Manfaat Jinten Hitam Yang Tidak Banyak Diketahui Orang!

Anda tentu pernah mendengar tentang jinten. Jika Anda penyuka film Korea tentu Anda tidak akan asing dengan makanan yang mengandung jinten, paslanya dalam drama Korea ada banyak sekali makanan yang memakai jinten. Ternyata jinten tidak hanya lezat untuk dijadikan bumbu makanan. Tetapi juga sangat baik untuk kesehatan. Manfaat jinten hitam memang sudah dikagumi oleh banyak orang sejak zaman dulu kala. Jinten hitam atau yang biasa disebut dengan Habbatussaudah sudah digunakan lebih dari 2000 tahun yang lalu. Dan uniknya lagi jinten hitam ini salah satu tanaman yang mana dianjurkan oleh pembesar Islam yaitu Nabi Muhammad.

Setelah diteliti ternyata jinten hitam memiliki bnayak manfaat yang sangat baik untuk tubuh. Dalam dunia kesehatan jinten hitam digunakan sebagai anti bakteri, analgesik atau penghilang rasa sakit, anti inflami atau peradangan, anti maag, anti kolinergik atau anti mual, muntah dan diare. Tidak hanya itu jinten hitam juga berfungsi sebagai anti jamur, anti hipertensi, antioksidan, antispasmodic atau kejang saluran cerna, bronkodilator atau kesulitan bernafas, inhibitor glukoneogenesis atau anti diabetes, berguna untuk melindungi hati atau hepatoprotektif, untuk mengatasi darah rendah atau hipotensi,melindungi ginjal atau renoprotektif dan masih banyak lagi.

Selain itu, jinten hitam juga ampuh untuk mengatasi asma, thymoquinone merupakan salah satu unsur aktif utama dalam jinten hitam yang memiliki nama ilmiah Nigella Sativa. Efek antiasthmatic yang dimiliki oleh jinten hitam sangat baik untuk membuka saluran asma. Dengan mengkonsumsi jinten hitam melalui mulut, atau mengkunyah maka dapat meningkatkan fungsi paru-paru bagi penderita asma. Selain itu, jika Anda ingin meningkatkan kekebalan tubuh maka Anda bisa mengkonsumsi jinten hotam. Jinten hitam mampu meningkatkan pertumbuhan sel-sel T yang berfungsi sebagai pembunuh alami.

Baca Juga >>>  4 Manfaat Ajaib Dari Vitamin C Untuk Kulit Yang Harus Anda Ketahui!

Bahkan Direktur dari Universitas Munich juga menytakan bahwa ekstrak jintan hitam juga berguna sebagai bioregulator. Yang mana hal ini menunjukkan bahwa jinten hitam dapat melawan penyakit yang menyeran sistem imun tubuh termasuk kanker. Selain itu jinten hitam juga aman untuk dikonsumsi oleh penderita diabetes. Mengkonsumsi dua gram jinten hitam sehari dapat mengurangi glukosa yang dihasilkan oleh tubuh. Selain itu dapat meningkatkan fungsi sel-beta dan mengurangi hemoglobin glikosilasi  (HbA1c) pada manusia.

Jika Anda merasa sulit untuk fokus maka Anda bisa mengkonsumsi jinten hitam. Kandungan omega 6 atau asam linoleat  dan omega 3 yang terdapat pada jinten hitam. Snagat baik untuk meningkatkan kecerdasan otak yang mana juga mampu untuk melancarkan peredaran darah menuju otak. Hasil penelitian membuktikan jika mengkonsumsi ekstrak jinten hitam sangat baik untuk usus karena dapat menekan pertumbuhan kanker usus. Efek penghambatan yang dimiliki oleh jinten hitam sangat baik untuk melawan bakteri peyebab kanker usus.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *