Manfaat Tempe Bagi Tubuh

Loading...

Tempe merupakan salah satu makanan khas Indonesia yang sudah di pastikan di gemari banyak orang. Saat ini menu tempe sudah hampir 90% di sajikan di berbagai tempat seperti warung nasi, pedagang kaki 5 bahkan sampai restoran mewah pun seringkali menyajikan olahan makanan dari bahan tempe.

Tempe sendiri merupakan salah satu jenis olahan dari kacang kedelai yang bisa di bilang di endapkan sehingga setiap kacang kedelainya saling menyatu karena ada zat yang mengikat mereka sehingga jadilah sebuah tempe. Tempe sendiri sebetulnya adalah makanan asli orang Indonesia sama halnya dengan tahu. Tempe di tahun ini sudah mendunia dan di beberapa negara bagian eropa sudah mulai banyak restoran bintang 5 menyajikan bahan tempe sebagai hidangan bagi para tamunya.

Hal itu bukan karena rasa tempe yang memang enak ketika menjadi olahan makanan namun, tempe juga memiliki banyak manfaat bagi tubuh kita. Malahan beberapa riset menjelaskan selain menyehatkan bagi kita. Kucing pun menjadi lebih sehat ketika di beri tempe dalam porsi tertentu. Jadi sudah di pastikan tempa akan aman di konsumsi oleh kita asalkan dengan olahan yang benar dan juga sehat.

Berikut adalah beberapa manfaat tempe bagi tubuh yang mungkin saja belum kalian ketahui.

  • Tempe merupakan salah satu makanan yang di anjurkan bagi kalian yang memang sedang melakukan proses diet karena di dalam tempe mengandung sumber protein  yang sudah teruji bebas lemak sehingga sangat cocok untuk mereka yang sedang atau ingin menjalani proses diet. Jumlah kandungan proteinnya di dalam tempe itu sendiri terdiri dari kurang lebih 18 jenis protein dan asam amino yang baik untuk tubuh kita. Jadi jangan jadilah orang yang rugi karena tidak mendapatkan sumber protein dengan harga yang murah.
  • Manfaat tempe bagi tubuh yang ke dua adalah, tempe bisa meningkatkan kadar HDL dalam tubuh. HDL itu sendiri adalah Kadar kolesterol baik dalam sel darah kita.meningkatkan kadar HDL pada tubuh ini sudah terbukti mampu membuat sel-sel kolesterol jahat berkurang secara perlahan dan menekan serta mengeluarkannya kolesterol dari dalam tubuh.
  • Tempe yang baik dapat mencegah terhadap serangan beberapa penyakit degenerative. Tempe yang baik dalam artian olahan dan juga campuran dari tempe itu memang terdiri dari bahan-bahan yang baik juga.
  • Tempe yang di rebus atau di kukus dapat membuat jantung kita tetap sehat dan bekerja dengan optimal. Hal itu karena kandungan dalam tempe mampu meningkatkan kadar dari kolesterol baik di dalam tubuh kita.
  • Mencegah datangnya berbagai resiko kanker. Hal itu karena di dalam tempe terdapat kandungan serat yang memiliki fungsi mengikat racun dan kolesterol penyebab kanker.
  • Di dalam tempe terdapat kandungan serat baik yang dimana kandungan serat ini bisa untuk memperbaiki jalannya kandungan pencernaan dalam tubuh. Hal itu membuat pencernaan kita baik itu usus atau organ lainnya lebih sehat dan terjaga.
  • Tempe mengandung beberapa jenis serat dan kandungan protein baik yang terbukti mampu membantu dalam mencegah naiknya kadar gula darah di dalam tubuh  yang dimana hal itu sangat baik untuk terapi seorang  penderita diabetes. Jadi bagi ada keluarga anda terkena diabetes cobalah untuk mengkonsumsi tempe secara teratur dan tidak berlebihan agar bisa membantu proses penyembuhan diabetes.
  • Manfaat tempe selanjutnya adalah, tempe ternyata mampu mencegah beberapa penyakit kekurangan darah atau kita sebut anemia karena di dalam tempe terdapat kandungan mineral yang tinggi dan tak hanya itu, kandungan mineral ini sangatlah mudah diserap darah.
  • Tempe terbukti mampu menjaga tulang kita agar tetap kuat dan juga dapat mencegah datangnya penyakit osteoporosis di masa tua nanti.
  • Tempe juga mampu menangkal adanya radikal bebas di sekitaran kita  karena adanya zat antioksidan dan antibakteri yang sangat berguna bagi tubuh kita.
  • Dalam beberapa kasus ternyata tempe dapat membantu seseorang dalam mengatasi keracunan. Manfaat itu diperoleh karena tempe memiliki beberapa zat penawar antidotum atau sering di sebut anti keracunan logam berat yang seperti disebutkan tadi sangat membantu dalam menangani keracunan.
  • Di dalam tempe mengandung beberapa ion-ion positif yang sangat baiknya seperti ion-in positif pada telur dan beberapa kandungan gizi hewani lain misalnya susu sapi.
  • Tempe sangatlah aman untuk dikonsumsi oleh semua usia karena berbagai kandungan baik yang terdapat dalam tempe asalkan dalam mengkonsumsinya masih di batas angka wajar alias tidak terlalu berlebihan.
  • Di dalam tempe terdapat banyak jenis vitamin terutama vitamin B karena bermanfaat dari vitamin B adalah untuk metabolisme dari sel darah merah, dan juga meningkatkan kekebalan dan fungsi sistem syaraf pada tubuh kita. Sehingga  tubuh akan terbebas dari beberapa resiko karena gagal fungsi syaraf.
  • Manfaat yang terakhir yang akan kita bahas adalah manfaat tempe yang baik untuk kesehatan kulit dan otot kita karena mengandung vitamin tertentu yang bisa membuat kulit kita lebih terlihat kencang dan cerah.
Baca Juga >>>  Perawatan gegar otak pasca benturan

Berikut di atas adalah 15 manfaat tempe bagi tubuh yang mungkin saja ada banyak manfaat lain yang belum tersebut di point-point di atas.  Hal di atas berarti sudah membuktikan bahwa makanan sehat tidak perlu mahal karena di pasaran sekarang harga tempe sudahlah cukup murah. Meski banyak manfaat akan tempe. Namun, perhatikan olahan dan juga porsi dalam memakan tempe. Jangan sampai kelebihan atau ada campuran dari olahan makanan yang memuat manfaat tempe hilang begitu saja.

Hasil Pencarian Lainnya:

About ivink3aray

Hobi explore hal baru, dan suka menulis tentang kesehatan di sekitar kita

View all posts by ivink3aray →

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *