Manfaat Tersembunyi Dari Kencur Yang Harus Anda Ketahui !

Kaempferia galanga atau yang lebih dikenal dengan kencur merupakan salah satu tanaman yang sering digunakan untuk memasak. Tanaman satu ini masih dalam satu famili dengan jahe dan itu sebabnya masih banyak orang yang sulit membedakan antara jahe dan kencur. Selain jahe ternyata lengkuas dan kencur juga memiliki kemiripan. Pada dasarnya bagi pemula yang baru masuk dapur akan sedikit mengalami kesulitan ketika melihat lengkuas, jahe dan juga kencur.

Tetapi seiring berjalannya waktu maka Anda dapat membedakannya dari aroma yang dimiliki masing-masing tanaman. Kencur memiliki aroma yang kuat dengan bentuk tekstur mirip kunyit. Bagi Anda yang bersuku sunda maka Anda pastinya sudah tidak asing lagi dengan kencur karena memang banyak makanan sunda yang memakai kencur sebagai salah satu bumbu utama. Kencur tidak hanya digunakan sebagai bahan untuk memasak tetapi bisa juga digunakan sebagai bahan obat untuk menjaga kesehatan tubuh.

Saat musim hujan datang ada banyak gejala penyakit yang akan menyerang tubuh seperti pilek atau pun batuk. Jika Anda mengalami batuk maka Anda bisa mencoba untuk mengkonsumsi kencur sebagai salah satu ramuan tradisional. Untuk mengatasi batuk berdahak kencur dikenal sebagai salah satu obat yang ampuh. Bahkan beberapa penyanyi juga mengkonsumsi kencur untuk menjaga kesehatan pita suara.

Selain berguna untuk menjaga kesehatan pita suara, Anda juga bisa mengkonsumsi kencur sebagai pereda stress. Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Departemen farmasi Universitas Jahangirnagar Bangladesh menunjukkan bahwa ekstrak dari tanaman kencur baik daun dan juga rimpang memiliki sifat antidepresen yang mana dapat menenangkan saraf.  Dan dari sini kencur semakin dipercaya untuk mengatasi gelisah, depresi dan juga cemas.

Baca Juga >>>  Terong Ungu Tidak Hanya Lezat Tetapi Baik Untuk Tubuh

Selain itu jika Anda sering sakit perut dan diare maka Anda bisa mengkonsumsi ekstrak kencur sebagai obat diare. Kandungan zat sitotoksik dan antibakteri pada kencur sangat kaya yang mana hal ini dapat digunakan sebagai obat anti diare. Di Indonesia sendiri, kencur merupakan salah satu bahan baku penting untuk pembuatan jamu. Jamu beras kencur merupakan jamu berbahan utama kencur, beras, asam jawa serta ditambahkan gula merah. Jamu beras kencur sangat baik untuk meningkatkan nafsu makan, mengatasi pencernaan, pilek serta sakit kepala.

Untuk bagian akar Anda bisa menggunakannya untuk mengobati sakit gigi serta gangguan ketombe. Bahkan jika Anda mengalami cidera otot maka Anda bisa memakai akar kencur untuk mengobati pembengkakan. Caranya juga cukup mudah yaitu dengan menumbuk kencur bersama dengan beras lalu setelah halus balurkan pda bagian tubuh yang mengalami cidera. Selain akar, daun kencur juga bisa digunakan untuk mengatasi demam, bengkak serta antiradang.

Hasil Pencarian Lainnya:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *