10 Makanan Sehat Wajib Untuk Ibu Hamil

Sebagai ibu hamil tentu saja kita harus memperhatikan segala asupan nutrisi yang masuk ke dalam tubuh karena apa yang kita makan juga akan dimakan oleh bayi yang ada di dalam perut kita. Oleh karena itu tentu saja seorang ibu hamil harus memperhatikan makanan yang mereka makan. Ibu yang sedang hamil tentu saja memerlukan berbagai makanan wajib yang bergizi dan bernutrisi. Oleh karena itu kali ini kami akan membahas mengenai makanan sehat wajib untuk ibu hamil yang bisa memenuhi gizi tubuh ibu maupun sang buah hati yang ada di dalam kandungan. Oleh karena itu kali ini kami hadir untuk memberikan informasi penting ini untuk ibu hamil yang ada di manapun. Simak artikel ini baik-baik ya bunda!

10 Makanan Sehat Wajib Untuk Ibu Hamil

  1. Brokoli

Makanan wajib yang pertama adalah brokoli, sayuran hijau yang bisa kita dapatkan dengan mudah di pasar maupun di supermarket dengan harga yang murah. Brokoli salah satu sayuran hijau yang mengandung banyak sekali nutrisi yang dibutuhkan oleh ibu hamil. Brokoli hijau megandung antioksidan tinggi yang baik untuk ibu hamil, selain itu brokoli hijau mengandung serat, vitamin C, vitamin K, vitamin A, dan masih banyak lagi yang baik untuk sistem pencernaan ibu hamil dan juga baik untuk sistem kekebalan tubuh. Brokoli mengandung serat tinggi yang baik untuk ibu maupaun bayi yang ada di dalam kandungan.

  1. Ubi jalar

Makanan yang kedua adalah ubi jalar, ubi jalar ini kaya dengan beta karoten yang nantinya diubah menjadi vitamin A di dalam tubuh. Seperti yang kita ketahui bunda, selain baik untuk mata. Ubi jalar ini juga baik untuk pertumbuhan sel dan jaringan, hal ini sangatlah penting untuk pertumbuhan bayi yang ada di dalam kandungan. Oleh karena itu ibu hamil disarankan untuk konsumsi ubi jalar ketika hamil karena menjadi sumber vitamin A yang penting dan baik untuk ibu hamil. Selain itu ibu jalar juga mengandung serat sehingga baik untuk pencernaan dan juga untuk menjaga kadar gula darah ibu hamil.

  1. Yogurt

Yogurt merupakan salah satu produk susu yang baik untuk ibu hamil. Yogurt mengandung kalsium yang tinggi, vitamin B, magneisum dan juga seng. Ibu hamil sangat dianjurkan untuk dikonsumsi ibu hamil terutama plain yogurt atau yogurt tawar. Yogurt baik untuk ibu hamil karena bisa menjaga kesehatan usus pada ibu hamil dan selain itu yogurt juga baik untuk mencegah sembelit. Jika ibu tidak suka yogurt tawar maka bisa mencampurnya dengan buah beri seperti strawberry atau buah berry lainnya.

  1. Telur ayam

Makanan yang satu ini merupakan makanan yang sudah umum dan mungkin sudah menjadi makanan sehari-hari kita. Siapa sangka ternyata telur ayam merupakan salah satu makanan yang wajib untuk ibu hamil karena nutrisinya yang baik untuk ibu hamil. Telur mengandung kolin yang baik untuk pertumbuhan otak dan kesehatan tubuh, menurut survei dari Amerika ibu yang kekurangan asupan klin saat hamil beresiko melahirkan anak cacat dan penurunan fungsi otak pada bayi. Selain kolin, telur ayam juga mengandung protein, lemak berkualitas tinggi, dan vitamin juga mineral.

  1. Ikan salmon

Asam lemak omega 3 merupakan salah satu asupan penting untuk ibu hamil dan banyak sekali ibu hamil yang kekurangan asupan omega 3. Kandungan asam lemak omega 3 bisa didapatkan dari daging ikan salmon. Kandungan omega 3 yang tinggi ini baik untuk perkembangan otak janin. Namun perlu diketahui jika ibu hamil juga tidak boleh sering mengkonsumsi makanan laut, ini wajib dikonsumsi namun tidak boleh terlalu sering. Karena kandungan merkuri terkadang ditemukan pada ikan laut yang berlemak. Selain itu ikan salmon mengandung vitamin D sehingga baik juga untuk pertumbuhan tulang dan gigi janin.

  1. Olahan gandum

Makanan sehat wajib untuk ibu hamil yang selanjutnya adalah olahan gandum, biji-bijian gandum sangat baik untuk ibu hamil karena mengandung serat yang dibutuhkan oleh ibu hamil. Serat yang ada pada gandum baik untuk pencernaan ibu hamil. Olahan gandum yang baik salah satunya adalah oat, oat ini mengandung protein yang dibutuhkan dan penting oleh ibu hamil. Selain itu ibu juga bisa makan roti gandum sebagai cemilan sehat ketika lapar di malam hari sehingga lapar bisa teratasi dan tubuh tetap sehat. Gandum juga mengandung vitamin B dan juga magensium yang diperlukan ibu hamil. Oleh karena itu wajib ya bunda untuk mengkonsumsi olahan gandum seperti oat dan juga roti gandum.

  1. Air putih

Bukan rahasia lagi jika air putih memiliki sejuta manfaat, tidak hanya untuk ibu hamil saja namun juga untuk orang-orang biasanya. Air putih merupakan salah satu asupan yang wajib untuk setiap ibu hamil karena air putih bisa menyeimbangkan kesehatan tubuh ibu hamil. Selama ibu hamil, darah yang ada di dalam tubuh meningkat menjadi 1,5 liter sehingga ibu tidak boleh sampai mengalami dehidrasi.Oleh karena itu ibu harus memenuhi asupan air sehingga tidak sampai dehidrasi, ibu hamil harus memenuhi asupan air sebanyak 1-2 liter per harinya. Karena dehidrasi dapat membahayakan janin dan ibu hamil, dehidrasi dapat menyebabkan janin meninggal di dalam kandungan. Oleh karena itu ibu hamil harus mencukupi asupan air putih 1-2 liter untuk mencegah dehidrasi dan juga infeksi saluran kemih.

  1. Alpukat

Buah yang selanjutnya adalah buah alpukat. Buah alpukat mengandung asam lemak sehat yang membantu membangun otak dan jaringan janin yang ada didalam kandungan. Folat yang ada didalam alpukat membantu mencegah kecacatan pada bayi. Alpukat juga mengandung pottasium lebih banyak dari pisang, pottasium ini baik untuk meringankan kram pada kaki ibu hamil. Oleh karena itu ibu hamil di sarankan untuk makan alpukat mengingat banyaknya manfaat dari buah yang satu ini, jika bunda tidak suka makan alpukat mentahan maka bunda bisa membuatnya sebagai jus alpukat atau dengan mencampur alpukat denga gula. Selain yang sudah disebutkan diatas tadi, alpukat mengandung lemak sehat yang baik untuk menjadi pilihan ibu hamil.

  1. Buah beri

Yang kesembilan dan penting untuk ibu hamil adalah buah beri, buah beri ini jenisnya sangat banyak sekali ya. Buah beri ini terdiri mulai dari buah strawberry, buah blueberry, blackberry, raspberry, dan lainnya. Buah yang ukurannya kecil ini ternyata mengandung berbagai nutrisi dan vitamin yang dibutuhkan oleh ibu hamil. Buah beri mengandung vitamin C tinggi yang baik untuk penyerapan zat besi di dalam tubuh ibu. Selain itu buah beri juga tidak menyebabkan kenaikan gula darah walau memiliki banyak rasa, buah beri juga memiliki kandungan antioksidan yang juga baik untuk kesehatan kulit dan kekebalan tubuh. Buah beri ini bisa bunda jadi cemilan sehat ya, bunda bisa memakan buah beri ini tanpa diolah atau mungkin bisa dicampur yogurt atau di jus.

  1. Kacang-kacangan

Yang terakhir adalah kacang-kacangan, yang masuk ke dalam jenis ini adalah kacang-kacangan seperti misalnya kacang polong, kacang buncis, kacang kedelai, kacang tanah, kacang hijau, dan lainnya. Siapa sangka jika kacang ternyata memiliki kandungan yang baik untuk ibu hamil. Secara garis besar, kacang-kacangan mengandung banyak asam folat, serat, dan juga masih banyak nutrisi lainnya. Salah satunya adalah folat yaitu nutrisi penting untuk kehamilan yang bisa mengurangi beberapa resiko kecacatan pada bayi.

Baca Juga >>>  10 Makanan dan Minuman yang Dilarang Untuk Ibu Hamil

Itu dia bunda beberapa informasi dari kami mengenai makanan sehat wajib untuk ibu hamil yang ibu hamil wajib konsumsi. Makanan diatas merupakan makanan yang wajib yang harus bunda konsumsi dalam masa kehamilan karena kandungan nutrisi di dalam makanan tersebut baik untuk kesehatan dan gizi bunda maupun buah hati kecil yang ada di dalam kandungan. Dengan mengkonsumsi makanan diatas maka bayi yang lahir akan sehat, semoga artikel ini bermanfaat untuk ibu-ibu sekalian ya!

One Comment on “10 Makanan Sehat Wajib Untuk Ibu Hamil”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *