Khasiat Kacang Arab GARBANZO

Khasiat Kacang Arab GARBANZO
Garbanzo atau chickpea adalah kerabat kacang-kacangan, rasanya gurih sehingga banyak dipakai untuk campuran salad dan sup. Biasa juga disebut kacang arab, karena umumnya kacang ini didatangkan dari daerah Mediterania dan Asia Barat.

Khasiat Kacang Arab GARBANZO

kacang arab untuk ibu hamil
kacang arab untuk ibu hamil
Di Indonesia kacang ini mudah ditemui dalam bentuk kering atau kalengan. Bentuk kalengan banyak dijual di pasar swalayan besar. Garbanzo berbentuk bulat dengan ujung meruncing, berwarna krem kekuningan. Mirip kemiri dalam bentuk mungil. Garbanzo kering perlu direndam dulu minimal 6 jam sebelum dimasak.
Dibalik rasanya yang gurih, renyah dan lembut, kacang Garbanzo ini mempunyai sejumlah kandungan nutrisi yang hebat sehingga sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Inilah manfaat kandungan gizi dalam kacang Garbanzo :

1. Menurunkan kadar kolesterol jahat.

Kacang Garbanzo ini rendah kalori dan memiliki kandungan Fitosterol, (lemak baik dari tumbuhan) lemak tak jenuh ganda yang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol LDL, sehingga bersahabat untuk jantung.
Kandungan Folat dan Magnesium pada Garbanzo juga terbukti dapat mengurangi kadar kolesterol plasma darah sehingga memperlancar fungsi arteri, sangat bermanfaat mengurangi resiko penyakit jantung coroner.

2. Meningkatkan kekebalan tubuh.

Seng dan tembaga, dua mineral yang sangat mendukung perkembangan dan fungsi sel kekebalan tubuh. Satu cangkir Garbanzo rebus (± 160 gr) mengandung 30% dari nilai harian tembaga, dan 17% dari nilai harian seng.

3. Mencegah kanker

Ketika bakteri di usus kita melakukan fermentasi terhadap Garbanzo, maka terbentuklah asam butirat yang berfungsi menekan proliferasi (pembelahan dan pertumbuhan) sel abnormal dan menginduksi apoptosis (penghancuran diri sel – sel kanker)
Beta-sitosterol yang merupakan Fitosterol utama dalam Garbanzo telah terbukti mengurangi resiko kanker pada mencit.
cara mengolah kacang arab
cara mengolah kacang arab

4. Mencegah anemia

Kaya akan Vitamin B2 dan B6. Memiliki kandungan zat Besi 3x melebihi daging sapi sehingga amat baik dikonsumsi oleh para vegetarian yang cenderung kekurangan zat Besi. Kekurangan zat Besi menyebabkan rambut rontok dan kuku rapuh.

5. Memperlancar sistem pencernaan dan diet penurunan berat tubuh

Kandungan serat Garbanzo meningkatkan rasa kenyang dan menekan perekembangan obesitas sentral pada lemak perut. Serat Garbanzo membantu pergerakan makanan lainnya melalui usus kita dan mampu mencegah sembelit dan konstipasi.

6. Mencegah Diabetes

Garbanzo merupakan sumber karbohidrat yang baik untuk penderita diabetes. Protein dan serat Garbanzo membantu insulin tubuh untuk mengatasi kadar gula darah menjadi tinggi.

Hasil Pencarian Lainnya:

About ivink3aray

Hobi explore hal baru, dan suka menulis tentang kesehatan di sekitar kita

View all posts by ivink3aray →

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *