Setelah kamu baca manfaat madu bagi kesehatan, yakin masih tidak mau konsumsi madu?

Apakah kalian termasuk orang yang sering mengkonsumsi madu? Tapi apakah kalian sudah tau jika madu memiliki banyak manfaat bagi tubuh ?

Menurut Odex Alimentarius Commision madu merupakan zat manis yang dihasilkan oleh lebah madu, berasal dari nectar bunga yang berkembang atau disekresi tanaman yang dikumpulkan oleh lebah, kemudian di buah bentuk dan dikombinasikan dengan zat khusus yang ada pada tubuh lebah, selanjutnya disimpan hingga masak pada sel-sel madu.

Berdasarkan penelitian yang telah di lakukan jauh sebelumnya, madu mengandung glukosa dan fruktosa yang tinggi sehingga membuat madu kaya akan manfaat bagi tubuh kita. Karena tingginya kandungan fruktosa dalam madu maka sebaiknya ketika mengkonsumsi madu harus dengan takaran dengan benar, karena dapat menyebabkan gangguan perut dan diare.

Tetapi di samping itu, madu sendiri sudah di gunakan sebagai alternatif pengobatan kuno, misalnya untuk menghilangkan bekas luka ataupun pengobatan penyakit jantung, jadi, jika di konsumsi dengan takaran yang benar maka kita akan merasakan banyak sekali manfaatnya bagi tubuh kita,

1. Mencegah diabetes
Karena adanya kandungan glukosa dalam madu, maka madu bisa menjadi bahan pengganti gula. Glukosa yang terkandung dalam madu berbeda dengan glukosa yang ada pada gula putih.

2. Menyamarkan bekas luka
Madu mengandung senyawa anti bakteri itulah kenapa jika madu sangat baik untuk menyamarkan bekas luka. Sehingga baik untuk teman-teman yang memiliki jerawat agar menggunakan madu sebagai masker wajah, diamkan selama 15 menit dan gunakan secara rutin, di jamin wajah akan menjadi lebih cerah.

3. Memperkuat kekebalan tubuh
Berdasarkan penelitian Abuharfeil et al., menyebutkan bahwa madu dapat merangsang pembentukan sel –sel imun seperti sel natural killer, sel limfosit B dan T yang berfungsi dalam menangkal serangan penyakit.

Baca Juga >>>  Manfaat Mandi Air Hangat Yang Tidak Boleh Dilewatkan!

4. Menyembuhkan tumor dan kanker
Madu memiliki kandungan yang mampu mencegah kanker. Penelitian menyebutkan bahwa senyawa anti tumor yang ada pada madu dapat memicu apoptosis pada sel tubuh yang rusak serta mencegah proses metastasis sel kanker. Apoptosis merupakan mekanisme bunuh diri yang di lakukan oleh sel termutasi, agar tidak berkembang menjadi penyakit kanker. Dalam study lain yang di publikasikan oleh The Journal Molekul juga menyebutkan bahwa ditemukan bahwa terdapat kandungan flavonoid dan asam fenolat di dalam madu yang berperan sebagai anti kanker primer yang dapat terlibat dalam sifat yang menguntungkan.

Selain 4 manfaat di atas masih banyak manfaat madu bagi kesehatan ,seperti untuk penyembuhan batuk, meningkatkan daya ingat, menambah stamina dan mafaat lainnya. Jadi jangan ragu untuk mengkonsumsi madu sebelum beraktifitas ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *