10 Makanan dan Minuman yang Dilarang Untuk Ibu Hamil

Ibu hamil tentu saja harus mencukupi segala nutrisi yang diperlukan oleh tubuh supaya bayi yang ada di dalam kandungan nantinya bisa tumbuh dan berkembang dengan sehat di dalam kandungan dan bisa lahir dengan sehat pula. Selain makanan yang wajib dikonsumsi ibu hamil ada juga ternyata beberapa larangan untuk ibu hamil, yaitu larangan mengenai makanan dan minuman yang dilarang untuk ibu hamil. Beberapa makanan mengandung zat yang memang diperlukan untuk ibu hamil, namun ada juga beberapa makanan yang dilarang karena mengandung beberapa kandungan yang tidak baik untuk kandungan. Beberapa makanan itu bahkan bisa membawa efek samping yang buruk, oleh karena itu supaya bunda tahu maka kami telah menyiapkan informasi ini untuk bunda. Simak baik-baik ya!

10 Makanan dan Minuman yang Dilarang Untuk Ibu Hamil

  1. Alkohol

Minuman yang dilarang untuk ibu hamil yang pertama adalah alkohol. Para ahli menyarankan supaya ketika hamil bunda menjauhi alkohol karena alkohol dapat berdampak negatif pada perkembangan otak sang bayi. Selain itu bahkan bisa menyebabkan resiko kematian janin di dalam kandungan bahkan keguguran. Wanita yang sedang hamil seharusnya tidaklah minum alkohol karena alkohol ternyata juga bisa menyebabkan sang janin terkena sindrom alkohol yang menyebabkan kelainan bentuk wajah, keterbelakangan mental, dan menghambat tumbuh kembang buah hati kita. Oleh karena itu sebaiknya kita hindari alkohol selama masa kehamilan ya bunda.

  1. Ikan dengan kandungan merkuri tinggi

Ikan memang baik untuk kesehatan, entah itu ikan laut atau ikan air tawar. Namun beberapa ikan dilarang untuk dikonsumsi oleh ibu hamil karena kandungan merkuri yang tinggi di dalamnya. Merkuri sendiri adalah zat beracun yang biasanya bisa ditemukan di perairan yang tecemar, merkuri ini bisa tertimbun di dalam tubuh ikan dan bisa masuk ke dalam tubuh kita jika kita mengkonsumsinya berlebihan. Merkuri ini bisa menjadi racun bagi sistem saraf kita dan mempengaruhi sistem kekebalan tubuh sang ibu. Merkuri yang sangat beracun ini bisa kita temukan pada ikan hiu, king mackarel, tuna, swordfish (ikan todak). Namun perlu dicatat bahwa tidak semua ikan mengandung merkuri, hanya beberapa jenis saja. Ibu hamil disarankan mengkonsumsi ikan merkuri ini tak lebih dari 2 kali dalam sebulan.

  1. Makanan cepat saji

Makanan cepat saji memang enak dan murah, namun ternyata efeknya juga buruk bagi kesehatan. Makanan cepat saji yang mungkin seringkali kita beli ternyata tidak baik untuk ibu hamil, makanan cepat saji ini mengandung banyak kalori, rendah nutrisi, dan kadar gula yang tinggi serta lemak berlebih. Kandungan buruk itu bisa menyebabkan bunda mengalami penambahan berat badan, resiko terkena dibates tipe 2, serta penyakit jantung. Kelebihan berat badan ekstra selama kehamilan karena sering makan junk food selama kehamilan juga bisa menyebabkan resiko bayi lahir kelebihan berat badan dan juga menimbulkan komplikasi. Sebaiknya jauhi makanan cepat saji ya bunda, karena efeknya buruk bagi kesehatan.

  1. Buah anggur

Mungkin bunda sering dengar jika ibu hamil dilarang makan anggur terutama anggur hijau bukan? Selama ini hal yang satu ini masih menjadi kontroversi, namun beberapa ahli mengatakan jika semasa hamil sebaiknya menjauhi anggur. Karena pestisida yang disemportkan pada anggur itu tidaklah dimakan oleh serangga dan artinya masih menempel pada lapisan buah. Dan kandungan ini bisa masuk ke dalam tubuh kita dan menyebabkan kompilkasi. Selain itu anggur mengandung resveratrol, zat kimia bernama resveratol ini ternyata bisa menyebabkan toksisitas pada ibu hamil atau lebih sering disebut keracunan kehamilan. Oleh karena itu jika ingin makan anggur konsultasikan terlebih dahulu kepada dokter.

  1. Buah pepaya

Makanan dan minuman yang dilarang untuk ibu hamil yang selanjutnya adalah buah pepaya. Walau buah ini mengandung sejuta manfaat untuk kesehatan dan kecantikan ternyata buah pepaya jika termasuk ke dalam salah satu jenis makanan yang dilarang konsumsi ketika ibu sedang hamil. Pepaya ternyata bisa menimbulkan beberapa resiko seperti persalinan lebih awal (prematur) dan juga keguguran. Terutama jika bunda mengkonsumsi pepaya yang belum matang atau setengah matang, kandungan lateks di dalamnya sangatlah tinggi sehingga bisa menyebabkan kontraksi rahim. Oleh karena itu jangan makan buah pepaya berlebihan ya bunda!

  1. Buah nanas

Buah nanas merupakan buah selanjutnya yang dilarang dikonsumsi ketika hamil, mungkin kita memang sudah sering dengar ya jika buah nanas itu berbahaya bagi kehamilan. Buah nanas ini mengandung bromelain tinggi yang bisa menyebabkan melunaknya serviks sehingga menyebabkan persalinan dini. Buah nanas juga bisa menyebabkan keguguran, oleh karena itu sebaiknya buah nanas tidak dikonsumsi pada trimester pertama karena efek panas dari buah nanas itu bisa membuat serviks melunak dan akhirnya terjadi persalinan dini. Sebaiknya bunda jangan sampai konsumsi nanas ya, apalagi secara berlebihan karena nanas mengandung zat yang bisa menyebabkan persalinan dini bahkan keguguran.

  1. Kafein

Minuman yang tidak boleh dikonsumsi secara berlebihan ketika hamil adalah kafein. Kafein ditemukan di dalam kopi, teh, soft drink, dan juga coklat. Asupan kafein yang dikonsumsi ibu hamil ini dapat menyebabkan perkembangan janin di dalam kandungan menjadi terhambat dan juga menyebabkan berat badan janin rendah ketika lahir nanti. Kafein yang bunda konsumsi itu bisa masuk ke dalam tubuh janin dengan cepat melalui plasenta sehingga bisa membatasi perkembangan dan pertumbuhannya selama ada di dalam janin. Oleh karena itu sebaiknya bunda membatasi konsumi kafein hanya 200 mg saja per harinya atau setara dengan 2-3 cangkir kopi saja.

  1. Jeroan

Siapa ibu-ibu disini yang suka makan daging jeroan? Bagi sebagaian orang jeroan  merupakan santapan yang enak. Namun ternyata jeroan ini dilarang untuk ibu hamil konsumsi, walau mungkin sebenarnya jeroan ini adalah sumber dari zat besi dan juga vitamin A namun ternyata ibu tidak boleh mengkonsumsinya secara berlebihan. Kandungan vitamin A hewani yang berlebihan di dalam jeroan bisa menyebabkan bunda mengalami keracunan kehamilan, hal ini bisa menyebabkan kecacatan pada bayi dan juga keracunan hati. Oleh karena itu jangan konsumsi jeroan lebih dari 2 kali dalam seminggu.

  1. Telur mentah

Makanan yang dilarang selanjutnya adalah telur mentah atau olahan telur setengah matang. Telur mentah atau setengah matang ini pada umunya masih mengandung bakteri salmonella yang bisa menyebabkan ibu terkena infeksi salmonella. Infeksi ini bisa menyebabkan ibu mengalami gejala seperti mual muntah, kram perut, diare, bahkan juga bisa menyebabkan kelahiran prematur bayi, atau kelahiran mati. Telur mentah ini biasanya sering kita temukan dalam berbagai macam olahan di restaurant.

  1. Daging mentah / setengah matang

Yang terakhir adalah daging mentah atau setengah matang. Sebaiknya hindari makan olahan daging mentah seperti sashimi atau makan steak daging yang tidak dimasak dengan kematangan sempurna. Daging yang mentah atau setengah matang umunya mengandung banyak bakteri seperti Toxoplasma, E.Colli, dan Salmonella. Parasit dan juga bakteri itu bisa menyebabkan resiko prematur, kelahiran mati, kecacatan seperti keterbelakangan mental, epilepsi, dan kebutaan pada bayi. Oleh karena itu jangan sampai bunda makan olahan daging mentah ya. Ketika makan daging masak itu dengan baik supaya bisa merasakan manfaatnya.

Baca Juga >>>  10 Tips Mengatasi Flu Untuk Ibu Hamil Tanpa Obat Paling Ampuh

Itulah beberapa informasi dari kami mengenai makanan dan minuman yang dilarang untuk ibu hamil, sebagai ibu hamil tentu saja kita harus menjaga kesehatan kandungan kita ya bunda. Oleh karena itu sebisa mungkin hindari makanan dan minuman yang sudah kami sebutkan diatas tadi karena beberapa kandungan makanan dan minuman di dalamnya bisa menimbulkan efek buruk pada kesehatan bunda maupun janin, selain itu bahkan bisa juga berakibat fatal. Oleh karena itu mari jaga asupan yang masuk ke dalam tubuh bunda, hindari makanan dan minuman diatas, konsumsi makanan yang sehat dan aman bagi kandungan. Semoga artikel ini bermanfaat untuk bunda!

Hasil Pencarian Lainnya:

One Comment on “10 Makanan dan Minuman yang Dilarang Untuk Ibu Hamil”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *