Tin: Buah Timur Tengah Yang Baik Untuk Kesehatan

Loading...

Buah Tin atau yang dikenal dengan nama fig merupakan salah satu buah yang tumbuh di daerah Timur tengah dan menyebar hampir ke seluruh dunia. Buah Tin sendiri bisa Anda nikmati dalam bentuk segar atau pun bentuk kering. Kandungan gizi buah Tin juga banyak dan sangat baik untuk kesehatan.  Buah Tin kering bisa menjadi pilihan yang tepat untuk diet karena mengandung lebih banyak kalori. Hasil penelitian yang dilakukan oleh seorang profesor di Amerika Serikat membuktikan jika buah Tin tidak mengandung lemak atau kolestrol.

Buah Tin mengandung kalium, kaya akan zat besi dan juga mengandung serat. Setiap 10 gram buah Tin Anda bisa mendapatkan 20% serat dengan jenis serat larut. Serat ini dapat menjaga kadar gula dalam darah dan juga mengurangi kadar kolestrol. Dan serat tidak larut dapat mecegah terjadinya kanker pada usus besar. Tidak hanya itu serat pada buah Tin juga baik untuk menyuburkan sitem reprodksi pada wanita atau pun laki-laki. Kandungan kalium yang tinggi pada buah Tin juga baik untuk penderita jantung. Serangan jantung disebabkan oleh tingginya asupan natrium yang dikonsumsi oleh seseorang. Dan dengan mengkonsumsi buah Tin maka dapat menurunkan kadar natrium yang berlebihan. Untuk itu mengkonsumsi buah tin setidaknya satu buah satu hari akan sangat membantu untuk mengurangi serangan jantung.

Tidak hanya serangan jantung, nyatanya buah Tin juga baik untuk menurunkan kadar kolestrol, kandungan serat inilah yang berguna untuk menurunkan kolestrol. Di dalam serat terdapat serat larut berupa pektin yang mana mampu membuang kolestrol jahat atau LDL di dalam tubuh pasa saat ekskresi yaitu dalam bentuk BAB atau keringat. Bahkan jika Anda memiliki diabetes Anda masih diperbolehkan untuk mengkonsumsi buah Tin. Meskipun buah Tin manis nyatanya kandungan yang terdapat pada buah Tin adalah glukosa dan fruktosa yang mana tidak mengakibatkan lonjakan dalam gula darah. Bahkan karena buah Tin mengandung serat larut maka buah Tin memiliki andil untuk mencegah terjadinya penyerapan gula yang berlebihan.

Baca Juga >>>  Yang Perlu Anda Lakukan Untuk Menjaga Kesehatan Mata

Selain itu, buah Tin juga baik untuk mencegah penyakit kanker. Penyakit kanker menjadi salah satu penyakit yang sangat mematikan di dunia. Ada banyak faktor yang menjadi penyebab terjadinya kanker dan yang paling kuat adalah serangan radikal bebas yang mana setiap hari terjadi dan tidak disadari oleh sebagian besar orang.  Kandungan antioksidan dalam buah Tin bisa membantu untuk mencegah serangan radikal bebas yang masuk ke dalam tubuh. Bahkan kanker servik, kanker otak dan kanker payudara juga bisa dicegah oleh buah Tin. Kandungan serat larut pada buah Tin juga baik untuk usus besar serta mampu mencegah terjadinya kanker usus besar.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *