9 Tanda-Tanda Akan Melahirkan dalam Waktu Dekat

Loading...

Ibu yang sedang hamil tentu saja akan selalu memperhatikan janinnya. Terutama jika usia kandungan sudah menginjak ke trimester ketiga, ibu hamil perlu was-was karena sebentar lagi akan segera melahirkan. Pada trimester ketiga selain perut menjadi lebih besar, tanda-tanda persalinan akan semakin sering muncul. Jika saat ini bunda sudah menginjak trimeser ketiga atau mungkin bahkan sudah menginjak usia kehamilan 9 bulan bunda harus mengetahui tanda-tanda akan melahirkan karena itu sangatlah penting. Sehingga kita bunda mengalami tanda-tanda ini bunda tidak menjadi khawatir dan bisa mengatasinya dengan tepat. Berikut ini adalah informasi mengenai apa saja tanda yang akan bunda alami ketika bunda akan melahirkan. Simak baik-baik ya informasinya!

9 Tanda-Tanda Akan Melahirkan dalam Waktu Dekat

  1. Nyeri pada punggung

Pada ibu hamil sebenarnya gejala sakit punggung ini akan sering bunda alami walaupun bunda hamil muda. Namun bunda bisa mengalami nyeri punggung juga ketika menjelang persalinan, jika bunda mengalami nyeri pada punggung yang agak luar biasa dan datang pergi lalu datang lagi disertai dengan pecahnya air ketuban maka bisa saja itu merupakan salah satu ciri jika sebentar lagi bunda akan melahirkan. Jangan sampai anggap nyeri punggung ini hal yang sepele jika terjadi pada usia kandungan yang sudah besar ya bunda, karena jika disertai dengan ciri lain maka bisa saja itu adalah sinyal dari buah hati kecil kita karena minta untuk segera dilahirkan.

  1. Pecah air ketuban

Tanda yang kedua jika bunda akan segera melahirkan bunda akan mengeluarkan air ketuban secara tiba-tiba. Bahkan mungkin sampai bunda tidak menyadari keluarnya air ketuban itu, air ketuban keluar dalam jumlah yang banyak dan rasanya seperti air mengalir. Jika ketuban sudah banyak keluar maka bunda harus segera pergi ke rumah sakit karena artinya bayi harus segera di keluarkan, jika bayi tidak segera dilahirkan dan keadaan ketuban sudah kering maka bisa sangat membahayakan nyawa si kecil. Bayi akan meninggal akibat kekurangan oksigen dan juga karena ia keracunan air ketubannya, sehingga harus segera mendapat penanganan yang tepat ya bunda.

  1. Perasaan jadi campur aduk

Mungkin bunda agak tidak menyadari yang satu ini, namun salah satu ciri akan melahirkan juga bisa mempengaruhi alam bawah sadar bunda. Karena merasa sudah mengalami tanda-tanda itu maka perasaan bunda akan menjadi campur aduk. Bunda akan menjadi ketakutan, khawatir, dan juga ragu dalam waktu yang bersamaan. Akan lahirnya bayi itu mempengaruhi kondisi psikologis bunda, bunda akan sering uring-uringan seperti misalnya mudah marah dan kesal bahkan tanpa sebab. Bunda juga menjadi sering mudah tersinggung dan merasa apa yang ada di sekitar bunda salah, hal ini sebenarnya adalah salah satu tanda kontraksi psikis jika sebentar lagi bunda akan melakukan persalinan.

  1. Sulit tidur (insomnia)

Tanda-tanda ibu akan melahirkan yang selanjutnya adalah bunda akan menjadi insomnia atau kesulitan untuk tidur. Mungkin bunda tidak sadar, namun bunda akan mengalami sulit tidur beberapa hari sebelum persalinan itu berlangsung. Hal ini terjadi secara alamiah karena secara halus dan secara tidak sadar bunda mengalami kontraksi halus dimana bayi memberikan sinyal jika sebentar lagi ia akan lahir. Jika bunda mengalami susah tidur dalam beberapa hari dan disertai dengan rasa khawatir terus menerus maka bisa segera konsultasi ke dokter atau bidan karena itu tandanya sebentar lagi bunda akan melahirkan.

Baca Juga >>>  10 Pola Hidup Sehat Ibu Hamil yang Wajib Dilakukan

  1. Mengalami mual dan muntah

Mual dan muntah tidak hanya akan bunda alami ketika bunda akan melahirkan saja, ciri-ciri ini juga akan bunda alami ketika bunda dalam posisi akan melahirkan. Karena sudah mau melahirkan, sang bayi yang ada di dalam kandungan kita akan mencari jalan keluar untuk lahir, mereka biasanya akan memposisikan diri di mulut rahim. Pergerakannya itu membuat ibu sering merasa mual dan juga merasakan pusing sehingga bunda akan muntah. Jika pada usia kandungan 9 bulan bunda sudah merasakan mual dan muntah yang sering maka bisa dipastikan sebentar lagi bunda akan melahirkan sang buah hati kecil.

  1. Tubuh yang menggigil

Tanda-tanda akan melahirkan yang keenam adalah bunda bisa saja menggigil karena kedinginan walau sebenarnya ibu tidak demam sama sekali. Oleh karena itu jika sudah mendapatkan ciri-ciri akan melahirkan dan bahkan merasakan tubuh yang menggigil padahal tidak demam sama sekali maka bunda harus segera pergi ke rumah sakit untuk mempersiapkan persalinan. Jika bunda sudah ke rumah sakit tentu tidak merasa khawatir jika akan melahirkan karena tinggal masuk ke ruang bersalin tanpa perlu mengalami resiko ketika berada di rumah. Siapkan juga pakaian dan mungkin pembalut jika-jika bunda mengalami pendarahan. Segera pergi ke rumah sakit terdekat berasama keluarga atau suami.

  1. Pergerakan bayi menjadi lambat

Mungkin sebagai ibu kita akan senang memegang perut tertuama ketika bayi yang ada di dalam kandungan bergerak sana-sini menendang-nendang perut kita. Salah satu ciri yang mungkin tidak bunda sadari ketika waktu bersalin semakin dekat adalah pergerakan bayi yang ada di dalam perut akan menjadi melambat dan bahkan jarang sekali. Intensitas pergerakannya akan menjadi berkurang, padahal saat akan melahirkan ia sedang sibuk mencari jalan untuk keluar. Jika bunda menyadari pergerakannya yang menjadi sangat melambat maka bunda bisa segera berkonsultasi kepada dokter atau bidan. Ibu tidak perlu terlalu khawatir karena ini merupakan tanda-tanda jika bunda akan segera melahirkan.

  1. Sering buang air

Tanda jika ibu akan melahirkan yang kedelapan adalah bunda jadi sering buang air kecil. Bahkan bunda tidak bisa menahan air seni sehingga ibu akan sering bolak-balik ke kamar mandi. Ini terjadi karena mendekati masa persalinan bayi akan menekan atau melakukan pergerakan ke perut pada bagian bawah. Bayi akan cenderung memposisikan ke jalan lahir sehingga ia akan menekan bagian kandung kemih sehingga bunda akan merasa sering buang air kecil. Ketika merasa seperti ini sebaiknya bunda memang harus segera membuang air kencing dan hati-hati ketika ke kamar mandi karena licin dan bunda bisa beresiko terjatuh.

  1. Kontraksi

Ciri yang terakhir jika bunda memang akan melahirkan adalah merasakan kontraksi. Selain itu perut bunda bagian atas akan terasa agak mengempis dan kosong sedangkan bagian bawah perut akan terasa penuh. Hal ini sebenarnya adalah karena bayi sedang berkontraksi, bunda akan merasakan sakit yang luar biasa pada perut dan cenderung tidak bisa menahan rasa sakit itu. Jika sudah kontraksi disertai dengan pecahnya air ketuban bunda bisa segera pergi ke rumah sakit untuk persiapan persalinan.

Baca Juga >>>  Ingin Berpuasa Selama Hamil? Bisa, Ini Dia 10 Tips Berpuasa Untuk Ibu Hamil!

Itu dia bunda beberapa tanda-tanda akan melahirkan yang bisa bunda pahami dan ketika sudah mengalami beberapa tanda diatas maka segera untuk pergi ke bidan atau rumah sakit untuk mempersiapkan persalinan. Jangan sampai bunda mengabaikan tanda-tanda yang sudah saya sebutkan diatas karena bisa sangat membahayakan janin dan juga keselamatan bunda sendiri. Semoga bunda diberikan persalinan yang lancar dan semoga ini bermanfaat!

Hasil Pencarian Lainnya:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *