Meskipun Sehat Ternyata 5 Makanan Ini Membuat Badan Lemes!

Loading...

Mengkonsumsi makanan setiap harinya tentu akan memberikan Anda energi. Jika Anda hobi mengkonsumsi makanan yang sehat maka Anda dapat meneruskan pola makan Anda. Meskipun begitu ada beberapa jenis makanan yang mana akan membuat Anda merasa ngantuk atau merasa lemas setelah mengkonsumsinya. Makanan yang mengandung magnesium, kalsium, lemak, vitamin B-6, triptofan serta indekk glimek yang tinggi dapat membuat Anda merasa mengantuk dan juga lemas setelah mengkonsumsinya. Anda tentu setuju jika buah pisang merupakan makanan yang sehat dan layak untuk dikonsumsi. Hal ini memang benar adanya karena pisang mengandung banyak magnesium.

Hanya saja magnesium ini membuat otot pada tubuh terasa rileks sehingga tubuh akan merasa lelah. Magnesium sendiri dikenal sebagai salah satu mineral yang dapat membuat seseorang merasa cepat mengantuk dan juga magnesium membantu untuk mengatur siklus tidur serta menenangkan saraf. Selain itu magnesium juga dapat menonaktifkan adrenalin yaitu hormon yang membuat Anda waspada dan juga tetap melek. Itu sebabnya Anda akan merasa mengantuk setelah mengkonsumsi makanan yang tinggi magnesium di siang hari.

Selain pisang, roti juga makanan yang dapat membuat Anda merasa lemas. Hal ini dapat terjadi karena roti mengandung nilai indeks glikemik yang tinggi. Karbohidrat yang terkandung pada roti akan membuat gula darah dalam tubuh Anda melonjak tinggi lalu turun secara drastis dan hal ini akan membuat Anda menjadi mengantuk dan kekurangan energi. Selain roti, jika Anda suka mengkonsumsi daging maka Anda dapat mengkonsumsi daging di saat yang tepat.

Daging merah memiliki kandungan yang kaya akan zat besi dan memiliki fungsi untuk menghasilkan energi. Tetapi daging merah juga memiliki kandungan lemak. Lemak memang dibutuhkan oleh tubuh tetapi asupan lemak yang berlebihan akan membuat tubuh sulit mencernanya. Dan membuat sistem pencernaan mengerahkan seluruh tenaga untuk  mencerna lemak dan hal inilah yang membuat Anda merasa cepat lelah setelah makan daging.

Baca Juga >>>  Pendaftaran Rawat Jalan, Rawat Inap, Operasi untuk Pasien Baru dan Pasien Lama RS Kanker Dharmais

Anda tentu sudah memahami bahwa susu mengandung kalsium yang berfungsi untuk mengubah triptofan menjadi serotonin dan triptofan inilah yang menghasilkan hormon serotonin. Serotonin merupakan zat kimiawi yang berguna untuk mengendalikan mood dan membuat tubuh menjadi rileks. Saat hormon serotonin meningkat maka Anda akan merasa lebih santai dan bahagia. Dan hormon serotonin inilah yang akan dirubah menjadi melatonin. Hormon melatonin akan membuat Anda merasa mengantuk.

Meskipun begitu efek ngantuk yang dihasilkan oleh makanan yang mengandung triptofan tidak akan bekerja secara maksimal tanpa adanya kombinasi dari makanan yang kayak akan karbohidrat. Selain susu, ikan juga mengandung triptofan. Untuk ikan tuna dan ikan salmon mengandung vitamin b6 yang kaya dan juga berguna dalam pembuatan melatonin. Dan hal inilah yang akan membuat Anda merasa cepat lelah dan mengantuk setelah mengkonsumsi ikan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *