10 Tips Mengatasi Flu Untuk Ibu Hamil Tanpa Obat Paling Ampuh

Sebagai ibu yang sedang hamil tentu saja kita harus menjaga kesehatan kita. Karena tubuh kita harus tetap fit supaya bayi kita juga sehat. Oleh karena itu sebaiknya selalu menjaga kondisi kesehatan tubuh. Namun terkadang penyakit datang walau kita sudah berusaha menjaga kesehatan, terutama pada musim hujan tentu saja orang akan mudah terkena penyakit seperti flu dan itu bisa menular pada kita. Flu, pilek, dan juga batuk bisa menyebabkan tubuh bunda yang sedang hamil menjadi tidak fit dan mungkin akan lemas. Oleh karena itu kali ini kami memberikan solusinya yaitu tips mengatasi flu untuk ibu hamil. Simak ulasannya baik-baik ya bunda!

10 Tips Mengatasi Flu Untuk Ibu Hamil Tanpa Obat

  1. Konsumsi sup ayam kampung

Jika bunda mulai merasakan yang namanya flu sebaiknya bunda segera mengkonsumsi sup hangat setiap harinya. Terutama sup ayam kampung hangat setiap kali makan, sup ayam kampung hangat ini selain bisa menambah gizi bunda juga bisa melegakan tenggorokan dan melegakan hidung tersumbat bunda. Sehingga flu yang bunda rasakan akan perlahan-lahan menghilang jika bunda rutin konsumsi sup hangat setiap kali makan. Kalau bunda merasa bosan dengan sup ayam kampung maka bunda bisa mencoba alternatif sup lainnya seperti sup sayur, sup daging, atau makanan berkuah lainnya yang bisa membuat tubuh menjadi tetap hangat seperti misalnya soto dan juga rawon. Sesuaikan dengan selera bunda saja ya.

  1. Banyak minum air putih

Ketika ibu sakit, salah satu solusi tanpa obat yang bisa menyembuhkan penyakit adalah dengan minum air putih yang banyak. Selain baik untuk kesehatan janin, air putih juga berfungsi untuk menetralkan tubuh kita dan membantu untuk penyembuhan penyakit bunda. Ketika sakit flu maka perbanyak minum air putih ya, kalau bisa takarannya dilebihkan daripada biasanya. Jika bunda rutin minum air putih maka penyakit flu itu akan segera pergi.

  1. Istirahat yang cukup

Ketika kita terkena flu mungkin akan disertai dengan pusing dan juga demam. Tubuh kita akan  menjadi lemah bukan? Oleh karena itu jika bunda sudah terkena flu dan merasa meriang jangan sampai bunda memaksakan untuk terus bekerja atau beraktifitas yang melelahkan karena justru bisa membuat bunda semakin parah. Bunda bisa beristirahat saja di rumah, jangan sampai begadang. Istirahat yang cukup juga dapat membantu ibu segera pulih dari penyakit flu. Jangan sampai bunda tidak memiliki jam tidur yang cukup karena itu malah bisa membuat bunda semakin kelelahan.

  1. Keluarkan lendir

Flu pasti kita juga akan disertai dengan batuh, ada yang batuk kering dan ada juga yang batuk berdahak. Oleh karena itu jika bunda merasa ingin mengeluarkan lendir maka bunda harus mencoba mengeluarkan lendirnya, jangan sampai menahan dahak di dalam hanya karena malu mengeluarkannya. Dengan mengeluarkan dahak maka batuk juga berangsur-angsur akan berkurang dan nanti akan sembuh sendiri ya bunda. Oleh karena itu jika merasa dahak akan keluar maka bunda bisa mengeluarkan dahaknya itu, jangan  sampai hanya menahan dahak itu di dalam saja.

  1. Menambah ketinggian bantal

Tips mengatasi flu untuk ibu hamil yang selanjutnya adalah dengan menambah ketinggian bantal. Ketika flu tentu saja bunda akan mengalami hidung tersumbat, hal itu bisa menyebabkan bunda menjadi kesulitan bernapas terutama ketika bunda sedang tidur. Jika bunda tidak mau kesulitan bernapas maka bunda bisa mengambil bantal tambahan yang sekiranya nyaman untuk bunda sehingga akan menyangga kepala bunda menjadi lebih tinggi. Dengan bantuan bantal tinggi itu maka bunda sedikit bisa bernapas ketimbang tidak menggunakan bantuan bantal. Namun ingat ya bunda, jangan menambah bantal terlalu banyak juga karena bisa membuat sakit leher dan juga sakit punggung pada bunda.

Baca Juga >>>  Sakit Punggung? Ini Dia 10 Tips Mengatasi Sakit Punggung Untuk Ibu Hamil!

  1. Melakukan steam

Cara mudah untuk mengatasi flu yang selanjutnya adalah dengan steam, cara ini bisa melegakan hidung yang tersumbat sehingga lendir bisa keluar. Caranya sangat mudah ya bunda, pertama siapkan air panas dalam baskom. Setelah itu hirup uap airnya, jika tak mau hangatnya habis maka bunda bisa menutupi kepala bunda dengan handuk.

  1. Konsumsi Madu

Madu berfungsi untuk menjaga keseimbangan metabolisme tubuh kita. Sejak dahulu madu memang dikenal baik untuk kecantikan maupun untuk kesehatan. Ketika bunda sakit maka kami sarankan untuk konsumsi madu setidaknya satu sendok makan setelah makan. Terutama sakit flu, kandungan alami yang ada di dalam madu ini membantu ibu untuk menyembuhkan flu dan demam. Atau bisa juga bunda mencampur madu dengan segelas air hangat lalu diminum sebelum tidur atau setelah bangun pagi. Mengkonsumsi madu saat sakit dapat meringankan sakit itu dan bunda akan segera pulih setelah mengkonsumsinya secara rajin. Namun perlu diingat jika bunda harus konsumsi madu alami supaya manfaatnya terasa, bunda harus tahu bagaiamana cara membedakan madu alami dengan madu yang palsu sehingga tidak tertipu ketika membelinya.

  1. Banyak makan buah dan juga sayur

Karena sakit tubuh bunda menajdi lemah, walau begitu bunda harus tetap konsumsi makanan yang sehat dan bergizi ya bunda. Jangan sampai karena malas masak bunda akhirnya masak mie instan atau pesan makanan cepat saji. Bunda harus tetap mengingat jika bunda memiliki tanggungan di dalam perut, bunda memiliki bayi yang harus diberi gizi yang cukup supaya mereka bisa lahir dengan sehat dan cerdas. Cukupi konsumsi buah dan sayur yang seimbang setiap harinya, jika mungkin bunda tidak memungkinkan untuk memasak maka bunda bisa meminta tolong bantuan ibu atau mertua untuk memasakkan makanan untuk bunda. Intinya jaga pola makan sehat walau sedang sakit sekalipun.

  1. Konsumsi wedang jahe

Mungkin karena sedang hamil bunda akan membatasi konsumsi obat-obatan karena tidak semua obat yang dijual di pasaran itu baik untuk ibu hamil. Oleh karena itu bunda harus sebisa mungkin mencari cara yang alami supaya tidak akan mempengaruhi kesehatan janin. Cara paling alami untuk mengatasi flu yaitu adalah dengan konsumsi wedang jahe. Sejak jaman dahulu wedang jahe ini memang terbukti ampuh untuk mengatasi flu, wedang jahe hangat ini terbukti bisa melegakan tenggorokan, mengatasi hidung tersumbat, dan juga menghangatkan tubuh. Caranya juga sangat mudah, bunda hanya perlu membakar jahe kemudian menggeprek dan tambahkan air hangat. Lebih baik lagi jika bunda menggunakan jahe merah karena lebih ampuh khasiatnya.

  1. Mandi air hangat

Ketika bunda sedang terkena flu sebaiknya bunda jangan mandi dengan air dingin karena bisa menyebabkan flu bunda menjadi semakin parah. Namun bunda akan merasa tidak tahan karena tubuh yang lengket jika tidak mandi seharian. Oleh karena itu bunda sebaiknya mandi air hangat karena air hangat dapat melegakan ketika bunda terkena pilek dan selain itu bisa membantu bunda menjadi rileks. Pegal-pegal akibat flu di tubuh bunda jadi berkurang dengan air hangat.

Baca Juga >>>  10 Tips Mengatasi Insomnia Untuk Ibu Hamil Tua dan Muda

Itu dia bunda beberapa informasi mengenai tips mengatasi flu untuk ibu hamil yang bisa dicoba di rumah. Ketika terkena flu sebaiknya bunda segera mengatasinya ya, jangan sampai flu itu berlarut-larut sehingga akan membuat bunda menjadi semakin parah. Semoga artikel ini bermanfaat untuk bunda!

Hasil Pencarian Lainnya:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *