Nafsu Makan Meningkat Menjelang Haid? Berikut Penjelasannya

Loading...

Datang bulan atau haid atau bisa juga disebut mentruasi merupakan salah satu fase yang selalu dialami oleh wanita dan biasa disebut dengan siklus bulanan. Siklus bulanan ini ditandai dengan keluarnya dari rahim. Dan juga siklus ini dipengaruhi oleh kandungan hormon selama satu bulan. Haid biasanya terjadi selama tiga sampai lima hari atau bisa juga lebih.

Sebelum haid datang, pastinya ada beberapa tanda yang sering dialami oleh wanita. Seperti badan terasa sakit semua atau payudara terasa lebih kencang. Dan juga ada yang biasanya menjelang haid akan datang maka nafsu makan menjadi meningkat dan keinginan untuk makan sangat kuat. Jika hal ini juga Anda alami maka Anda tidak perlu takut karena memang itu hal yang wajar.

Hampir sebagian wanita mengalami gejala ini, yaitu nafsu makan meningkat saat haid mau datang. Rasa lapar saat menjelang haid datang merupakan sesuatu yang wajar dan juga normal. Hal ini disebabkan oleh hormon estrogen di dalam tubuh wanita mengalami penurunan sehingga menyebabkan nafsu makan meningkat. Seorang perancang buku Answers to Appetite Control bernama James Greenblatt, M.D menyatakan jika wanita akan merasa cepat lapar dan nafsu makan menjadi tinggi menjelang haid. Selain itu wanita juga akan menginginkan makanan dengan rasa segar, gurih dan manis.

Perubahan hormon dari estrogen dan progesteron dalam tubuh wanita menjelang haid dalam kondisi hormon terendah maka akan membuatnya merasa lapar meskipun sudah makan dengan cukup.  Selain itu dalam sebuah penelitian yang berjudul Annals of Endocrinology menyatakan jika menjelang haid maka wanita menginginkan makanan manis yang memiliki banyak kalori dan hal ini juga menyebabkan rasa lapar semakin menjadi. Kandungan hormon estrogen, progesteron dan juga serotonin selama haid juga mempengaruhi suasana hati seseorang. Yang mana hal ini akan mempengaruhi kenyamanan hatinya.

Baca Juga >>>  Suka Minum Kopi? Selamat, Anda Akan Mendapatkan Manfaat Berikut Ini!

Seorang ahli gizi yang berasal dari New York, Limor Baum juga menyatakan jika menjelang masa haid akan datang, tidak hanya nafsu makan saja yang meningkat tetapi suasana hati dan perubahan emosi serta kondisi fisik yang merasa sering lelah juga menjadi hal yang normal. Mengingat hal ini bisa terjadi pada semua wanita maka para ahli menyarankan agar mengkonsumsi makana manis yang sehat seperti buah, roti gandum, ubi, yogurt dan kacang-kacangan.

Kandungan vitamin dan karbohidrat serta nutrisi yang sehat akan baik untuk dikonsumsi dan juga tidak membuat badan menjadi gemuk. Memilih makanan sehat tetap dianjurkan meskipun menjelang haid hasrat untuk makan sangat kuat dan dengan memilih makanan yang sehat maka kebutuhan nutrisi dalam tubuh juga akan terpenuhi. Dengan begitu badan tetap sehat dan juga haid lancar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *