Stop Menahan BAB! Ini Bahayanya

Buang air besar atau yang biasanya disingkat menjadi BAB disebut juga dengan defeksi yaitu sebuah proses dimana  manusia atau makhluk hidup membuang kotoran yang berasal dari sistem pencernaan.  Dan dalam sehari manusia dapat melakukan buang air besar beberapa kali. Nyatanya proses buang air besar memang tidak bisa dihindari oleh semua orang, dan juga sesuatu yang harusnya keluar sudah seharusnya di keluarkan tidak baik untuk ditahan-tahan termasuk proses buang air besar.

Dalam proses satu ini banyak orang yang menahan buang air besar dengan berbagai alasan. Bisa jadi karena sedang ada meeting atau belum menemukan toilet karena memang sedang berada di tempat umum. Atau bisa juga karena merasa malas karena toiletnya kurang bersih. Jika Anda termasuk salah satu orang yang suka menahan buang air besar maka sebaiknya Anda menghindari hal ini sejak sekarang. Karena memang menahan buang air besar akan berdampak tidak baik untuk kesehatan. Selain itu menahan buang air besar juga akan membuat Anda merasa tidak nyaman.

Seharusnya buang air besar yang baik dilakukan setiap hari dan juga rutin. Dan juga setiap orang memiliki jam biologis yang berbeda antara yang satu dengan yang lainnya. Ada yang biasa buang air besar di pagi hari dan juga ada yang biasa buang air besar di sore hari atau bahkan malam hari. Selain itu tidak menutup kemungkinan seseorang akan buang air besar sehari dua kali atau tiga kali.

Menahan buang air besar bukanlah hal yang baik karena akan menimbulkan dampak buruk bagi kesehatan. Ketika Anda menahan BAB maka secara sadar atau tidak sadar Anda akan meningkatkan resiko kram perut, lalu resiko infeksi pada usus besar atau pada sistem pencernaan, resiko terjadinya nyeri punggung juga nyeri sesak dada dan juga nyeri pada perut. Selain itu dengan Anda menahan buang air besar maka Anda harus berhati-hati karena resiko sembelit dan susah buang air besar.

Baca Juga >>>  Biaya Deteksi Dini Penyakit Kanker

Saat Anda merasa ingin buang air besar maka itu berarti ada kotoran yang harus anda buang. Karena jika Anda tahan maka kotoran di dalam usus akan mengeras dan juga menumpuk yang mana dapat berubah menjadi bakteri dan penyakit sehingga dapat membahayakan sistem pencernaan. Niket Sonpal MD seorang Asisten profesor di Tuoro College of Osteopathic Medicine, New York, juga menyatakan bahwa dengan menahan buang air besar setidaknya selama 12 jam maka dapat meningkatkan terjadinya sembelit.

Dan juga dapat meningkatkan resiko perut buncit. Untuk itu pula, para ahli juga melarang menahan buang air besar karena tidak baik untuk kesehatan, selain itu Anda juga harus menjaga pola makan dan minuman. Pastikan kebutuhan serat Anda terpenuhi dengan cukup.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *