Roti Tawar Atau Roti Gandum?

Roti merupakan salah satu makanan yang sering digunakan sebagai pengganti nasi. Banyak orang lebih memilih untuk mengkonsumsi roti daripada mengkonsumsi nasi karena memang roti dianggap lebih mudah dibawa kemana saja dan bisa dimakan kapan saja. Jika Anda termasuk pecinta roti maka Anda tentu tidak asing dengan berbagai macam roti seperti roti gandum, dari roti tawar putih, roti tawar yang diberi perasa seperti cokelat atau pandan.

Roti Tawar Atau Roti Gandum?

manfaat roti gandum untuk diet
manfaat roti gandum untuk diet

Setiap orang pastinya memiliki selera yang berbeda-beda. Hanya saja saat Anda mengkonsumsi roti Anda juga harus memikirkan apakah roti yang Anda konsumsi termasuk menyehatkan atau tidak. Untuk itu Anda harus mengetahui terlebih dulu apa saja perbedaan kedua roti ini.

Kandungan Zat Gizi Roti Tawar Dan Roti Gandum Berbeda

Roti tawar memiliki kandungan vitamin dan mineral dan zat gizi  yang mana lebih sedikit dari roti gandum. Hal ini dikarenakan roti putih telah diproses terlebih dulu serta mengalami proses pengolahan yang berulang kali dan dalam jangka waktu yang cukup lama. Sehingga vitamin dan mineral akan banyak berkurang.

roti gandum bikin gemuk
roti gandum bikin gemuk

Berbeda dengan roti gandum yang mana pada roti gandum masih memiliki banyak serat, protein, lemak sehat yang lebih banyak daripada  roti putih, selain itu pada gandum juga ditemukan lebih banyak vitamin B. Meskipun roti gandum sudah lebih sehat daripada roti putih. Anda tetap harus berhati-hati karena semua makanan kemasan mengandung natrium walaupun dalam jumlah yang sedikit. Mengkonsumsi natrium dalam jumlah banyak atau pun keseringan dapat menyebabkan terjadinya  tekanan darah tinggi. Untuk itu ada baiknya Anda membuat variasi untuk sumber makanan yang kamu konsumsi.

Baca Juga >>>  Wow Ini Manfaat Serai Untuk Kesehatan Yang Harus Anda Ketahui!

Memiliki Kalori Yang Berbeda

Dua helai roti tawar atau satu tungkup roti memiliki kalori sebanyak 175 kalori dan ini hanya berlaku untuk roti saja. Sedangkan jika ditambahkan margarin atau mentega atau topping lainnya maka akan berubah lagi. Sedangkan untuk roti gandum memiliki kalori sebanyak 138 kalori yang mana kandungan kalori pada roti gandum lebih sedikit dari roti tawar.

Nilai Indeks Glikemik Berbeda

Sebagai pengganti nasi tentunya roti juga memiliki kandungan karbohidrat. Nilai indeks glikemik merupakan perhitungan seberapa cepat makanan yang Anda konsumsi diubah menjadi gula darah. Dan juga indeks glikemik yang tinggi akan membuat kadar gula cepat naik dan sangat berbahaya bagi penderita diabetes.

manfaat sarapan roti gandum
manfaat sarapan roti gandum

Dan juga roti pandan atau roti cokelat memiliki nilai indeks glikemik yang paling tinggi. Sedangkan pada roti gandum, nilai indeks glikemik lebih rendah daripada roti lainnya. Pada roti gandum Anda bisa menemukan nilai glikemik 49 untuk per 100 gramnya.  Sedangkan untuk roti tawar nilai glikemik 80 per 100 gram.

Hasil Pencarian Lainnya:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *