Manfaat Minyak Tawon Untuk Kaki Bengkak

Sering kita mendengar seseorang yang menganjurkan menggunakan minyak tawon saat ada bagian tubuh yang bengkak, katanya bisa cepat sembuhnya, nah karena penasaran dengan Manfaat Minyak Tawon Untuk Kaki Bengkak, saya akhirnya mencoba mencari informasi dengan searching di internet. Ternyata manfaat minyak tawon produk asli indonesia ini sangat berkhasiat. Kita patut bangga dengan hal ini. Produk asli minyak tawon (yang saya pakai) dan memiliki khasiat yang cespleng ini yaitu produksi PT. Tawon Jaya Makasar, tepatnya pasti di Makasar Sulawesi Selatan. Katanya minyak tawon itu sudah diproduksi semenjak tahun 1912.

Manfaat Minyak Tawon

Minyak tawon tersebut dikenal secara luas, baik dalam dan luar negeri dan menjadi salah satu oleh-oleh khas Makassar. Saya pun mendapatkan minyak tawon tersebut dari saudara saya yang tinggal di Makasar. Minyak gosok cap tawon ini memang menjadi salah satu oleh-oleh Makasar, “wajib” dibawa pulang jika And berkunjung ke Makassar.

Awalnya pertama kali mendengar nama minyak tawon, saya beranggapan bahwa minyak ini terbuat dari tawon (lebah). Ternyata tidak, Bahan-bahan yang diguakan ternyata berbahan dasar tanaman herbal. Mari kita lihat apa saja komposisi minyak tawon itu.

Komposisi Minyak Tawon

Berikut ini beberapa komposisi minyak tawon :

Minyak Kelapa

Berkhasiat untuk kelembaban, kelenturan, dan kelembutan kulit. Hal ini disebabkan karena kandungan vitamin A dan E pada minyak kelapa. Selain itu 80% asam lemak dalam minyak kelapa adalah asam lemak rantai pendek dan sedang yang molekulnya berukuran kecil sehingga mudah meresap ke sel-sel tubuh.

Baca Juga >>>  Yang Harus Anda Tahu Ketika Hendak Pasang Behel (Kawat Gigi)

Minyak kayu putih

Mengandung minyak esensial yang dapat mencegah infeksi kuman yang dapat menghambat proses penyembuhan luka. Juga bermanfaat untuk menghangatkan tubuh dan meredakan rasa capek.

Cengkeh

Cengkeh selain bisa menjadi obat alami sakit gigi ternyata memiliki khasiat lain yaitu untuk meredakan keluhan nyeri sendi dan bersifat antiseptik.

Daun lada, jahe, kunyit dan bawang

Bahan-bahan tersebut sudah pasti banyak yang mengenal baik untuk bumbu masakan atau sebagai obat herbal. Bahan-bahan ini mengandung minyak atsiri yang berkhasiat anti kuman dan melancarkan sirkulasi darah.

Khasiat Manfaat Minyak Tawon

Berikut ini khasiat dan manfaat minyak tawon yang sudah terbukti manjur :

  • Minyak tawon dapat mengobati keseleo, badan pegal-pegal, otot leher yang terasa kaku, sakit pada bagiang pinggang dan punggung
  • Dapat mempercepat penyembuhan bengkak/lebam karena pukulan atau benturan.
  • Mengobati luka bakar, luka khitan/sunat, kulit yang terluka/lecet atau kulit yang terkena pisau.
  • Meredakan nyeri, sakit kepala, batuk-batuk, gatal akibat gigitan serangga, sakit gigi dan sariawan
  • Untuk mengobati sakit urat tulang, bisul, pusing, kudis, kurap, panu, muntah-muntah, mencret, pegal-pegal, rematik, masuk angin, sakit perut, sesak napas, ambeien, sakit pada ulu hati dll.
  • Minyak tawon juga biasa digunakan untuk pemakaian pijat/urut sehari-hari.

Cara Pemakaian Minyak Tawon

Cara pakai minyak tawon cukup sederhana. Penggunan untuk penyakit luar, gosoklah sampai terasa panas menggunakan minyak tawon pada bagian yang sakit. Ulangi penggosokan atau pengolesan minyak tawon ini hingga beberapa kali dalam sehari. Anda juga dapat menggnakan minyak tawon dengan cara menempelkan kapas yang telah dibasahi minyak tawon pada luka-luka atau bisul.

Itulah ulasan singkat mengenai komposisi, cara pakai, dan manfaat khasiat minyak tawon untuk mengobati kaki bengkak. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda.

Baca Juga >>>  4 hal sepele yang sering kita abaikan, tapi bisa membuat kita mudah sakit. Anak kos wajib ingat!

Hasil Pencarian Lainnya:

About ivink3aray

Hobi explore hal baru, dan suka menulis tentang kesehatan di sekitar kita

View all posts by ivink3aray →

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *