Obat Gagal Ginjal Alami

Fungsi Utama Ginjal Pada Tubuh

Gagal ginjal adalah suatu kondisi dimana ginjal tidak dapat menjalankan fungsinya secara normal. Pada kondisi normal, darah akan masuk ke ginjal dan mengalami penyaringan melalui pembuluh darah halus yang di sebut kapiler. di ginja, zat-zat sisa metabolisme yang sudah tidak terpakai dan beberapa yang masih terpakai serta cairan akan melewati membran kapiler sedangkan sel darah merah, protein dan zat-zat yang berukuran besar akan tetap tertahan di dalam darah. Hasil akhir dari proses ini adalah urine (air seni).

Obat Gagal Ginjal Alami

Obat Gagal Ginjal Alami
Obat Gagal Ginjal Alami

Gagal ginjal dibagi menjadi dua yaitu gagal ginjal akut  dan gagal ginjal kronik, Pada gagal ginjal akut terjadi penurunan fungsi ginjal secara tiba-tiba dalam waktu beberapa hari atau beberapa minggu dan ditandai dengan hasil pemeriksaan fungsi ginjal (ureum dan kreatinin darah) dan kadar urea nitrogen dalam darah yang meningkat. Sedangkan pada gagal ginjal kronis, penurunan fungsi ginjal terjadi secara perlahan-lahan. Proses penurunan fungsi ginjal dapat berlangsung terus selama berbulan-bulan atau bertahun-tahun sampai ginjal tidak dapat berfungsi sama sekali (end stage renal disease).

Gagal ginjal kronis dibagi menjadi lima stadium berdasarkan laju penyaringan (filtrasi) glomerulus (Glomerular Filtration Rate = GFR).

GFR Normal adalah 90 – 120 mL/min/1.73 m2

Ginjal = Penyaring Darah

Ginjal kita dapat diibaratkan seperti mesin cuci 24 jam bagi darah. Berbentuk seperti kedelai, organ kembar ini berukuran sebesar kepalan tangan. Letaknya di bawah tulang rusuk, tepatnya di bawah pinggang. Ginjal terhubung dengan kandung kemih melalui sebuah saluran yang dinamakan Ureter yang membawa air seni (urine) dari ginjal ke kandung kemih.

Baca Juga >>>  Penyakit Infeksi Saluran Kemih

Fungsi Ginjal

Pada dasarnya, ginjal menyaring darah kita dan menghasilkan air seni. Jika ingin bermain angka setiap hari ginjal memompa 200 quarts darah (190 Liter) melalui saluran sepanjang 140 mil dengan jutaan penyaringan (glomeruli).

Fungsi Utama Ginjal Pada Tubuh
Fungsi Utama Ginjal Pada Tubuh

Tidak hanya itu, ginjal akan tetap bekerja dengan baik walaupun kemampuannya tinggal 20% saja ! hebat bukan? Padahal tugas ginjal tidaklah ringan.

Apa saja tugas ginjal ?

  • Membuang zat yang tidak terpakai dalam darah.
  • Membuang kelebihan cairan.
  • Mengatur kadar mineral dan elektrolit lain.
  • Memproduksi hormone Erythropoietin (EPO).
  • Menjaga kesehatan tulang.

Gejala Awal Gagal Ginjal

Gejala awal gagal ginjal pada stadium awal sangat dulit di deteksi karena tidak menimbulkan keluhan atau ciri-ciri yang jelas. Di rumah sakit, kasus gagal ginjal biasanya dapat terdeteksi dengan dilakukan pemeriksaan ureum dan kreatinin darah. Gejala yang berhubungan dengan gagal ginjal biasanya tidak khas, misalnya :

  • Anoreksia
  • Muntah
  • Mual
  • Perubahan status mental

Perubahan status mental disini disebabkan oleh penumpukan zat-zat sisa metabolisme tibih khususnya urea serta pembengkakan tungkai atau bagian tubuh lain karena penumpukan cairan dalam tubuh.

Hemodialisa (Cuci Darah)

Gejala dan keluhan pada pasien gagal ginjal kronik disebabkan penumpukan racun-racun dan sampah sisa metabolisme tubuh yang seharusnya dikeluarkan oleh ginjal yang sehat sebagai alat penyaringan. Pada keadaan ini pasien membutuhkan tindakan cuci darah atau dalam bahasa medis di sebuh Hemodialisa.

Hemodialisa merupakan tindakan medis dengan menggunakan mesin hemodialisa sebagai pengganti fungsi ginjal yang rusak dalam penyaringan racun – racun hasil metabolisme dalam tubuh dan sekaligus mengeluarkannya. Pasien gagal ginjal dapat hidup normal jika melakukan cuci darah teratur dan melakukan pola makan dan minum sesuai anjuran dokter.

Baca Juga >>>  Penyakit Infeksi Saluran Kemih

Fungsi Hemodialosa bagi penderita gagal ginjal adalah untuk :

  • Menyingkirkan sisa metabolisme tubuh.
  • Mengeluarkan kelebihan air dalam tubuh
  • Membuat dan mengatur hormone-hormone pengendali darah, penyerapan kalsium.
  • Menjaga keseimbangan zat-zat kimia, misal : garam, air, dan lain-lain dalam tubuh,

Pola makan yang benar untuk pasien gagal ginjal

Pengaturan diet ini bertujuan untuk menjaga keseimbangan,elektrolit, mineral, dan cairan pada penderita gagal ginjal, serta membatasi jumlah zat sisa metabolisme yang tertimbun di dalam tubuhnya. Pengaturan diet ini harus disesuaikan dengan tingkat keparahan gangguan fungsi ginjal seorang pasien, sehingga harus di konsultasikan lagi dengan dokter yang merawat pasien gagal ginjal tersebut. Secara umum yang harus di perhatikan adalah :

  • Membatasi konsumsi protein.
  • Mengurangi konsumsi garam.
  • Batasi asupan cairan ke tubuh.
  • Batasi asupan kalium
  • Batasi asupan fosfor.

About ivink3aray

Hobi explore hal baru, dan suka menulis tentang kesehatan di sekitar kita

View all posts by ivink3aray →

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *