Siwak: Tanaman Timur Tengah Ampuh Menjaga Kesehatan Gigi

Siwak merupakan tanaman yang hidup di Timur Tengah dan memiliki nama latin Salvadora percisa. Pohon siwak sendiri terdiri atas ranting dan akar serat yang lembut. Pohon siwak tumbuh di daratan Asia, Timur Tengah dan juga Afrka. Dan sebagian besar dari penduduk Arab sudah mengenal siwak dan juga sudah bukan hal yang aneh lagi ketika Anda melihat penduduk Arab memakai siwak.

Nyatanya siwak memang baik untuk menjaga kesehatan mulut, siwak juga baik untuk membersihkan mulut. membersihkan mulut sebelum tidur dengan memakai siwak bisa menjadi pilihan yang tepat. Selain itu Anda juga bisa memakai siwak untuk membersihkan gusi dari kotoran. Caranya juga cukup mudah yaitu dengan menggosokan siwak pada gigi Anda, sama halnya seperti saat Anda sedang gosok gigi.

Atau selesai menyantap makanan, maka Anda bisa memakai siwak untuk membersihkan gigi. Biasanya setelah makan maka akan ada sisa-sisa makanan yang menempel pada gigi dan jika Anda biarkan begitu saja maka dapat merusak penampilan dan juga dapat membuat gigi berlubang. Jika biasanya Anda membersihkan gigi dengan memakai sikat gigi maka Anda bisa mencoba untuk memakai siwak.

Siwak memiliki kandungan seperti tannin, pottasium, sodium bicarbonate, fluorida, silika, sulfur, vitamin C, trimetilamin, salvadorin dan juga beberapa mineral yang mana membantu untuk memutihkan gigi, menyehatkan gigi serta membersihkan gigi. Selain itu siwak juga mengandung antibacterial acids seperti abrasive, astringents dan juga detergent yang mana berguna untuk mencegah infeksi, menghentikan pendarahan pada gusi serta membunuh bakteri.

Ditambah lagi enzim yang terkandung pada siwak juga baik untuk mencegah pembentukan plak yang mana menjadi penyebab radang gusi dan juga menjadi salah satu penyebab gigi tanggal sebelum saatnya. Di dalam siwan, Anda juga bisa menemukan zat anti pembusukan atau yang disebut juga dengan anti decay agent. Selain itu antigermal system juga memiliki fungsi sebagai penicilin dan berguna untuk menurunkan jumlah bakteri di mulut serta mencegah terjadinya proses pembusukan.

Baca Juga >>>  Menjaga Kesehatan Dengan Biaya Murah, Cukup Tersenyum!

Sebuah penelitian yang dilakukan terhadap tanaman siwak pada abad ke-19 menemukan hasil yang menakjubkan karena tanaman yang tumbuh di tanah gersang ini mengandung trimetilamin, fluor, klorida dan resin dalam jumlah yang banyak. Selain itu, ditemukan juga kandungan vitamin C, silika dan juga sulfur.

Yang mana kandungan ini sangat baik untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut. Vitamin C dan trimetilamin membantu menjaga kesehatan dari gusi. Sedangkan untuk klorida sendiri berguna untuk membersihkan noda pada gigi. Kandungan fluorida pada siwak juga menjaga kesehatan gigi dan mencegah terjadinya karies yang mana dengan cara memperkuat lapisan email dan mengurangi larutan terhadap asam yang dihasilkan oleh bakteri.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *