Sama-sama ditularkan oleh nyamuk, tapi malaria dan DBD itu beda loh!

Loading...

Malaria dan DBD sama-sama merupakan penyakit yang ditularkan melalui nyamuk, tapi apakah bedanya?

Mungkin banyak  dari kita hanya mengenal DBD ( demam berdarah dengue), tetapi bagi masyarakat di bagian timur khususnya daerah papua, sudah tidak asing dengan 2 penyakit ini. Karena namanya berbeda sudah jelas pembawa penyakit ini pun berbeda, DBD ditularkan karena gigitan dari nyamuk  Aedes Aegypti  yang memiliki bintik putih di tubuhnya, sedangkan malaria di bawa oleh nyamuk Anopheles betina yang berkembang di air kotor.

Ketika seseorang terserang demam berdarah, maka masa inkubasi akan terlihat sekitar 4 – 5 hari setelah terinfeksi , dan demam ini akan berlangsung untuk jangka waktu yang cukup lama disertai dengan sakit kepala dan nyeri tulang, penderita demam berdarah biasanya akan mendapatkan ruam kemerahan pada kulit. Sedangkan pada penderita malaria, masa inkubasi relatif lama setelah terinfeksi, yakni 9-15 hari karena parasit plasmodium membutuhkan waktu yang lama untuk berkembang. demam malaria biasanya akan terjadi dengan waktu yang lebih singkat di bandingkan demam berdarah, gejala yang terjadi adalah nyeri sendi,  muntah,  berkeringat,  anemia.

Kebanyakan orang yang terkena malaria adalah orang- orang yang pernah tinggal di daerah timur,

Sekarang kamu sudah bisa membedakan mana malaria dan DBD,? jangan panik ketika demam tinggi, segera bawa ke rumah sakit terdekat ya!

Baca Juga >>>  Manfaat Menakjubkan Dari Mengkonsumsi Kurma

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *