Manfaat dan Dampak Buruk Mengkonsumsi Minyak Ikan

Minyak ikan merupakan salah satu suplemen yang sering dikonsumsi oleh sebagain besar orang karena memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Untuk mendapatkan manfaat dari minyak ikan Anda bisa mengkonsumsinya secara langsung dalam bentuk suplemen. Minyak ikan mengandung asal lemak esensial yang mana dibutuhkan oleh tubuh yang mana minyak esensial ini tubuh tidak memproduksinya, selain itu minyak ikan juga mengandung omega-3.

Minyak ikan juga menghasilkan asam lemak omega-3 yang mana terdiri atas eicosapentaenoic acid (EPA) dan docosahexaenoic acid (DHA). Contoh ikan yang mengandung omega-3 adalah ikan makarel, salmon, sarden dan ikan tuna. Yang mana dalam setiap 100 gram dari ikan mengandung kurang lebih 1 gram asam lemak omega-3 yang baik untuk kesehatan.

Minyak ikan sangat baik untuk mengontrol kandungan trigliserida dalam darah. Kandungan trigliserida yang tidak terkontrol dalam tubuh bisa memicu terjadinya kematian pada seseorang. Selain itu minyak ikan juga baik untuk penyakit jantung. Karena kandungan nutrisi yang dimiliki minyak ikan dapat menjaga kesehatan jantung. Untuk mencegah terjadinya pengerasan arteri atau biasa disebut dengan arterosklerosis maka Anda bisa mencoba untuk mengkonsumsi minyak ikan karena minyak ikan akan berfungsi untuk memperlambat pengerasa arteri. Untuk mendapatkan manfaat dari minyak ikan maka Anda harus mengkonsumsinya dengan baik dan sesuai dengan anjuran dokter.

Meskipun memiliki banyak manfaat, ternyata minyak ikan juga dapat berdampak buruk bagi kesehatan. Ketika Anda mengkonsumsinya tidak sesuai dengan takaran atau berlebihan maka dampak yang ditimbulkan juga tidak baik. Mengkonsumsi minyak ikan sesuai dengan dosis sangat baik tetapi jika berlebihan maka akan menimbulkan resiko pendarahan apalagi jika dalam sehari Anda mengkonsumsi lebih dari 3 gram minyak ikan. Selain itu, kadar kolestrol jahat atau LDL juga akan meningkat.

Baca Juga >>>  Sistem Pendaftaran Rawat Jalan Online dan SMS RS Dharmais

Parahnya lagi mengkonsumsi minyak ikan berlebihan juga dapat memicu kadar gula darah. Ketika Anda mengkonsumsi minyak ikan secara perlahan maka sistem kekebalan tubuh Anda juga terancam yang mana akan membuat Anda mudah terserang infeksi. Belum lagi ketika wanita hamil dan juga menyusui mengkonsumsi minyak ikan secara berlebihan maka cukup berbahaya karena dapat menyebabkan nyeri pada ulu hati, mimisan serta mual dan menimbulkan ruam. Untuk itu bagi wanita hamil dan menyusui maka harus dengan resep dokter untuk mengkonsumsi minyak ikan.

Minyak ikan memang memiliki banyak manfaat tetapi jika dikonsumsi secara berlebihan maka akan menimbulkan dampak yang tidak baik pula. Itu sebabnya Anda harus mengkonsumsi minyak ikan dengan resep dokter. Dan Anda juga bisa mengkonsumsi minyak ikan dalam bentuk aslinya. Daripada dalam bentuk suplemen karena kandungan nutrisi minyak ikan dalam bentuk asli jauh lebih baik daripada dalam bentuk suplemen.

 

 

Hasil Pencarian Lainnya:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *