Ingin Berpuasa Selama Hamil? Bisa, Ini Dia 10 Tips Berpuasa Untuk Ibu Hamil!

Kita tentunya sudah seringkali mendengarkan yang namanya “puasa”, bagi ibu hamil terutama yang beragama muslim ketika bulan ramadhan akan tiba tentu saja harus menjalankan puasa. Namun karena beberapa kondisi banyak ibu hamil yang akhirnya tidak bisa berpuasa. Jika bunda ingin tetap berpuasa walau sedang hamil tenang saja bunda, ada beberapa tips supaya bunda tetap bisa berpuasa sekalipun bunda hamil. Oleh karena itu kali ini kami sudah menyiapkan beberapa tips supaya bunda bisa berpuasa walaupun hamil. Berikut adalah tips berpuasa untuk ibu hamil yang wajib bunda ketahui :

10 Tips Berpuasa Untuk Ibu Hamil

  1. Minum air putih yang cukup saat sahur dan berbuka tiba

Salah satu aspek yang paling penting ketika bunda ingin ikut berpuasa walau sedang hamil adalah asupan air putih yang cukup. Ketika puasa tentu saja kita boleh makan dan minum hanya pada ketika sahur dan berbuka, ketika sahur dan berbuka bunda harus minum air putih yang banyak untuk mencegah supaya tidak dehidrasi ketike manjalani puasa.

  1. Mencukupi makanan berserat

Poin penting yang kedua bunda juga harus menjaga asupan makanan berserat selama berpuasa. Karena bunda hanya makan ketika sahur dan berbuka saja maka bunda harus benar-benar memperhatikan makanan yang akan bunda konsumsi ketika bunda berpuasa. Selama puasa, bahan makanan yang mengandung serat tinggi sangat penting untuk tubuh kita terutama bagi ibu yang sedang hamil. Ibu yang sedang hamil wajib untuk memenuhi konsumsi serat supaya selama berpuasa saluran pencernaan tetap menjadi lancar. Bunda tidak akan mengalami sembelit, karena jika sembelit bisa mengakibatkan wasir dan membuat kita jadi tak nyaman. Makanan yang bisa bunda konsumsi selama hamil yang kaya serat adalah kacang-kacangan, pisang, dan olahan gandum.

  1. Konsumsi madu

Ketika bunda berpuasa maka bunda harus mengkonsumsi madu ketika saatnya sahur dan juga berbuka. Madu yang alami dan asli dipercaya dapat melancarkan metabolisme tubuh kita, para ahli sangat menyarankan untuk konsumsi madu selama berpuasa ketika hamil. Selain menjaga metabolisme tubuh, madu juga bisa melancarkan BAB, dan juga memberi cadangan energi sehingga selama hamil dan berpuasa kita tidak akan gampang lemas. Namun sebelum membeli madu ada baiknya bunda memperhatikan terlebih dahulu bagaimana cara membedakan madu yang asli dan palsu supaya manfaat dari madu benar-benar terasa bagi ibu.

  1. Puasa setengah hari saja

Berpuasa bukanlah hal yang mudah untuk ibu yang sedang hamil, selain diperlukan niat yang sungguh-sungguh bunda yang sedang hamil tentu juga harus mempersiapkan kondisi tubuh yang fit sehingga bisa berpuasa selama seharian penuh. Namun jika bunda baru saja hamil dan ingin berpuasa maka bunda bisa berpuasa selama setengah hari saja, tidak usah memaksakan puasa langsung seharian full jika memang kondisi tubuh tidak fit dan tidak memungkinkan. Karena jika bunda memaksakan berpuasa secara penuh namun ternyata tidak kuat malah akan memperburuk kondisi kesehatan bunda sendiri. Jadi lebih baik pilih jalan yang aman saja ya bunda.

  1. Konsumsi susu hangat

Tips berpuasa untuk ibu hamil yang selanjutnya adalah dengan mengkonsumsi susu hangat ketika bunda sedang sahur, bisa juga konsumsi susu hangat ketika sedang berbuka. Susu hangat yang bisa bunda konsumsi untuk sahur ini bisa membuat bunda menjadi cepat kenyang dan juga tidak lemas selama berpuasa. Selain itu manfaat minum susu hangat ini juga bisa membuat bunda segera tidur pulas setelahnya dan juga tubuh menjadi agak rileks.

Baca Juga >>>  10 Pola Hidup Sehat Ibu Hamil yang Wajib Dilakukan

  1. Hindari minuman dingin

Ketika berbuka sebaiknya bunda yang sedang mengandung jangan sampai mengkonsumsi minuman dingin karena itu bisa menyebabkan asam lambung menjadi naik. Hal ini bisa saja terjadi akibat perut yang sebelumnya kosong tiba-tiba saja langsung diisi dengan minuman dingin seperti misalnya es. Oleh karena itu sebaiknya minum-minuman biasa atau yang hangat saja untuk berbuka, karena asam lambung bisa menyebabkan nyeri di perut dan malah membuat bunda menjadi sakit dan tidak bisa berpuasa lagi karena kondisi yang tak memungkinkan. Jika bunda ingin minuman pembuka yang manis ketika berbuka maka bisa konsumsi susu hangat atau mungkin jus buah tanpa gula sehingga berbuka tetap manis.

  1. Jangan makan junk food untuk berbuka atau sahur

Mungkin karena merasa malas memasak karena lemas akibat sedang hamil dan berpuasa akhirnya bunda memilih untuk makan junk food atau memesan makanan cepat saji saja karena selain murah juga praktis dan rasanya pasti enak. Hindari hal ini karena sangat tidak baik untuk kesehatan bunda maupun janin bunda, kandungan kalori tinggi yang ada di dalam makanan junk food dan juga kolesterolnya bisa menyebabkan bunda memiliki berat badan yang tidak terkontrol. Oleh karena itu selama puasa sebaiknya bunda makan-makanan 4 sehat 5 sempurna saja supaya tetap fit dan juga tetap sehat.

  1. Maksimalkan konsumsi kurma

Ketika bulan puasa tentu saja kita akan identik dengan yang namanya kurma, kurma adalah salah satu makanan yang wajib disantap ketika kita berbuka maupun ketika kita sahur. Namun ketika bunda sedang hamil sebaiknya maksimalkan konsumsi kurma ya bunda. Selain baik sebagai makanan pembuka ketika berpuasa, kurma ini ternyata juga baik untuk kesehatan ibu hamil juga. Ketika ibu sahur dan berbuka maka bunda harus mengkonsumsi kurma dalam jumlah yang lebih dan cukup karena ternyata kurma mengandung vitamin B1 yang baik untuk pengontrol gerakan janin. Sehingga bisa menjaga janin supaya tetap baik dan sehat walau bunda berpuasa sekalipun.

  1. Cukupi asupakan karbohidrat kompleks

Ketika bunda sedang berpuasa maka bunda harus mencukupi kebutuhan akan karbohidrat kompleks. Mengingat bunda juga tidak hanya makan untuk dirinya sendiri, ada juga janin di dalam kandungan yang perlu diberi asupan nutrisi juga. Supaya janin yang ada di dalam kandungan tetap sehat dan tetap cukup asupan nutrisinya walaupun bunda sedang berpuasa maka bunda harus mencukupi kebutuhan karbohidrat kompleks dengan konsumsi nasi yang cukup, roti, jagung, ubi-ubian, kentang, dan juga olahan dari gandum. Ibu perlu mencukupi supaya bunda tidak menjadi lemas dan tetap bertenaga walau mungkin puasa seharian penuh.

  1. Konsultasikan ke dokter jika ada yang salah

Berpuasa selama kehamilan tentu saja harus diiringi dengan pengawasan yang sangat ketat, mengingat bunda hanya bisa mendapatkan makanan ketika sahur dan berbuka saja. Karena bunda tidak bisa makan pada jam-jam yang telah ditentukan tentu si bayi juga harus beradapatasi sehingga bunda akan mengalami beberapa perubahan. Oleh karena itu sebelum berpuasa ada baiknya bunda berkonsultasi kepada dokter terlebih dahulu, karena tidak semua ibu hamil boleh berpuasa. Ada beberapa kondisi pada ibu hamil yang dilarang untuk berpuasa penuh, misalnya saja ibu hamil yang mengalami penyakit tertenu semasa kehamilan. Selain itu bunda juga tidak boleh lalai dalam konsumsi makanan dan minuman. Jika ada sedikit yang salah langusng konsultasikan ke dokter, misalnya saja ketika bunda merasa lemas selama berpuasa.

Baca Juga >>>  Sakit Punggung? Ini Dia 10 Tips Mengatasi Sakit Punggung Untuk Ibu Hamil!

Itu dia bunda beberapa informasi dari kami mengenai tips berpuasa untuk ibu hamil yang wajib bunda terapkan jika ingin berpuasa selama masa kehamilan. Semoga tips ini bermanfaat untuk bunda!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *