Ternyata Ini 5 Manfaat Tidur Siang

Tidur siang memang sering dilakukan oleh anak-anak bayi dan juga anak-anak yang masih duduk di bangku sekolah dasar. Ada juga sebagian besar orang yang berpikir bahwa orang yang sering tidur siang merupakan tanda pemalas. Padahal hal ini tidak benar, tidur siang memiliki banyak sekali manfaat yang bisa Anda petik. Bahkan di negara-negara berkembang, seperti Spanyol dan Meksiko mereka memiliki kebiasaan untuk tidur sekitar 15 sampai 30 menit atau setelah makan siang mereka akan tidur selama tiga jam. Jika Anda masih memiliki waktu luang untuk tidur siang maka Anda bisa melakukannya. Tentu saja ada manfaat yang bisa Anda dapatkan dengan melakukan tidur siang.

Meningkatkan Performa Fisik

Tidur siang akan membuat Anda merasa lebih baik dan juga merasa lebih aktif  tentu saja jika Anda melakukan tidur siang dengan waktu yang sebentar. Bukan tidur siang dengan waktu yang panjang. Sebuah studi menemukan hubungan bahwa orang yang melakukan tidur siang akan memiliki kemampuan atletik yang baik.

Mengendalikan Stress

Seseorang yang kurang tidur akan merasa lebih mudah untuk tersinggung dan juga merasa stress. Hal ini disebutkan dalam sebuah studi yang dilakukan di tahun 2017 oleh sebuah Journal of Clinical Endocrinology & Metabolism, yang mana menunjukkan jika tidur siang mampu mengurangi hormon stress. Selain itu para ahli juga mengukur dan membanidngkan hormon stress antara orang yang melakukan tidur siang dengan yang tidak. Dan para ahli menemuka jika noradrenalin hormon stress meningkat sehari setelah peserta mengalami kurang tidur siang. Dan tidak meningkat pada orang dewasa yang melakukan tidur siang. Dengan melakukan tidur siang sebentar saja maka Anda bisa mengendalikan hormon stress pada diri Anda.

Baca Juga >>>  Miss V Itu Manja, Untuk Mencukur Rambut Miss V Perhatikan Tips Berikut!

Tidur Siang Mampu Meningkatkan Kognitif

Melakukan tidur siang dengan waktu yang tidak tidak lama atau bukan tidur siang yang panjang ternyata mampu meningkatkan sikap waspada aspek kinerja mental dan fisik, inilah yang dinytakan oleh sebuah Journal of Sports Sciences dalam studinya di tahun 2007. Anda dapat mencoba untuk melakukan tidur siang selama 60 menit sampai 90 menit. Hal ini dapat membantu untuk meningkatkan mental kewaspadaan Anda.

Tidur Siang Membantu Anda Mengurangi Rasa Ingin Makan Cemilan

Rasa lapar biasanya akan terjadi di sore hari dan hal ini biasanya membuat Anda akan mulai mengkonsumsi cemilan seperti coklat atau pun permen. Jika hal ini terus-terusan Anda lakukan maka Anda akan memiliki pola makan yang tidak sehat. Untuk itu Anda bisa mencegahnya dengan tidur siang sebentar saja. Dengan melakukan tidur siang maka hasrat Anda akan terkurangi dan juga mood Anda akan lebih baik lagi.

Sehat Untuk Jantung

Dengan tidur siang secara teratur maka Anda juga turut menjaga kesehatan jantung Anda. pasalnya sebuah studi di Harvard School of Public Health dan University of Athens Medical School melakukan penelitian jika orang yang tidur siang setidaknya 30 menit setiap hari mampu memiliki koroner yang lebih rendah.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *