Ternyata Manfaat Kayu Manis Semanis Namanya!

Cinnamomum verum, sin. C. zeylanicum merupakan nama latin dari kayu manis.  Kayu manis sendiri merupakan tanaman rempah-rempah yang memiliki aroma manis dan biasanya digunakan untuk memasak makanan. Kayu manis sendiri sudah digunakan sejak 5000 tahun lalu di Mesir dan juga beberapa kali disebutkan dalam kitab-kitab Perjanjian lama. Dan di Indonesia sendiri kayu manis cukup mudah untuk ditemukan. Kegunaan kayu manis sendiri bermacam-macam dari untuk memasak, untuk kecantikan sampai pengobatan tradisional seperti pembuatan jamu.

Kayu manis bisa dibuat minyak dan disebut dengan cinnamaldehyde. Cinnamaldehyde berguna untuk mencegah pengumpalan darah yang terjadi di dalam tubuh. Tidak hanya itu, kayu manis juga mengelaurakan asam lemak anti peradangan yang disebut dengan arachidonic. Kandungan  asam lemak inilah yang berguna untuk mencegah terjadinya pengumpalan darah dan mengurangi radang. Minyak alami yang dihasilkan oleh kayu manis juga mampu mencegaha terjadinya bakteri sehingga sangat baik untuk digunakan sebagai anti bakteri. Dan dengan sifat alami yang dimiliki oleh kayu manis sebagai anti bakteri inilah kayu manis dapat digunakan sebagai pengawet makanan tradisional yang alami. Tentu hal ini menjadi salah satu keuntungan bagi ibu rumah tangga yang suka memasak. Selain makanan memiliki aroma wangi juga dapat digunakan sebagai pengawet alami.

Kandungan antioksidan juga bisa ditemukan pada kayu manis. Dengan adanya antioksidan ini maka kay manis dapat digunakan untuk mengontrol gula darah di dalam tubuh. Bagi pederita diabetes tipe-2, kayu manis bisa dikonsumsi secara rutin. Kayu manis dipercaya dapat membantu proses pencernaan serta membantu memperbaiki respon insulin. Aroma kayu manis yang wangi ternyata sangat baik untuk meningkatkan aktivitas kinerja otak. Bagi Anda yang sering meraasa sulit dalam berkonsentrasi serta mengingat maka Anda bisa memakai kayu manis dan menghirup aromanya.  Dengan menghirup aroma kayu manis maka proses kognitif akan terbantu serta membantu Anda lebih fokus saat bekerjad dengan memakai program komputer. Kayu manis memiliki kalsium, serat dan mineral yang kaya seperti mangan. Kandungan ini sangat dibutuhkan oleh tubuh itu sebabnya mengkonsumsi kayu manis sangat baik untuk kesehatan. Kayu manis juga berfungsi untuk menurunkan kolestrol. Kandungan kalsium serta serat yang dimiliki kayu manis mampu menghilangan garam dalam tubuh dan mencegah terjadina kanker usus. Di China, kayu manis digunakan sebagai pengobatan tradisonal dan digunakan untuk mengobati orang yang terkenal influenza dan demam. Kayu manis memiliki kandungan zat yang dapat membuat tubuh menjadi lebih hangat dan juga nyaman. Itu sebabnya mengkonsumsi kayu manis sangat baik untuk menjaga kesehatan. Anda juga bisa memakai kayu manis sebagai minuman yang mana bisa Anda konsumsi kapan saja.

Baca Juga >>>  Yuk Kenali Tipe Perut Buncit Anda !

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *