Mitos dan Fakta Diet yang Perlu Anda Ketahui

Diet merupakan sebuah cara seseorang yang termasuk dalam sebuah usaha untuk menjaga berat badan tubuhnya menjadi lebih ideal. Atau dalam Bahasa sederhananya diet merupakan cara seseorang menurunkan berat badan yang sudah terlampau lebih atau overweight. Biasanya kata diet ini lebih spesifik dikhususkan kepada seorang wanita yang memang ingin tampil anggun dengan berat badan proposional. Namun tidak menutup kemungkinan juga seorang pria melakukan diet yang mungkin seorang pria itu sudah memasuki masa obesitas.

Saat ini banyak sekali cara kita berdiet mulai dari menjaga asupan makanan, mengurangi porsi makan dan ada juga yang sengaja meminum suplemen atau obat-obatan tertentu agar bisa membuat berat badan seseorang bisa turun dengan cepat.

Saking banyaknya cara seseorang untuk diet sehingga banyak orang yang tidak terlalu paham sehingga melakukan sesuatu hal yang padahal itu adalah mitos.

Mitos dan Fakta Diet yang Perlu Anda Ketahui

Oleh karena itu disini akan kita bahas mitos dan juga fakta tentang diet.

  • Banyak mengkonsumsi Karbohidrat menyebabkan berat badan naik

Hal ini paling sering di yakini banyak orang, beberapa orang meyakini bahwa apabila kita mengkonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat seperti nasi, mie dan lain sebagainya akan membuat kita mudah naik berat badan. Padahal hal itu adalah Mitos yang padahal secara kebutuhannya badan kita membutuhkan karbohidrat dalam jumlah tertentu untuk membantu kita beraktivitas.

  • Sarapan dan makan malam yang bisa buat gendut

Kebanyakan orang juga menganggap apabila kita sarapan atau makan malam malah akan membuat berat badan naik. Sebetulnya tidak secara keseluruhan benar, karena sarapan itu sendiri sebetulnya berfungsi untuk kita dalam memberikan tenaga dalam beraktifitas . Hanya saja pada saat pagi hari usahakan porsinya lebih kecil dari siang dan usahakan juga tidak terlalu berat.

Baca Juga >>>  Ternyata Daun Kelor Ampuh Atasi Penyakit Berbahaya

Dan untuk makan malam sendiri, belum ada penjelasan secara pasti. Akan tetapi makan malam yang baik biasanya berkisar antara jam 7 – 9 malam yang memang akan memberikan tubuh kita nutrisi sebelum tidur. Perlu di ingat juga hindari makanan yang terlalu berat ketika akan tidur yang membuat kita akan terkena gangguan pencernaan

  • Sedapat mungkin hindari asupan lemak

Makanan yang mengandung lemak pasti di hindari bagi orang yang sendang diet. Padalah  tubuh tetap membutuhkan zat lemak untuk memenuhi kebutuhan energi serta memperbaiki sel tubuh yang rusak . Namun demi menajaga kesehatan beberapa makanan pilihan seperti  buah avokad, kacang-kacangan, ikan, dan biji-bijian bisa jadi alternative pengganti zat lemak yang di butuhkan tubuh kita .

  • Berolahraga agar cepat turun berat badan

Kebanyakan orang memilih berolahraga dengan tujuan menurunkan berat badan. Jadi sedikit sekali orang yang memang sadar akan olahraga  dengan tujuan untuk menjaga kesehatan. Dan dalam kasus diet,kebanyakan orang memaksakan berolahraga secara extreme demi untuk menurunkan bedan secara drastic. Seperti berolahraga keliling lapangan di siang hari dan juga memaksakan kondisi tubuh yang tidak bisa seperti itu. Pada akhirnya efek dari kita terlalu memaksakan akan buruk bagi tubuh kita .

Olahraga yang baik yaitu olahraga yang di lakukan secara teratur dan continues. Saat ini ada banyak cara kita untuk berolahraga seperti hanya lari kecil di lapangan , aerobic, permainan seperti sepak bola,gym, dan lain sebagainya yang memang memiliki manfaat baik termasuk membantu menjaga berat badan tubuh.

  • Minum banyak air

Salanjutnya yang sering jadi perbincangan adalah soal banyak minum air, dalam suatu kondisi menjelaskan dengan meminum banyak air akan membantu kita untuk berdiet. Padahal sebetulnya apabila kita terlalu banyak meminum air putih malahan akan membuat perut kita kembung karena banyak terisi air dan ada kemungkinan sulit bergerak. oleh karena itu minumlah air putih secukupnya sesuai anjuran beberapa dokter.

  • Menahan Lapar

Mitos yang satu ini sangatlah sering di lakukan oleh banyak orang terutama wanita. Wanita di sini rela menahan lapar 1 hari penuh demi mendapatkan penurunan yang cukup drastic dari berat badannya. Padahal hal ini sangatlah dilarang di dunia medis . Bahkan berpuasa pun kita diberi asupan makanan sebelumnya seperti makan sahur agar nutrisi atau kebutuhan tubuh ketika  berpuasa terpenuhi.

Baca Juga >>>  Mitos Dan Fakta Antibiotik

Jadi hindari menahan lapar yang terlalu lama,menahan terlalu lama akan membuat tubuh kekurangan nutrisi dan zat zat yang memang di butuhkan. Malahan apabila terlalu lama menahan lapar akan menyebabkan penyakit seperti maag.

  • Makan sayur

Makan sayur merupakan salah satu langkah yang terbaik dalam melangsungkan diet. Hal ini karena ketika kita berdiet asupan nutrisi akan tetap terjaga dengan mengkonsumsi beberapa sayur terutama yang memiliki warna hijau seperti, brokoli ataupun kentang yang di gunakan sebagai pengganti nasi. Cara menghidangkan sayurannya bisa dengan cara di kukus atau di rebus sesuai dengan selera masing-masing.

  • Hindari Gorengan

Menghindari beberapa cemilan seperti gorengan merupakan hal yang wajib dihindari oleh seseorang yang sedang menjalani diet. Selain gorengan menghindari cemilan lain ketika malam hari juga lebih baik di hindari agar proses dietnya sukses.

Selain itu juga beberapa hidangan yang di goreng pun alangkah baiknya kita hindari dan perbanyak makanan yang di hidangkan dengan cara di rebus atau di kukus.

Berikut di atas adalah beberapa hal seputar mitos dan fakta tentang diet. Bagi seseorang yang sedang diet tetaplah mengkonsumsi makanan bernutrisi yang cukup untuk tubuh.

About ivink3aray

Hobi explore hal baru, dan suka menulis tentang kesehatan di sekitar kita

View all posts by ivink3aray →

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *