Tanda dan Gejala Kehamilan

Tanda dan Gejala Kehamilan

Masa kehamilan adalah sebuah kejadian yang paling ditunggu-tunggu oleh sepasang suami istri yang menginginkan memiliki seorang buah hati dambaan keluarga. Dengan menunjukan bahwa seorang istri hamil, berarti ini menandakan bahwasanya seorang pasangan suami istri tidak memiliki masalah serius dalam alat reproduksi mereka karena sudah teruji bahwa wanita yang di nikahinya bisa hamil.

Tanda dan Gejala Kehamilan

Hanya saja ada kejadian yang mungkin bisa dibilang cukup unik karena biasanya pasangan suami istri yang baru masih belum mengetahui dengan pasti apakah istrinya hamil atau tidak. Dan itu akan menjadi pertanyaan besar yang akan sangat mengganggu pasangan suami istri. Selain mengganggunya aktivitas suami istri karena tidak tahu, hal ini juga bisa menjadi malapetaka karena ketika seorang wanita memang sedang hamil, sedangkan wanita itu tidak mengetahui dengan benar bahwa kondsi yang dia alami adalah sedang mengandung, akan ada kekhawatiran terjadinya keguguran karena si wanita tidak menjaga pola makan yang  baik dan juga bukan tidak menutup kemungkinan akan mengancam nyawa wanita itu sendiri.

Oleh karena itu apabila seorang wanita atau anggap saja suami istri memang sedang memprogramkan ingin cepat menikah, setidaknya mencari tahu dengan berkonsultasi dengan para ahli baik itu bidan ataupun dokter spesialis kandungan tentang ciri ciri seorang wanita sudah mengandung dan apa saja yang harus di jaga ketika memasuki minggu pertama kehamilan.

Baca Juga >>>  Sakit Punggung? Ini Dia 10 Tips Mengatasi Sakit Punggung Untuk Ibu Hamil!

Beberapa tanda dan gejala seorang wanita hamil.

  • Perubahan pada payudara.

Ciri yang pertama adalah dengan adanya perubahan pada bagian payudara. perubahan pada hormon di awal kehamilan dapat membuat isi payudara terasa lebih padat, lebih sensitif, dan lebih kencang. Selain itu juga puting terlihat lebih menonjol dan berubah warna menjadi lebih gelap dan juga pembuluh darah yang lebih tampak di permukaan kulit payudara..

  • Lebih sering buang air kecil.

CIri selanjutnya adalah seorang wanita yang memang terindikasi hamil adalah lebih sering buang air kecil jika dibandingkan dengan sebelum hamil. Hal ini terjadi karena disebabkan oleh pembesaran pada rahim yang menekan bagian kantong kemih. Intensitas keseringannya biasanya terjadi di malam hari yang lebih sering di bandingkan malam hari.

  • Sering merasa kelelahan.

Sering merasakan badan terasa Lelah yang tak tertahankan padahal tidak melakukan kegiatan yang berat merupakan salah satu ciri seorang wanita hamil. Gejala ini  lebih sering terasa pada 3 bulan awal masa kehamilan seorang wanita. Hal ini di sebabkan karena meningkatnya kadar progesteron dan juga perubahan pada produksi darah, detak jantung dan juga metabolisme tubuh seorang yang sedang hamil. Jika biasanya cara menghilangkan Lelah dengan mengkonsumsi kafein, jika ini terjadi pada seorang wanita yang sedang hamil, usahakan tidak mengkonsumsi minuman memiliki kadar kafein yang akan membahayakan kesehatan janin. Perbanyak istirahat dan makan makanan bernutrisi untuk mengurangi rasa Lelah pada tubuh.

  • Mengalami mual dan muntah.

Hal umum yang sering di alami adalah dengan merasakan mual dan muntah. Hal ini biasanya terjadi ketika umur kehamilan 6 minggu. Namun bisa saja keadaan mual dan muntah terjadi lebih awal karena tiap orang memiliki kondisi yang berbeda. Namun rasa mual dan ingin muntah ini lama kelamaan akan hilang ketik memasuki masa kehamilan 12-16 minggu. Perasaan mual biasanya terjadi pada saat pagi hari karena pada saat bangun asam lambung sedang tinggi. Agar seorang wanita tidak merasakan mual ketika hamil bisa dengan menjaga isi perut agar tidak terlalu kosong. Cobalah untuk mengkonsumsi makanan sedikit demi sedikit atau bisa juga ngemil atau memakan permen.

  • Lebih Sensitif terhadap bau.

Rasa mual pada trimester pertama kehamilan rata-rata bisa juga di sebabkan karena indra penciuman seorang wanita jadi lebih tajam terhadap mencium bauan. Hal itulah yang memicu juga seorang wanita akan mual ketika mencium berbagai macam bau-bauan yang aneh. Hal yang terparah juga adalah mencium aroma seperti telur dan bawang biasanya wanita yang sedang hamil akan tidak tahan.

  • Hilangnya nafsu makan.

Gejala selanjutnya yang di rasakan wanita ketika sedang hamil adalah hilangnya nafsu makan terhadap makanan berat. Hal ini di picu karena peningkatan kadar hormon dan juga sensitivitas berhadap merasakan atau mencium berbagai macam bau membuat wanita tidak terlalu berselera memakan makanan yang enak sekalipun. Mereka lebih memilih untuk mengkonsumsi cemilan yang rata-rata baunya tidak terlalu tajam.

Baca Juga >>>  10 Tips Mengatasi Insomnia Untuk Ibu Hamil Tua dan Muda

Gejala nomor 7 ini adalah terjadi konstipasi. Hal ini terjadi karena adanya perubahan hormon dalam tubuh wanita sehingga dapat menyebabkan kinerja dari system pencernaan seseorang menjadi lambat yang berakibat kondisi yang sembelit.

  • Mejadi lebih Moody.

Selain perubahan hormon yang mempengaruhi sistem kerja pencernaan, perubahan hormon juga membuat seseorang wanita merasa lebih emosional yang tidak teratur. Hal ini karena suasana hati cepat berubah tanpa ada kejelasan alasan.

  • Sering merasakan pusing.

Beberapa orang merasakan lebih sering pusing yang dirasakan di awal kehamilan. Hal ini di akibatkan karena turunnya tekanan darah dan juga menyempitnya pembuluh darah.

  • Adanya Bercak darah.

Beberapa kasus juga, sebagian wanita yang hamil mengeluarkan tanda bercak-bercak darah yang keluar dari bagian vagina. Bercak darah yang muncul itu menjadi tanda menempelnya sel telur dimana sudah dibuahi pada dinding Rahim seorang wanita.

Dengan mengatahui secara pasti beberapa gejala pada seorang wanita yang hamil, setidaknya seorang suami ataupun istri itu sendiri bisa menjaga dengan baik kondisi janin yang sedang di kandungnya.

About ivink3aray

Hobi explore hal baru, dan suka menulis tentang kesehatan di sekitar kita

View all posts by ivink3aray →

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *