiknya bunda memeriksa apakah memang sudah kenyang atau belum. Jika bunda masih lapar sebaiknya bunda makan sebelum tidur, tidak perlu makanan berat seperti nasi dengan lauk pauk. Bunda bisa makan-makanan yang mengandung karbohidrat tinggi karena itu bisa sangat mengenyangkan perut. Bunda bisa makan roti tawar dengan minum susu hangat sehingga bisa kenyang dan bisa tidur dengan pulas.

  1. Jangan ubah-ubah waktu tidur

Insomnia pada ibu hamil bisa saja terjadi akibat jadwal tidur yang tidak menentu, oleh karena itu ketika bunda ingin supaya tidak mengalami insomnia maka bunda jangan sampai mengubah waktu tidur bunda ya. Bunda harus sebisa mungkin menetapkan jadwal tidur setiap harinya dan tidur di jam yang sama. Misalnya saja untuk malam hari bunda memutuskan tidur jam 9 dan untuk siang hari bunda memutuskan tidur jam 1 siang. Lakukan jadwal itu secara rutin sehingga pada jam-jam tersebut bunda merasa ngantuk dan tidak akan mengalami insomnia. Lakukan hal ini secara rajin dan teratur.

  1. Dengarkan musik

Cara supaya bunda tidak insomnia lagi adalah dengan mendengarkan musik, beberapa orang mungkin malah tidak bisa tidur jika ada suara berisik. Namun sebagian orang malah harus tidur sebelum mendengarkan musik. Mungkin saja Anda adalah salah satu tipe orang yang bisa tidur dengan musik, bunda bisa mencoba menyetel musik halus di kamar sebelum berbaring tidur. Bunda bisa memainkan musik instrumental yang lembut seperti misalnya musik piano instrumental atau musik klasik. Musik-musik yang menenangkan seperti ini biasanya akan membuat kita mengantuk dan menjadi mudah untuk terlelap. Jika bunda tidak percaya bunda bisa mencoba cara ini.

Baca Juga >>>  Tanda dan Gejala Kehamilan

  1. Mandi dengan air hangat

Tips mengatasi insomnia untuk ibu hamil yang keenam adalah mandi dengan air hangat. Jika memang bunda masih kesulitan untuk tidur walau sudah mencoba berbagai cara diatas maka bunda bisa mencoba untuk mandi dengan air hangat dan juga sabun yang wangi dan menyegarkan. Efek relaksasi dan segar yang bunda dapatkan setelah mandi dengan air hangat ini dipercaya bisa membuat tubuh menjadi lebih rileks daripada sebelumnya sehingga bunda bisa langsung siap untuk tidur dengan nyenyak.

  1. Gunakan bantal yang empuk dan nyaman

Bantal merupakan salah satu hal yang bisa mempengaruhi tidur bunda. Bisa saja selama ini bunda insomnia karena tidur dengan bantal yang tidak nyaman. Oleh karena itu sebaiknya bunda tidur dengan bantal yang empuk dan dirasa nyaman sehingga tidur akan menjadi nyaman dan lebih pulas, ibu juga bisa menyingkirkan bantal yang sekiranya menganggu bunda dan membuat bunda menjadi tidak nyaman. Atau mungkin bunda bisa tidur dengan menggunakan bantal tambahan yang empuk yang digunakan sebagai penyangga lutut dan juga punggung untuk mengindari rasa sakit punggung sehingga bunda bisa tidur dengan nyaman dan rileks.

  1. Selalu bergerak aktif

Tips yang kedepalan dan wajib ibu coba adalah dengan selalu bergerak aktif setiap harinya. Mungkin saja bunda mengalami insomnia karena kram pada kaki, rasa stress, atau lainnya. Dengan bergerak secara aktif maka bisa membantu bunda untuk mengatasi rasa stress, kram pada kaki, dan bahkan bisa mengurangi berat badan. Bunda bisa mencoba untuk berolaharaga ringan seperti misalnya berenang atau mungkin jalan-jalan di sekitar rumah. Namun jangan sampai melakukan olahraga ekstrim karena bisa membahayakan bunda ya. Konsultasikan dulu kepad dokter bunda akan melakukan olahraga apa sehingga bunda bisa tahu berbahya atau tidak.

  1. Siapkan camilan di samping tempat tidur

Bunda mungkin pada malam hari seringkali terjaga dan terbangun karena lapar, supaya bunda bisa kembali cepat tidur maka bunda bisa menyiapkan camilan ringan yang sehat tentunya di sebelah tempat tidur bunda. Bunda bias menyiapkan cookies kering yang bunda sukai dengan segelas air putih. Sehingga ketika bunda terbangung pada malam hari tidak perlu pergi ke luar ya bunda. Cukup makan kur itu setelah itu minum air putih sehingga bisa tidur kembali setelah itu.

  1. Penggunaan obat tidur

Jika setelah bunda mencoba untuk melakukan cara-cara alami diatas namun masih tetap tidak bisa tidur bunda bisa berkonsultasai kepada dokter kandungan untuk mungkin meminta obat supaya bunda bisa tidur dengan nyaman. Biasanya dokter akan memberikan obat yang aman bagi bunda dan janin. Namun perlu dicatat jika bunda hanya boleh konsumsi obat tidur yang memang diberikan oleh resep dokter. Jangan sampai membeli obat tidur yang ada di pasaran karena bunda tidak tahu kandungannya dan bisa saja berbahaya.

Baca Juga >>>  10 Makanan Sehat Wajib Untuk Ibu Hamil

Itulah 10 tips mengatasi insomnia untuk ibu hamil yang bisa ibu terapkan untuk mengatasi insomnia bunda. Semoaga artikel ini bermanfaat untuk bunda!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *