Perbedaan Kolestrol LDL dan HDL Yang Harus Anda Ketahui!

Anda tentu sudah tidak asing dengan kolestrol. Banyak orang yang berpikir ketika mendengar kata kolestrol maka selalu  identik dengan makanan berminyak dan juga penyakit yang berbahaya. Nyatanya hal ini tidak selalu benar. Ada dua macam kolestrol dalam tubuh yang harus Anda ketahui. Tidak semua kolestrol jahat dan membuat kesehatan menurun. LDL dan HDL merupakan kolestrol yang ada di dalam tubuh dan terdiri atas protein, trigliserida dan juga kolestrol. Dan setiap kandungan kolestrol berbeda-beda.

LDL atau disebut juga Low Density Lipoprotein, merupakan kolestrol jahat yang memicu berbagai macam penyakit. Kandungan kolestrol yang tinggi dimiliki oleh LDL, sedangkan kandungan protein dan juga trigliserida terbilang cukup rendah. Itu sebabnya LDL disebut sebagai kolestrol jahat. Karena lemak yang pekat dan juga tinggi dapat menyebabkan dinding-dinding pembuluh darah dan lemak saling melekat. Yang mana lama-kelamaan akan membuat semacam plak dan menyebabkan terjadinya penyempitan pembuluh darah. Kondisi ini disebut dengan aterosklerosis yaitu sebuah proses dimana peredaran darah dan juga kebutuhan akan oksigen terganggu dan dapat menyebabkan resiko stroke serta penyakit jantung.

Sedangkan HDL atau High Density Lipoprotein merupakan kolestrol baik yang mana memiliki kandungan protein lebih banyak dibandingkan dengan LDL. HDL merupakan molekul yang haus akan kolestrol dan saat beredar pada aliran darah, HDL menyerap kolestrol berlebih yang dibawa oleh LDL dan membawanya ke liver untuk diurai. Lalu liver mengurainya dan membuangnya ke dalam empedu.

Dengan membawa kolestrol LDL maka HDL juga membantu untuk mencegah terjadinya pembentukan plak pada pembuluh darah. Yang mana seperti yang sudah Anda pahami bahwa pembentukan plak dalam pembuluh darah ini akan sangat beresiko terhadap tubuh karena dapat menganggu peredaran darah. Dan alasan inilah yang juga menjadi salah satu penyebab HDL disebut sebagai kolestrol baik.

Baca Juga >>>  Cintai Jantung Dengan Konsumsi Makanan Berikut Ini!

Pada dasarnya ada 80 persen kolestrol yang dihasilkan oleh tubuh dan 20 persen sisanya didapatkan dari makanan yang Anda konsumsi. Itu sebabnya penting untuk menjaga pola makan. Makanan seperti telur, daging dan juga susu merupakan makanan yang mengandung kolestrol. Saat tubuh mengkonsumsi makanan yang mengandung kolestrol tinggi maka kolestrol dalam tubuh bisa meningkat.

Makanan yang Anda nikmati dan mengandung kolestrol akan diproses oleh liver, hal ini berguna untuk menjaga agar jumlah kolestrol dalam tubuh seimbang. Itu sebabnya Anda harus menjaga konsumsi makanan Anda. karena saat kolestrol banyak dan berlimpah maka liver tidak akan mampu untuk mengolahnya. Dan hal ini akan membuat kolestrol langsung masuk pada dinding arteri yang mana akan beresiko untuk kesehatan. Itu sebabnya Anda harus cerdas memilih makanan yang akan dikonsumsi.

 

 

 

 

One Comment on “Perbedaan Kolestrol LDL dan HDL Yang Harus Anda Ketahui!”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *