Manfaat Buah Markisa Yang Tidak Boleh Dilewatkan!

Loading...

Buah markisa atau biasa dikenal dengan passion fruit merupakan salah satu tanaman yang masuk dalam genus  Passiflora dan berasal dari wilayah sub tropis dan  tropis di Amerika. Buah satu ini memiliki biji yang berselaput kuning. Setiap negara memiliki penyebutan yang berbeda untuk markisa seperti di Vietnam, buah satu ini disebut dengan Chanh leo. Atau di Israel menyebut markisa dengan Pasiflora. Buah markisa di Indonesia memiliki beberapa jenis yaitu warna ungu dan kuning.

Buah markisa ungu biasa tumbuh di dataran tinggi sementara untuk markisa kuning tumbuh di dataran rendah. Di Indonesia sendiri, Sulawesi Selatan dan Sumatera Utara merupakan sentra produksi markisa. Buah markisa kuning memiliki kandungan vitamin C yang tinggi dan juga buah satu ini memiliki tingkat keasaman yang tinggi. Selain vitamin C, buah markisa juga memiliki nutrisi dan kandungan gizi seperti asam folat , vitamin, mineral, beta karoten, tiamin, riboflavin, niasin, kalsium, protein, energi, lemak, fosfor, serat dan zat besi.

Kandungan buah yang dimiliki oleh markisa sangat baik untuk menjaga kesehatan tubuh. Sayangnya tidak banyak orang yang mengkonsumsi buah satu ini padal markisa baik untuk memperlancar sistem pencernaan. Dalam markisa terdapat kandungan serat yang sangat tinggi dan kandungan serat inilah yang dapat menjaga sistem pencernaan menjadi lancar. Dengan mengkonsumsi buah markisa maka Anda akan terhindar dari sembelit atau susah buang air besar.

Kandungan serat dalam markisa juga menjaga Anda dari resiko wasir dan diare. Dalam buah markisa juga terdapat zat antioksidan yang tinggi yang mana zat satu ini sangat bermanfaat untuk menangkal terjadinya radikal bebas serta dapat menghancurkan sel kanker yang sudah bersarang di dalam tubuh. Jika Anda mengkonsumsi buah markisa secara rutin maka Anda akan terhindar dari resiko asma.  Buah markisa memiliki kandungan vitamin C dan kandungan lainnya yang mana dapat memblokir histamine penyebab terjadinya asma.

Baca Juga >>>  Asam Lambung Menyiksa? Berikut 4 Cara Alami Mengatasinya!

Anemia atau kurang darah merupakan salah satu penyakit yang menyerang banyak orang. Hal ini bisa saja terjadi karena memang setiap orang memiliki kegiatan dan aktivitas yang padat. Untuk mengatasi anemia maka Anda membutuhkan makanan yang mengandung zat besi. Dan Anda bisa mendapatkannya pada markisa.

Buah satu ini sangat baik untuk membantu proses pembentukan sel darah merah yang ada di dalam tubuh. Ketika tubuh Anda kekurangan sel darah merah maka Anda akan sering mengalami rasa pusing dan juga kelelahan. Jika Anda termasuk penyuka buah maka Anda bisa menjadikan markisa sebagai salah satu menu untuk dikonsumsi setiap hari. Pasalnya dengan mengkonsumsi buah markisa secara rutin maka daya tahan tubuh Anda akan terjaga. Sehingga Anda akan memiliki daya tahan tubuh yang kuat dan tidak mudah sakit.

One Comment on “Manfaat Buah Markisa Yang Tidak Boleh Dilewatkan!”

  1. Saya dulu memiliki buah markisa namun buahnya besar-besar seperti labu kuning. isinya sama seperti markisa kecil, tapi tidak pernah menjumapi di tempat lain.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *