Mencairkan Makanan Beku Tidak Boleh Sembarangan!

Loading...

Hidup di tengah kota yang padat dengan berbagai macam kesibukan tentu membuat Anda harus melakukan segala hal dengan cepat. Apalagi jika Anda merupakan ibu rumah tangga dan juga bekerja atau ibu rumah tangga dan memiliki balita. Tentunya segala hal harus diperhitungkan dengan tepat termasuk urusan makanan. Atau Anda merupakan anak kos yang mana ingin semuanya serba praktis dan pastinya urusan makanan pun tidak ingin ribet.

Tidak jarang Anda akan memilih makanan frozen lalu menyimpannya di freezer agar tahan lama. Atau Anda bisa juga menyimpan berbagai makanan beku dalam kulkas hingga freezer.  Makanan sengaja disimpan di kulkas agar tahan lama dan juga lebih mudah digunakan tanpa harus keluar lagi membeli bahan makanan.

Mengolah makanan yang sudah membeku ada caranya. Jika selama ini Anda langsung mengolah makanan yang beku dari kulkas maka Anda harus berhati-hati. Pasalnya cara ini kurang benar. Sebelum makanan diolah maka Anda harus mencairkan terlebih dulu baru mengolahnya. Untuk mencairkan makanan yang beku pun butuh proses yang tepat agar kualitas makanan terjaga.

Mencairkan makanan yang beku dengan sembarangan hanya akan membuat makanan terpapar bakteri dan juga mengubah cita rasa makanan. Jika selama ini Anda membiarkan makanan beku berada pada suhu ruang agar makanan mencair, cara ini merupakan cara yang salah. Ketika Anda membiarkan makanan pada suhu ruang lalu makanan yang tadinya beku kemudian menjadi lunak  maka bakteri yang muncul pada makanan akan bertambah banyak. Bahkan lebih banyak sebelum makanan beku. Makanan yang beku tidak boleh dibiarkan pada suhu ruang lebih dari dua jam dan juga tidak boleh dicairkan dengan air panas.

Baca Juga >>>  Miss V Itu Manja, Untuk Mencukur Rambut Miss V Perhatikan Tips Berikut!

Jika Anda memiliki daging di freezer maka Anda bisa memindahkannya pada rak kulkas dan juga jangan satukan dengan dengan rak sayuran dan buah agar lelehan dari daging yang terdapat bakteri tidak terkena sayuran dan buah. Dan makanan yang Anda lelehkan dengan cara ini harus Anda masak maksimal satu atau dua hari setelah dicairkan. Sedangkan untuk makanan kemasan, Anda bisa merendamnya dengan air dingin.

Makanan kemasan seperti sosis, sayuran, nugget dan juga buah beku. Pastikan makanan masih terbungkus dengan plastik dalam kemasan lalu rendam pada mangkok atau panci yang berisi dengan air dingin. Dan setelah makanan cair maka Anda harus segera memasaknya.

Untuk makanan beku sebaiknya Anda mencairkannya dengan cara yang alami, dan tidak memakai microwave. Karena saat Anda mencairkan makanan dengan microwave maka resiko untuk munculnya pertumbuhan bakteri akan semakin banyak. Sebaiknya Anda mengambil makanan secukupnya saja untuk diolah atau dikonsumsi agar sisa makanan dapat Anda bekukan kembali. Perhatikan juga suhu freezer yaitu dibawah titik – 18 derajat Celcius.

Hasil Pencarian Lainnya:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *