10 Pola Hidup Sehat Ibu Hamil yang Wajib Dilakukan

Ibu yang sedang hamil tentu saja harus menjaga kandungannya dengan baik supaya kelak bayi yang dilahirkannya bisa sehat dan memiliki berat badan yang normal. Semua calon orangtua tentu saja akan mengharapkan supaya bayi mereka nantinya lahir dengan sehat sehingga kebahigaan keluarga menjadi utuh. Oleh karena itu sebagai ibu yang sedang hamil tentu saja harus menjaga asupan nutrisi yang masuk karena apa yang kita makan juga akan dimakan oleh si bayi, selain itu kita tentu saja juga harus menjaga pola hidup sehat pada masa kehamilan karena itu juga akan mempengaruhi kesehatan janin yang ada di dalam kandungan kita. Oleh karena itu kali ini kami akan membahas mengenai pola hidup sehat ibu hamil yang wajib dilakukan. Berikut ini adalah ulasannya :

10 Pola Hidup Sehat Ibu Hamil yang Wajib Dilakukan

  1. Minum air putih yang cukup

Pola yang pertama yang wajib bunda lakukan supaya bunda selalu sehat adalah dengan minum air putih yang cukup setiap harinya. Ketika hamil tentu saja kita juga memiliki tanggungan, aliran darah kita juga bertambah banyak karena adanya janin di dalam kandungan kita. Oleh karena itu supaya tidak mengalami dehidrasi ibu harus minum air putih yang cukup sebanyak 1,5 liter – 2 liter per harinya sehingga tubuh tidak akan dehidrasi. Karena dehidrasi itu sangat berbahaya bagi bunda maupun bayi, jika ibu mengalami dehidrasi maka suplai oksigen ke otak bayi akan menipis sehingga bisa menyebabkan kematian bayi di dalam kandungan. Air putih ini sangat berguna untuk menyeimbangkan tubuh kita.

  1. Hindari kafein

Yang kedua dan yang penting adalah hindari kafein selama masa kehamilan. Kafein tidak hanya bisa kita temukan di dalam kopi saja ya bunda, kafein bisa kita temukan di dalam teh, di dalam coklat, dan juga minuman bersoda. Jika sebelum hamil minum kafein merupakan salah satu kebiasaan maka bunda harus bisa mengurangi ketika hamil. Kafein ternyata bisa menimbulkan beberapa efek yang buruk untuk ibu maupaun janin, salah satu efek yang bisa ditimbulkan adalah bayi yang lahir bisa saja memiliki berat badan yang rendah karena ibu terlalu banyak mengkonsumsi kafein. Oleh karena itu sebaiknya jauhi kafein dan ibu bisa menggantinya dengan air putih atau susu yang lebih menyehatkan.

  1. Tidur yang cukup

Pola hidup sehat ibu hamil yang selanjutnya adalah tidur yang cukup, ibu hamil tentu saja membutuhkan waktu untuk istirahat yang lebih panjang dari orang normal pada umunya. Karena sudah membawa beban di dalam perutnya tentu saja ibu hamil ini harus memiliki waktu tidur yang cukup sehingga tidak akan kelelahan melakukan aktifitas sehari-harinya, oleh karena itu pada malam hari jangan tidur terlalu larut malam. Jangan sampai ibu hamil begadang karena itu tidak baik untuk kesehatan, selain itu jika ibu mungkin memiliki waktu di siang hari sebaiknya bunda menyempatkan sedikit waktu pada siang hari itu untuk tidur siang sebentar. Tidur siang bisa memulihkan kondisi bunda sehingga jadi fit kembali.

  1. Hindari alkohol

Alkohol merupakan salah satu minuman yang sangat tidak dianjurkan untuk dikonsumsi oleh ibu hamil. Alkohol yang ibu konsumsi selama masa kehamilan ini ternyata bisa membawa sindrom alkohol pada bayi yang ada di dalam kandungan. Sindrom alkohol fetal atau yang dikenal sebagai FAS ini bisa terjadi pada bayi akibat paparan alkohol selama masa kehamilan secara berlebihan. FAS ini bisa berakibat pada kelainan jantung, keterlambatan pertumbuhan tulang sendi, hiperaktif, wajah yang khas, ketidakmampuan dalam belajar. Dan ironisnya sindrom ini tak bisa disembuhkan, oleh karena itu jika tak ingin sang buah hati memiliki sindrom ini jauhi alkohol selama masa kehamilan ya bunda!

  1. Hindari makan junk food

Makanan junk food atau makanan cepat saji merupakan makanan yang tidak baik dikonsumsi selama kehamilan. Memang makanan cepat saji adalah makanan yang praktis dan rasanya pasti enak. Namun perlu dicatat jika makanan cepat saji itu memiliki kalori yang sangat tinggi dan bisa menyebabkan bunda mengalami kelebihan berat badan jika mengkonsumsinya secara berlebihan. Ibu bisa saja mengalami berat badan yang ekstra dan itu tidak baik bagi bunda. Jika bunda mengalami obesitas atau kelebihan berat badan maka bunda bisa saja menghadapi efek seperti kematian janin, diabetes gestasional, dan komplikasi. Oleh karena itu sebisa mungkin jauhi makanan cepat saji atau makanan instan ya bunda! Pilih makanan yang bergizi dan baik untuk kesehatan bunda dan juga si bayi.

  1. Olahraga ringan

Siapa bilang jika ibu hamil tak bisa berolahraga? Ibu yang hamil bisa juga loh berolahraga! Namun perlu dicatat jika olahraga ini harus yang ringan, bunda yang sedang hamil boleh melakukan aktifitas olahraga ringan misalnya saja seperti renang ketika usia kandungan masih kecil, selain itu bunda bisa mulai berjalan-jalan di pagi atau sore hari karena itu juga bermanfaat untuk melancarkan peredaran darah dan membantu ketika bunda akan bersalin nantinya.

  1. Hindari aktifitas berat

Jika ibu sedang hamil besar terutama jangan sampai melakukan aktifitas berat. Walau mungkin sebelumnya bunda adalah wanita karir tapi ketika sedang hamil sebaiknya jangan sampai masih bekerja. Jangan sampai bunda angkat-angkat barang atau kelelahan karena bekerja. Ibu yang sedang hamil dilarang untuk terlalu lelah, hal ini tidak baik untuk bayi. Selain itu jika bunda merasa lelah tentu saja akan menimbulkan resiko lainnya seperti misalnya jatuh karena pusing, jika hal itu terjadi maka juga bisa menimbulkan luka bahkan yang fatal adalah keguguran. Oleh karena itu jika usia kandungan sudah memasuki trimester 2 maka sebaiknya ibu istriahat saja, jangan sampai beraktifitas terlalu berat.

  1. Hindari olahraga ekstrim

Olahraga boleh-boleh saja, namun bunda harus ingat jika olahraga yang berat atau ekstrim malah bisa membuat keguguran. Seperti yang sudah kita bahas di atas tadi bunda, olahraga yang boleh bunda lakukan hanya jalan-jalan pagi atau renang di saat kandungan masih kecil. Olahraga seperti push up, sit up, angkat beban, dan pull up bisa menyebabkan bunda keguguran. Olahraga-olahraga ekstrim itu sangat tidak disarankan untuk dilaukan oleh ibu hamil.

Baca Juga >>>  9 Tanda-Tanda Akan Melahirkan dalam Waktu Dekat

 

  1. Jangan merokok

Merokok adalah satu hal penting yang harus ibu hamil hindari, selama masa kehamilan jangan sampai bunda menjadi perokok aktif maupun pasif. Asap rokok yang bunda hirup ini bisa memberi efek pada janin yang ada di dalam kandungan kita, oleh karena itu jika mau bayi di dalam kandungan tetap sehat maka jangan sampai bunda merokok ya! Dan juga kalau ada orang yang merokok di samping bunda sebaiknya segera menajuh dari sana.

 

  1. Jangan terlalu sering main gadget

Pola hidup sehat yang terakhir adalah jauhi gadget, sesering mungkin jangan main gadget bunda. Menurut beberapa penelitian radiasi dari gadget ini ternyata dapat mempenagruhi kerja otak sang janin. Oleh karena itu hindari meletakkan smartphone di perut, ketika tidur sebaiknya matikan hp dan letakkan jauh dari tempat tidur karena akan berbahaya jika meletakkan hp di samping kepala bunda.

Itu dia beberapa pola hidup sehat yang harus dilakukan oleh ibu hamil. Untuk menjaga kandungan sebaiknya kita menerapkan pola hidup sehat yang diatas ya bunda! Semoga artikel ini bermanfaat!

Hasil Pencarian Lainnya:

One Comment on “10 Pola Hidup Sehat Ibu Hamil yang Wajib Dilakukan”

  1. Pingback: Baby Blues Syndrome, Normal atau Tidak? - KODIMUNI BLOG

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *