Manfaat Alami Kenikir Kuning

Manfaat Alami Kenikir Kuning

Manfaat Alami Kenikir Kuning

Daun kenikir seperti yang kita kenal mempunyai rasa serta bau yang sangatkhas, sehingga cukup banyak orang yang menyukai sayur daun kenikir. Cara mengolah daun kenikir biasanya cukup direbus untuk dijadikan sayur sebagai pelengkap makanan urap dengan campuran bumbu parutan kelapa pedas…hmmm leazat,  atau bisa juga dijadian sayur dalam pecel dengan bumbu sambel kacang, wah nikmat sekali rasanya.

Khasiat Alami Kenikir Kuning
Khasiat Alami Kenikir Kuning

Namun tenyata ada beberapa jenis dari kenikir, yaitu

  • Kenikir Sayur (Cosmos caudatus)

  • Kenikir Bunga Hias yang berbunga engkel (Cosmos sulphureus)

  • Kenikir Bunga Hias susun(Cosmos bipinnatus) dan Kenikir Tahi Kotok / Marigold (Tagetes erecta).

Kesemua jenis ini termasuk dalam familia Asteraceae atau yang biasa disebut oleh orang sebagai jenis kenikir-kenikiran. Oleh sebab itu kita harus teliti dalam memilih dengan cara melihat bentuk bunga dan daunnya, kenikir yang manakah yang dimaksud. Untuk Marigold, masih lebih mudah kita membedakannya. Bentuk dan bau daun Marygold kalau kita remas berbau tidak enak, langu, berbeda dengan daun kenikir yang tajam namun terasa segar.

Kenikir Sayur (Cosmos caudatus), bunganya berdiameter kecil sebesar coin kuningan Rp. 500, mahkota bunganya berwarna pink dengan benang sari berwarna kuning. Kenikir Sayur hanya memiliki sedikit bunga. Berbeda memang dengan Kenikir Hias yang dalam pertumbuhannya memiliki banyak bunga.

Cara perkembangbiakannya sangat mudah, yaitu dengan menyebar benang sari yang telah kering pada area tanah yang gembur. Tidak membutuhkan waktu lama bagi tanaman ini untuk tumbuh dan menampakkan tunasnya. Tanaman ini memiliki karakter suka akan sinar matahari.

Baca Juga >>>  7 Tips Berhenti Merokok, Terbukti Manjur

Manfaat Daun Kenikir :

  • Meningkatkan Sistem Imun, Curahan vitamin A, vitamin C, dan vitamin E dalam daun kenikir mampu memperbaiki sekaligus meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan meningkatkan proses metabolisme tubuh.
  • Melawan Kanker, Kanker memang masih menjadi mimpi buruk bagi setiap orang karena siapapun bisa terkena penyakit ini. Senyawa terpenoid, saponin, antioksidan, dan flavonoid di dalam daun kenikir bekerja efektif untuk melawan sel kanker khususnya kanker hati, kanker lambung, dan kanker payudara.
  • Mencegah Proses Penuaan Dini, Vitamin E serta zat antioksidan yang terkandung di daun kenikir dibutuhkan oleh tubuh dan kulit. Selain berfungsi membuat kulit lebih sehat dan kencang, kedua nutrisi tersebut di butuhkan untuk mencegah kulit dari proses penuaan dini.
  • Melancarkan Proses, BAB Daun-daunan yang kaya akan serat alami bermanfaat untuk membantu proses metabolisme tubuh seperti BAB, begitu juga pada daun kenikir. Bagi Anda yang mengalami susah buang air besar solusinya mudah saja, konsumsi daun kenikir secara rutin untuk mendapatkan manfaat seratnya.
  • Mengatasi Bau Mulut, Bau mulut dapat diakibatkan karena aktivitas bakteri dan kuman di dalam air liur yang kemudian menjadi gas. Cobalah untuk mengunyah daun kenikir yang telah dicuci bersih selama 30 detik. Kandungan koniferil alkohol di dalamnya akan membunuh kuman dan bakteri penyebab bau mulut.
  • Membersihkan Darah, Daun kenikir berkhasiat meneteralisir racun dalam darah. Adalah vitamin E, flavonoid, dan antioksidan yang berbicara dibalik manfaat yang menggembirakan ini.
  • Mengatasi Gondongan, Gondongan adalah sebuah pembengkakan yang terjadi pada area leher yang sekilas seperti gondok. Anda bisa mencoba mengoleskan daun kenikir yang telah ditumbuk halus tiga kali sehari. Biarkan senyawa polifenol dan tokoferol meredakan peradangan pada gondongan.
  • Menyembuhkan Penyakit Maag, Memiliki Kandungan zat polifenol, hidroksieugenol, dan tokoferol yang berkhasiat menetralkan asam lambung dalam tubuh. Ketiga jenis zat ini juga berfungsi untuk menguatkan otot sphingter pada lambung anda. Untuk membantu organ ini menerima berbagai asupan makanan tanpa menimbulkan bahaya pada lambung, rebus daun kenikir. Saring dan minum airnya selagi hangat. Anda juga bisa mengkonsumsinya sebagai urap atau lalap.
  • Mengobati Lemah Jantung, Kenikir ternyata juga mengandung flavonoid dan antioksidan Hal ini sudah teruji secara klinis dengan mengkonsumsi secara rutin daun kenikir setiap hari. Kedua senyawa ini efektif untuk memperkuat otot jantung serta pembuluh darah yang akan menyehatkan jantung. Caranya yaitu dengan meminum air rebusan dun kenikir dua kali dalam sehari.
  • Menambah Stamina, Banyak orang percaya dengan minum air rebusan daun kenikir mampu menjaga stamina tubuh agar selalu tetap fit sepanjang hari walaupun anda banyak melakukan aktifitas. Selain air rebusan cara mengkonsumsi daun kenikir juga bisa langsung dijadikan lalapan saat anda makan.
Baca Juga >>>  Jahe: Herbal Alami Penuh Dengan Manfaat

Sungguh daun kenikir memiliki segudang manfaat. Usahakan untuk mengkonsumsi daun kenikir setidaknya sekali seminggu untuk mendapatkan badan yang sehat.

Catatan: Supaya tidak hilang khasiatnya, daun kenikir sebaiknya diproses dengan slow juicer, atau mentah saja.

Hasil Pencarian Lainnya:

About ivink3aray

Hobi explore hal baru, dan suka menulis tentang kesehatan di sekitar kita

View all posts by ivink3aray →

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *