Ini Dia 15 Tips Supaya Bayi Cerdas Untuk Ibu Hamil

Siapa sih yang tidak ingin memiliki anak yang cerdas? Memiliki anak yang cerdas dan sehat merupakan idaman semua orang tua yang ada di dunia ini. Cerdas itu tergantung dari bagaimana kita mendidik mereka, namun ternyata cerdas juga bisa diciptakan sejak mereka berada di dalam kandungan ya bunda. Bagi Anda yang ingin memiliki anak cerdas maka kali ini kami akan memberikan informasi lengkap kepada Anda mengenai tips supaya bayi cerdas untuk ibu hamil yang wajib diketahui jika mengingkan memiliki anak yang cerdas. Jika bunda dengan tekun melakukan tips di bawah ini maka anak bunda bisa lahir dengan sehat dan cerdas. Tak usah berlama-lama lagi berikut adalah tipsnya supaya anak bisa lahir dengan sehat dan cerdas!

15 Tips Supaya Bayi Cerdas Untuk Ibu Hamil

  1. Jangan merokok

Asap rokok berbahaya untuk semua orang, terutama berbahya bagi janin dan juga ibu yang sedang hamil. Oleh karena itu jika ingin memiliki bayi yang cerdas sebaiknya bunda jangan sampai merokok, ketika ada orang di sekitar bunda yang sedang merokok bunda juga harus menjauhinya karena akan ada efek yang serius jika bunda menghirup asap rokok. Ini sangat berbahaya karena asap rokok bisa sampai ke janin dengan sangat cepat.

  1. Konsumsi asam folat yang cukup

Asam folat merupakan salah satu asupan yang paling penting untuk ibu hamil. Jika ingin bayi yang cerdas maka bunda juga harus memenuhi kebutuhan asam folat untuk bayi, kekurangan asam folat pada bayi bisa menyebabkan beberapa penyakit yang serius. Ibu bisa mencukupi asupan asam folat melalui sayuran hijau dan juga gandum.

  1. Jangan terlalu stress

Yang ketiga adalah jangan sampai ketika bunda hamil bunda menjadi terlalu stress. Stress tidak baik untuk ibu yang sedang mengandung karena dapat menyebabkan bayi lahir dengan berat badan yang rendah, selain itu beberapa penelitian mengungkapkan jika bayi yang lahir dari ibu yang stress selama masa kehamilan cenderung memiliki emosi yang agak sulit untuk dikontrol.

  1. Konsumsi ikan-ikanan yang mengandung omega 3

Omega-3 merupakan salah satu asupan yang bisa membuat otak bayi yang ada di dalam kandungan kita menjadi cerdas. Oleh karena itu sebisa mungkin ketika hamil ibu konsumsi makanan yang mengandung omega-3 seperti misalnya ikan salmon. Sehingga bayi kita akan lahir dan bisa tumbuh besar dengan cerdas.

  1. Sering ajak bayi di dalam kandungan berkomunikasi

Untuk menstimulasi otaknya maka bunda perlu untuk mengajak sang bayi berkomunikasi. Ibu bisa mengajak bayi untuk berkomunikasi setiap harinya, janin bisa mendengar suara ibunya ketika usianya 16 hingga 27 minggu. Dan juga menurut beberapa peneliti bayi yang mendengar lebih dari 2 bahasa akan menjadi bayi yang lebih cerdas ketimbang bayi yang hanya mendengar 1 bahasa saja selama ada di dalam kandungan.

Baca Juga >>>  Sakit Punggung? Ini Dia 10 Tips Mengatasi Sakit Punggung Untuk Ibu Hamil!

  1. Lakukan pola hidup yang sehat

Tips supaya bayi cerdas untuk ibu hamil yang paling penting adalah menjaga pola hidup yang sehat, karena ketika bunda menjaga pola hidup yang sehat maka bayi juga akan tumbuh dengan sehat di dalam kandungan dan itu bisa membuatnya menjadi anak yang cerdas pula.

  1. Miliki tekanan darah yang normal

Tekanan darah selama hamil juga menjadi salah satu hal paling penting yang harus diperhatikan oleh ibu hamil. Tekanan darah harus normal, tidak boleh terlalu rendah dan juga tidak boleh terlalu tinggi karena bisa beresiko bagi kesehatan dan juga janin. Karena ternyata tekanan darah juga berpengaruh kepada kecerdasan otak hati ya bunda. Oleh karena itu bunda wajib untuk mengontrol tekanan darah ya bunda supaya tahu apakah terlalu tinggi atau terlalu rendah.

  1. Konsumsi suplemen minyak ikan

Minyak ikan juga bisa bunda konsumsi untuk meningkatkan kecerdasan otak janin. Sebelum mengkonsumsinya terlebih dulu bunda berkonsultasi kepada dokter apakah minyak ikan yang dikonsumsi itu aman bagi tubuh atau tidak.

  1. Makan-makanan yang sehat dan bergizi

Memberi makan janin dengan makanan yang bergizi tinggi dan sehat juga bisa membuat otaknya menjadi lebih cerdas loh bunda. Makan-makanan yang fresh dan segar supaya manfaatnya terasa bagi kesehatan ibu maupun janin. Jangan lupa cukupi kebutuhan air putih yang cukup per harinya

  1. Hindari makanan yang dilarang untuk ibu hamil

Supaya bayi bisa lahir dengan cerdas maka bunda juga harus menjaga pola makanan. Jangan sampai bunda mengkonsumsi makanan yang dilarang untuk ibu hamil seperti nanas dan makanan lainnya karena dapat mengakibatkan keguguran.

  1. Berjemur di pagi hari

Setiap pagi sebelum pukul 9 sebaiknya bunda memanfaatkan sinar matahari untuk berjemur. Bunda bisa duduk sembari berjemur di halaman atau taman rumah, atau mungkin sembari berjalan-jalan di kompleks rumah. Vitamin D yang ada pada sinar matahari bisa menguatkan tulang dan itu bisa merangsang pertumbuhan otak bayi menjadi lebih baik. Selain itu bermanfaat juga untuk mencegah autis pada bayi.

  1. Pijatan lembut

Langkah yang kedua belas ini memang simpel namun ternyata juga bisa berpengaruh kepada kecerdasan bayi. Supaya bayi bisa cerdas nantinya maka sebaiknya secara rutin bunda memberikan pijatan lembut, bunda bisa melakukan ini ketika usia kandungan sudah menginjak 20 minggu. Bunda bisa memberikan pijatan lembut pada perut. Hal ini bermanfaat untuk memberikan rangsangan terhadap otak janin dan juga menenangkan sistem pada otaknya. Selain itu janin pada usia ini bahkan sudah bisa membedakan mana pijatan ayah dan mana pijatan bundanya.

  1. Utamakan bahan makanan yang alami

Selain mencukupi asupan nutrisi untuk si kecil, bunda juga wajib untuk selalu melihat apakah makanan yang akan dikonsumsi selama kehamilan itu layak atau tidak. Sebaiknya hindari makanan seperti makanan kaleng atau makanan instan yang lainnya, hindari juga makan-makanan seperti makanan cepat saji dan yang tidak higienis ya bunda. Utamakan bahan makanan alami yang sehat dan dimasak sendiri.

  1. Selalu positif thinking

Yang selanjutnya adalah selama masa kehamilan kita harus selalu positif thinking. Karena dengan positif thinking akan membuat kita menjadi lebih bahagia juga bunda. Selama hamil tentu saja bunda harus menjaga pikiran dan psikologis dengan baik, buat diri menjadi bahagia dan selalu berpikiran yang baik dan positif ya bunda. Ada penelitian yang mengatakan jika bunda bahagia, perasaan itu dapat ditularkan ke bayi dan juga bisa membuat bayi yang ada di dalam kandungan jadi semakin cerdas.

  1. Tetap aktif walau hamil

Tips yang terakhir supaya bayi yang ada di dalam kandungan menjadi cerdas adalah ibu yang tetap aktif ketika hamil besar sekalipun. Bunda sebaiknya jangan sampai bermalas-malasan ketika hamil. Karena menurut beberapa penelitian yang diadakan pada ibu hamil yang tetap aktif menunjukkan jika ibu yang masih aktif selama mengandung meningkatkan perkembangan kecerdasan otak bayi sekitar 40%. Angka itu terbilang cukup besar, jadi sebisa mungkin bunda tetap aktif ya walau sedang hamil tua sekalipun.

Baca Juga >>>  10 Pola Hidup Sehat Ibu Hamil yang Wajib Dilakukan

Itu dia bunda beberapa tips yang bunda bisa lakukan supaya bayi cerdas untuk ibu hamil. Jika bunda rutin melakukan yang kami berikan diatas bayi bisa lahir dengan cerdas dan sehat. Semoga artikel bermanfaat untuk Anda!

One Comment on “Ini Dia 15 Tips Supaya Bayi Cerdas Untuk Ibu Hamil”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *