Obat Alami Sariawan di Lidah

Sariawan adalah penyakit mulut yang umum sering dialami oleh beberapa orang, biasanya penyakit ini tidak begitu berbahaya namun sangat mengganggu sekali terutama untuk aktifitas sehari-hari seperti makan dan minum.

bahasa latin dari penyakit ini adalah Stomatitis Aftosa. ciri penderita penyakit ini adalah ruam luka berwarna putih atau kekuning-kuningan.

pada contoh beberapa kasus jika penderita sariawan yang sudah parah atau radang sariawan akan terasa sangat perih sekali. nah ada beberapa titik yang umum dialami orang ketika sariawan, salah satunya sariawan di lidah.

Obat Alami Sariawan di Lidah sebenarnya cukup simpel dan bahanya juga mudah ditemui, simak berikut ini :

  • Obat sariawan yang ampuh menggunakan baking soda dan garam

Baking soda ternyata memiliki khasiat mujarab mengobati sariawan di lidah, dengan sedikit campuran garam kedua bahan ini mampu menjadi obat sariawan yang mujarab, simak cara penggunaannya :

– Haluskan baking soda dan garam. campurkan dengan air hangat lalu aduk-aduk sampai membentuk seperti adonan.

– Oleskan adonan pasta dan garam tersebut pada bagian luka sariawan di lidah, untuk hasil yang maksimal gunakan setelah anda bersikat gigi.

– Pada saat mengoleskan campuran baking soda dan garam akan terasa perih sekali hal ini wajar terjadi karena pada umumnya sariawan juga termasuk kategori luka kecil. lakukan rutin hal ini sampai sariawan sembuh

  • Air kelapa sebagai obat sariawan di mulut

Banyak sekali manfaat dari air kelapa, salah satunya mengobati sariawan, zat elektrolit yang terkandung dalam air kelapa dipercaya mampu menjaga anda tetap bugar dan terhindar dari penyakit sariawan. cukup konsumsi air kelapa 1 gelas sehari.

  • Khasiat pisang dan madu sebagai obat sariawan
Baca Juga >>>  Manfaat Minyak Tawon Untuk Kaki Bengkak

Selain enak pisang dan madu ternyata juga bisa menjadi obat sariawan. beberapa penelitian sudah membuktikan hal ini, cara penggunaannya juga sangat mudah :

– Haluskan pisang matang 1 buah kemudian campur dengan madu secukupnya hingga membentuk adonan menyerupai pasta.

– Oleskan campuran bahan tadi ke seluruh bagian yang mengalami sariawan.

– Diamkan kurang lebih selama 10 menit lalu kumur sampai bersih dengan air hangat.

Selain beberapa obat alami untuk mengobati sariawan di bibir dan lidah tadi anda juga bisa menggunakan obat antibiotik yang manjur untuk mengobati sariawan antara lain :

  • Albothyl

salah satu obat yang terkenal yaitu albothyl, bisa digunakan untuk mengobati sariawan dan bau mulut tak sedap. penggunaanya cukup mudah cukup berkumur menggunakan albothyl atau dengan mengoleskannya ke bagian yang sakit.

  • GOM (Borax Glyserin)

GOM merupakan merk dagang obat sariawan berjenis desinfektan/antiseptik untuk pencegahan peradangan pada luka sariawan, dapat juga digunakan sebagai cairan pembersih luka dan obat kumur pencegah bau mulut.

Demikianlah beberapa obat alami maupun desinfektan untuk mengobati/mencegah sariawan, semoga informasi ini dapat berguna untuk anda.

About ivink3aray

Hobi explore hal baru, dan suka menulis tentang kesehatan di sekitar kita

View all posts by ivink3aray →

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *