Manfaat Vitamin C Bagi Kulit

Vitamin merupakan suatu zat yang dibutuhkan oleh tubuh dan memiliki peranan penting pada proses tumbuh dan berkembang secara normal pada tubuh manusia maupun hewan. Pada umumnya manusia dan hewan serta mahluk hidup lainnya membutuhkan vitamin untuk melakukan berbagai aktifitas kehidupan, karena kekurangan vitamin dapat menyebabkan mudahnya terserang penyakit. Untuk menjaga kesehatan tubuh dan kulit kita bisa mengonsumsi vitamin C, D, E, dan K vitamin tersebut sangat baik untuk kesehatan tubuh dan kulit kita.  Namun, manfaat vitamin C untuk lebih dikenal dapat menjaga kesehatan tubuh dan kulit kita dibanding manfaat vitamin D, E, dan K.

Vitamin C merupakan salah satu vitamin yang paling aman, efektif, sekaligus paling mudah untuk kita dapatkan. Vitamin c itu sendiri merpakan salah satu vitamin yang sangat di butuhkan dalam kesehatan kulit karena  vitamin c dibutuhkan untuk menjaga akan struktur kolagen yaitu sejenis protein yang menghubungkan antara jaringan serabut, kulit, urat, tulang rawan, dan jaringan lain di tubuh manusia.  Dan fungsi dari baiknya struktur kolagen akan membantu menyembuhkan patah tulang, memar, pendarahan kecil, dan luka ringan, meningkatkan kekebalan tubuh, menjaga kesehatan kulit, hingga mencegah penuaan dini.

Manfaat Vitamin C Bagi Kulit

Kulit merupakan salah satu organ yang memiliki banyak fungsi, yaitu dapat melindungi kita dari mikroba dan unsur lainnya, membantu mengatur suhu tubuh, dan sebagai indera peraba yang memungkinkan kita merasakan sensasi sentuhan, panas, dan dingin.

Vitamin C yang dikonsumsi secara oral dari makanan maupun suplemen dipercaya dapat menjaga kesehatan kulit, karena vitamin C adalah salah satu bentuk antioksidan. Antioksidan sangat penting bagi tubuh Anda, karena bertugas untuk melindungi tubuh dari kerusakan yang disebabkan oleh molekul-molekul berbahaya yang disebut radikal bebas.

Baca Juga >>>  Obat Alami Penyakit Biduran

Manfaat vitamin C untuk kulit

  • Memberikan Perlindungan dari sinar matahari

Vitamin C memiliki kandungan antioksidan, sehingga mampu melindungi kulit dari radiasi ultraviolet karena paparan sinar matahari. Vitamin C juga dapat mengurangi efek buruk radiasi ultraviolet dari paparan sinar matahari tersebut, juga dapat mencegah timbulnya resiko yang dapat menyebabkan kanker kulit apabila terkena radiasi tersebut secara berlebihan.

  • Dapat Meningkatkan produksi kolagen

Vitamin C ini pun memilki peranan penting dalam kolagen, kolagen merupakan protein yang dapat menjaga elastisitas kulit kita. Pentingnya menjaga struktur kolagen dengan memperhatikan asupan vitamin C yang dibutuhkan untuk mencegah kerusakan pada struktur kolagen yang dapat menyebabkan pembentukan keriput pada kulit, dan menjadikan kulit tampak kusam, dengan peranan vitamin C pada kolagen yang dapat mencegah keriput dan memperlambat proses penuaan pada kulit.

  • Dapat mencegah perubahan warna kulit

Perubahan warna kulit di sini adalah di karenakan sebuah zat yang memang terkontaminasi karena sebuah penyakit kulit, Dengan menggunakan vitamin c setidaknya kita bisa mencegah akan kontaminasi itu sendiri.

  • Dapat menyembuhkan luka

Kebanyakan orang hanya mengetahui fungsi vitamin C adalah untuk menyembuhkan sariawan saja. Padahal vitamin C bisa untuk memperbaiki atau mengganti jaringan yang rusak dikarenakan suatu hal .  Selain itu juga vitamin C bisa membantu memulihkan pasca operasi meskipun tidak terlalu signifikan.

  • Dapat mencerahkan kulit secara alami

Struktur Kolagen yang bagus akan memperlancar aliran nutrisi ke seluruh kulit. Pembuluh darah yang kecil yang berada dibawah kulit akan membawa oksigen dan berbagai nutrisi untuk menjadikan kulit tetap sehat. Tanpa asupan nutrisi yang cukup, kulit akan mengalami kerusakan atau kasar dan kering. Tetapi karena vitamin ini dapat menjaga elastisitas, memperbaiki sel-sel kulit yang rusak serta melindungi kulit, sehingga tekstur dan kulit dapat terlihat lebih cerah.

Baca Juga >>>  Cara Alami Mengatasi Miss V Gatal

Vitamin C merupakan salah satu jenis vitamin yang sangat dibutuhkan oleh tubuh dari berbagai sisi.. beberapa fungsinya seperti membantu melindungi sel-sel dan membuatnya sehat, membantu untuk penyembuhan luka dalam maupun luar . Vitamin C juga bermanfaat untuk membantu mengurangi peradangan, mengurangi risiko penyakit stroke, membantu menjaga sistem imun tubuh, dan mengatasi pilek atau flu.

Pentingnya Konsumsi Vitamin C Setiap Hari

Vitamin C itu sendiri sebetulnya jenis vitamin yang tidak bisa di simpan lama di dalam tubuh sehingga, kebutuhan vitamin C ini harus tetap kita penuhi dengan cara meminum jus dari buah yang mengandung vitamin C ataupun memakan sayuran yang memang mengandung vitamin C.

Setiap orang memiliki kadar kebutuhan vitamin C tersendiri sesuai usianya akan , Berikut klasifikasi menurut umur:

  • Bayi hingga umur 6 bulan 40 miligram setiap harinya.
  • Umur 1 – 9 tahun sebanyak 40 hingga 45 miligram per hari.
  • 16 tahun ke atas, wanita akan memerlukan vitamin C 75 miligram per hari, dan pria 90 miligram per hari.
  • Bagi para perokok membutuhkan sekiranya 40% lebih banyak dari tubuh bukan seorang perokok.

Beberapa jenis buah dan sayur yang mengandung vitamin C adalah jeruk, paprika merah dan hijau, tomat, brokoli, pepaya, stroberi, kiwi, melon, mangga, kembang kol, kale, dan  nanas.

Meskipun kebutuhan akan vitamin C sangat besar, akan tetapi jangan sampai kita melampaui kebutuhan maksimal yaitu 1000mg perhari. Apabila melebihi biasanya kita akan sakit perut, diare, dan juga perut kembung.  Jadi lebih baik menjaga asupan vitamin dengan seimbang, selain itu juga selalu gunakan vitamin C yang memang alami berasal dari buah-buahan dan juga sayuran.

Meskipun sekarang banyak berseliweran minuman c1000 mg ataupun obat yang memang memberikan vitamin C, alangkah lebih baiknya kita menjaganya dengan makan yang benar benar alami.

About ivink3aray

Hobi explore hal baru, dan suka menulis tentang kesehatan di sekitar kita

View all posts by ivink3aray →

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *