Sadari Gejala Awal Kanker Payudara

Kanker payudara seakan menjadi momok yang menakutkan bagi wanita khususnya karena wanita berusia 25-40 tahun sangat beresiko terkena kanker payudara. banyak dari penderita kanker payudara pada stadium awal tidak menyadari beberapa gejala-gejala yang terjadi, karena pada umumnya memang belum menunjukan perubahan yang signifikan.

ciri-ciri penyakit kanker payudara

Tetapi sebenarnya ada beberapa gejala awal kanker payudara yang dapat dikenali secara kasar mata, dengan begitu kita dapat bertindak cepat untuk berkonsultasi ke dokter tentang tindakan apa selanjutnya yang harus dilakukan. berikut ini adalah beberapa gejala awal kanker payudara yang mesti anda sadari :

  • Teraba adanya Benjolan

Meski tidak selalu benjolan merupakan indikasi dari kanker payudara tetapi anda patut curiga, apalagi jika jenis benjolan ini semakin hari semakin besar dan terasa sakit jika di pegang. biasanya butuh tindakan seperti biopsi (yaitu pengambilan sampel jaringan) untuk dapat memastikan apakah ini termasuk ke dalam tumor jinak atau tumor ganas (kanker), sebaiknya konsultasikan ke dokter untuk masalah ini agar mendapatkan solusi terbaik.

  • Penebalan Kulit

Ciri selanjutnya adalah penebalan kulit pada area sekitar payudara anda, sel-sel kulit yang tadinya sehat perlahan akan terkikis oleh sel kanker dan mati sehingga kulit mengalami penebalan. biasanya kulit akan terlihat menjadi hitam, segera periksakan hal ini agar tidak menjadi parah.

  • Perubahan Bentuk dan Ukuran Payudara

Biasanya indikasi selanjutnya adalah perubahan bentuk dari payudara anda, baik itu menjadi besar atau malah menyusut menjadi kecil, hal ini di akibatnya tidak stabilnya jaringan tubuh akibat sel kanker.

  • Nyeri

Jika sudah terasa nyeri yang intensitas nya sering, maka anda patut curiga. karena ini merupakan gejala yang kuat untuk penderita kanker payudara. anda pasti bisa membedakan nyeri yang wajar terjadi jika datang bulan akan berbeda dengan nyeri akibat lain.

  • Kulit Payudara Mengerut

Selain penebalan kulit akan di ikuti dengan mengerutnya kulit di sekitar payudara, hal ini tentunya akan semakin menguat lagi jika di tambah beberapa indikasi seperti yang disebutkan diatas tadi. usahakan jangan mengkonsumsi obat-obatan yang bukan dari dokter, hal ini untuk mencegah penyebaran sel kanker menjadi besar. langkah terbaik bisa anda lakukan mammografi terlebih dahulu untuk memastikan hal ini.

  • Keluar Cairan Tidak Wajar dari Puting Susu

Cairan aneh biasanya akan keluar dari puting susu, bisa berwarna bening atau malah seperti nanah. jika sudah seperti ini biasanya penyebaran sel kanker sudah menjalar ke area puting.

  • Puting susu tertarik ke dalam

Jika dalam kondisi tingkat lanjut gejala di payudara semakin jelas terlihat, di tandakan dengan tertariknya posisi puting susu yang tadinya di depan menjadi ke dalam.

  • Luka  pada Payudara

Gejala terakhir adalah terdapat luka pada area payudara ini, butuh penanganan yang cepat agar tidak semakin memperparah kondisi anda.

Baca Juga >>>  Jus Buah Bit Untuk Kanker Payudara

Demikianlah beberapa gejala awal maupun lanjut dari kanker payudara yang mesti anda sadari dari awal. semoga saja dapat membatu anda. selalu terapkan pola hidup sehat dalam keluarga agar terhindar dari segala jenis penyakit berbahaya.

About ivink3aray

Hobi explore hal baru, dan suka menulis tentang kesehatan di sekitar kita

View all posts by ivink3aray →

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *