Ternyata 4 Hal Ini Sering Dialami Wanit Ketika Haid

Haid atau menstruasi merupakan sebuah siklus bulanan yang mana dialami oleh wanita. Mentruasi merupakan hal normal dan tidak berbahaya. Masa haid ini menunjukkan bahwa seorang wanita udah tumbuh menjadi wanita dewasa yang mana akan ditandai dengan perubahan fisik.

Dan juga setiap wanita memiliki gejala haid yang berbeda-beda. Biasanya wanita yag sedang haid akan merasakan kram, baik di perut atau pun di bagian punggung. Saat haid datang, nyeri di bagian perut memang hal yang wajar karena ada proses peluruhan yang terjadi di pada dinding endometrium. Nyatanya tidak hanya kram atau saikt perut yang dialami wanita saat haid.

Ada empat penyakit yang wajar saat dialami oleh wanita ketika datang bulan. Pengaruh hormon ketika sedang datang bulan ternyata membuat wanita mengalami empat masalah kesehatan.  Seperti migrain. Hal satu ini memang sagat menyiksa dan juga terasa sangat sakit ketika kepala harus berdenyut-denyut. Bahkan hampir 20 % dari kaum wanita mengalami yang namanya sakit kepala sebelah saat haid.

Tidak hanya saat sedang haid bahkan migrain terkadang menjadi salah satu gejala yang menandai bahwa haid akan segera datang. Migrain bisa terjadi karena tekanan darah yang rendah atau anemia. Tidak hanya migrai, diare atau perut kembung juga dialami oleh wanita yang sedang mengalami haid. Bahkan tidak jarang, pencernaan juga akan terasa aneh selama Anda mengalami mentsruasi. Hal ini bisa saja terjadi karena adanya hormon prostaglandin yang mana dihasilkan selama Anda sedang datang bulan. Dan juga hormon prostaglandin inilah yang memicu terjadinya diare dan juga kram.

Kram saat menstruasi juga sering disebut dengan dismenore, hal ini terjadi karena Rahim berkontraksi untuk membantu meluruhkan lapisan yang akan dikeluarkan sebagai darah haid. Kontraksi yang hebat akan menyebabkan penyempitan pembuluh darah pada Rahim yang mana akan menghasilkan rasa sakit seperti saat Anda mengalami nyeri dada yang terjadi karena pembuluh darah tersumbat hingga jantung kekurangan oksigen. Selain itu ada juga gusi bengkak atau gusi berdarah.

Baca Juga >>>  Ternyata Minyak Kelapa Dapat Menurunkan Berat Badan Itu Hoax!

Hal ini terjadi karena tepat sebelum haid datang maka tubuh akan mengalami yang namanya kenaikan  hormon progesteron yang mana membuat area rongga mulut menjadi kebas , gusi berdarah dan pendarahan ini disebabkan karena tingkat sensitivitas yang meningkat saat Anda mengalami menstruasi. Saat haid sedang datang Anda tentu pernah mengalami yang namanya malas bergerak bahkan Anda pernah merasa sangat malas bergerak. Hal ini wajar terjadi karena selama haid datang tubuh akan mengalami nyeri sendi sehingga membuat semua tubuh terasa sakit. Hal ini disebabkan karena hormon estrogen yang bertugas sedang mengalami penurunan sehingga menyebabkan sendi terasa nyeri.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *