Ternyata Daun Kelor Ampuh Atasi Penyakit Berbahaya

Daun kelor atau disebut juga moringa merupakan tanaman yang memiliki ketinggian sekitar 7 sampai 11 meter. Daun kelor juga memiliki bunga dan buah. Di Indonesia sendiri dikenal dengan nama daun kelor dan banyak dikonsumsi sebagai sayur bening. Sedangkan orang Inggris lebih sering menyebutnya moringa. Daun kelor memiliki banyak manfaat. Sedangkan untuk akar merupakan bagian yang beracun dan belum banyak dikonsumsi baik sebagai obat atau sebagai makanan.

Daun kelor merupakan salah satu tanaman yang banyak di temui di Indonesia. Daun kelor memiliki kandungan antioksidan yang baik untuk kesehatan. Daun kelor sendiri masih jarang dijual dipasar karena memang banyak ditemukan tumbuh ditempat-tempat yang mudah untuk ditemukan. Anda juga bisa mengkonsumsi daun kelor sebagai teh atau sebagai sayuran.

Sebuah studi dari Journal of Medicinal Food menyatakan bahwa daun kelor dapat mencegah terjadinya kerusakan jantung. Dengan pemberian dosis sebesar 200 miligram per kilogram badan selama 30 hari maka jaringan jantung terlindungi dari kerusakan struktural. Selain itu para peneliti juga menyimpullkan jika daun kelor dapat memberikan manfaat yang signifikan untuk jantung. Tidak hanya untuk jantung, nyatanya ekstrak daun kelor juga mendukung kematian sel dini pada kanker dan juga mampu mencegah pertumbuhan dan reproduksi kanker pada manusia. Hal ini juga dinyatakan dalam Food and Chemical Toxicology yang mana merujuk pada studi kultur jaringan.

Selain itu daun kelor juga aman untuk penderita diabetes. Kandungan seng pada daun kelor merupakan salah satu mineral yang dibutuhkan oleh tubuh untuk memproduksi insulin. Dalam sebuah penelitian  yang dilakukan oleh para ahli di University of Wiconsin LaCrosse menyatakan jika dalam mengkonsumsi ekstrak kelor 150 miligram dari perkilogram berat badan dalam jangka waktu 21 hari maka akan memberikan manfaat yang langsung dirasakan oleh penderita diabetes. Daun kelor juga ampuh untuk mengatasi peradangan dan juga arthritis.  Ekstrak dari daun kelor dapat mengurangi kepekaan yang terasa sangat menyakitkan pada sendi rematik. Dan juga daun kelor memiliki efek sinergis untuk mengurangi rasa sakit.

Baca Juga >>>  Miss V Itu Manja, Untuk Mencukur Rambut Miss V Perhatikan Tips Berikut!

Untuk bagian akar, kulit kayu dan juga bunga memang belum banyak yang mengkonsumsinya karena belum ada penelitian yang menunjukkan hasil tentang manfaatnya. Itu sebabnya ke tiga bagian ini masih jarang dikonsumsi. Jika Anda termasuk wanita hamil maka Anda juga harus hati-hati dalam mengkonsumsi akar, bunga dan juga kulit kayu dari kelor. Pasalnya ketiga bagian ini dapat membuat kontrak rahim yang mana bisa memicu keguguran. Tetapi untuk daunnya sendiri sudah terbukti jadi aman untuk dikonsumsi. Tetapi untuk Anda yang sedang  menyusui tidak disarankan mengkonsumsi daun kelor atau ekstrak kelor.

 

 

 

Hasil Pencarian Lainnya:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *