Seberapa penting vaksin influenza bagi kita ?

Vaksin influenza merupakan salah satu jenis vaksin yang akan menangkal datangnya penyakit influenza pada diri seseorang yang di berikan vaksin itu sendiri. Vaksin influenza biasanya setiap tahun mengalami upgrade sesuai dengan jenis influenza yang dimana efektivitasnya akan di uji terus oleh pihak terkait agar dalam pemberian vaksin ini akan tepat pada jenis influenza kita.

Badan kesehatan dunia sudah mengeluarkan statement bahwa setiap orang direkomendasikan untuk diberikan vaksin jenis ini minimal setahun sekali. Batas umur yang diperbolehkan dalam pemberian vaksin ini adalah umur 6 bulan sampai 5 tahun untuk anak-anak selain anak-anak, ibu hamilpun aman untuk di berikan vaksin ini.

Seberapa penting vaksin influenza bagi kita ?

Influenza sendiri merupakan salah satu jenis penyakit yang bisa di katakan cukup berbahaya apabila dalam penanganannya kurang baik. Karena tidak sedikit juga kasus diluaran sana menyebabkan rawat inap dan bahkan yang terparah bisa menyebabkan kematian.

Setiap tahun dan setiap musim, flu memiliki virus yang berbeda-beda, dan infeksi influenza dapat sangat menjadi mempengaruhi setiap orang dengan berbeda. Bahkan bisa juga orang yang sehat bugar dapat menjadi sangat sakit akibat terkena virus flu dan menularkannya ke orang lain yang berada di sekitar pasien.

Dalam perhitungan badan statistik tertentu pada periode antara tahun 1976 sampai 2007, beberapa kasus yang ada terkait dengan flu berkisar dari sekitar 3,000 sampai 49,000 orang. Angka yang bisa di katakan cukup besar dalam jumlah apabila penyakit flu bisa menyebabkan kematian dan dari angka mencapai 49.000 orang tadi sekitar 90% kematian akibat virus ini terjadi pada orang-orang berusia lanjut usia antara 65 tahun ke atas.

Baca Juga >>>  Bagaimana cara alami mengobati penyakit alergi ? Simak tipsnya

Vaksin influenza ini sangatlah penting di berikan kepada setiap orang mengingat sangat mudahnya virus ini tersebar dari satu orang ke orang lainnya. Dan semakin banyak orang yang di beri vaksin influenza ini semakin bagus agar tersebarnya virus ini tidak meluas ke wilayah baru lagi.

Orang yang wajib di beri vaksin influenza

Seperti yang sudah di bahas di atas seberapa penting vaksin influenza bahwa setip orang yang sudah berumur minimal 6 bulan wajib di beri vaksi influenza ini termasuk wanita hamil yang tidak ada riwayat khusus yang membuat vaksin influenza ini dilarang.

Namun apabila dilihat dari prioritasnya sendiri ada beberapa orang yang di dahulukan dalam pemberian vaksin influenza ini yaitu :

  • Anak-anak dengan rentan usia 6 bulan hingga 59 bulan atau 4 tahun.
  • Lansia dengan usia 50 tahun ke atas.
  • Orang pengidap penyakit paru-paru kronis seperti asma , kardiovaskular kecuali hipertensi, ginjal, hati, neurologi, hematologis, atau kelaninan metabolisme lainnya yang akan memacu penyakit influenza akan membuat pasien terkena penyakit komplikasi.
  • Orang yang terkena imunosupresi yang salah satunya disebabkan pengobatan HIV AIDS,
    Wanita hamil atau akan hamil dan yang sudah hamil dengan waktu 2-4 minggu setelah persalinan.
  • Orang yang sedang menjalani terapi aspirin dalam jangka panjang.
  • Lansia yang tinggal di panti jompo.
  • Orang yang terkena kelebihan berat badan atau obesitas extreme.
  • Para petugas pelayanan medis.
  • Para pengasuh anak atau lansia dirumah.

Beberapa daftar di atas adalah daftar orang yang apabila ada proses vaksin influenza wajib di dahulukan karena mereka dimasukan dalam klasifikasi rentan terkena virus influenza lebih cepat dari pada orang lainnnya.

Orang yang tidak di rekomendasikan mendapatkan vaksin influenza

Selain beberapa orang yang wajib di berikan vaksin influenza ini ada juga beberapa orang tidak di wajibkan untuk mendapat vaksin ini yaitu :

  • Anak balita yang umurnya di bawah 6 bulan, karena apabila di berikan takutnya akan memberi efek negatif.
  • Orang yang memiliki riwayat alergi terhadap obat-obatan tertentu, karena apabila memang memiliki alergi terhadap salah satu jenis obat lebih baik di konsultasikan dahulu dengan dokter ahli bisa jadi akan ada vaksin khusus untuk anda yang memang memiliki alergi terhadap salah satu zat yang tertentu.
Baca Juga >>>  Apakah anda alergi terhadap alkohol?

Ke dua orang yang sudah di jelaskan di atas sangat tidak di rekomendasikan di berikan vaksin ini meski kita tahu seberapa penting vaksin influenza di berikan kepada manusia.

Efek Samping Vaksin Influenza

Meski ini merupakan sebuah vaksin sama halnya seperti imunisasi terhadap balita, akan ada efek samping tertentu kepada setiap orang yang di berikan vaksin ini, meskipun setiap orang memiliki efek samping dan gejala yang berbeda namun disini kita akan berikan efek samping atau gejala yang akan timbul ketika seseorang telah di berikan vaksin influenza ini secara umum.

3 efek samping yang biasa muncul akibat di berikan vaksin flu

  • Adanya rasa sakit, kemerahan atau pembengkakan pada area yang terkena suntikan.
  • Merasakan demam rendah.
  • Terkadang merasa nyeri di beberapa bagian tubuh tertentu.

2 efek samping pada Suntikan juga dapat menyebabkan efek samping

  • Permukaan akan keras dan gatal pada area suntikan.
  • Apabila masalah ini muncul, kondisi mulai sesaat setelah suntikan dan biasanya berlangsung hingga 1-2 hari.

Efek samping di atas biasanya terasa ketika beberapa hari setelah vaksin dan ada juga yang malahan tidak merasakan efek samping dari vaksin yang sudah di berikan pada pasien itu juga. namun tetap saja apabila ada efek samping yang berlebihan yang diluar list di atas lebih baik segera konsultasi ke dokter.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *