Khasiat dan Manfaat Tanaman Bakung yang Belum Diketahui Banyak Orang

manfaat tanaman bakung

Khasiat dan Manfaat Tanaman Bakung yang Belum Diketahui Banyak Orang

Tananaman Bakung atau nama latinnya adalah Crynum Asiaticum L. Biasanya hanya merupakan tanaman hias di pekarangan rumah saja, tapi tahukan anda bahwa tanaman bakung ini sebenarnya memiliki banyak khasiat dan manfaat yang luar biasa untuk menyembuhkan beberapa penyakit. Bunga bakung sifatnya mematangkan luka bernanah yang menyerang syaraf. Bunga bakung memiliki energi pembersih, penyedot dan penarik yang kuat.

khasiat bunga bakung putih
khasiat bunga bakung putih

Tanaman bakung bila diminum air nya atau dimakan setelah direbus, bisa merangsang muntah dan menyedot lendir di pusat lambung. Bila di masak di campur madu murni, berkhasiat membersihkan kotoran koreng dan mematangkan jenis koreng yang sudah matang. Putik nya bersifat panas stabil dan lembut, berkhasiat mengobati pilek, memiliki daya kontaminasi yang tinggi, mampu membuka sumbatan otak dan hidung. Berkhasiat juga mengobati lendir dan unsur hitam. Berkhasiat juga mengatasi sakit kepala akibat riak dan kebanyakan enzim.

khasiat tanaman bakung
khasiat tanaman bakung

Bunga bakung memiliki aroma yang harum yang dapat memperkuat jantung dan otak, bila di hirup mampu mengobati epilepsi pada anak – anak. Bunga bakung yang besar memiliki 3 daun bunga, ber aroma harum dan terdapat dalam berbagai warna putih, jingga, kuning, merah muda, merah, ungu, warna tembaga, hingga hampir hitam. Terdapat pula corak berupa bintik – bintik. Selain untuk tanaman hias, tanaman bakung juga dapat digunakan untuk mengobati berbagai masalah kesehatan.

Baca Juga >>>  Cara Alami Menumbuhkan Rambut Botak Dengan Cepat
khasiat tanaman bunga bakung
khasiat tanaman bunga bakung

Bunga bakung mengandung flavonoid, saponin dan tanin. Sedangkan pada umbi, akar dan bijinya mengandung alkaloid, likorin, krinin dan asetilkorin. Efek farmakologis yang dimiliki tanaman bakung di antaranya sebagai peluruh kencing, anti inflamasi, mencegah pendarahan dan mengobati luka.

Perbanyakan tumbuhan bakung dilakukan dengan rimpang, anakan dan biji. Seluruh bagian tanaman bakung dari umbi, daun dan akar dapat dimanfaatkan untuk mengobati beberapa penyakit, baik dalam keadaan segar maupun kering.

manfaat tanaman bakung putih
manfaat tanaman bakung putih
  • Bengkak di tangan dan kaki

Olesi daun bakung dengan minyak kelapa, lalu layukan di atas api. Tempelkan daun bakung yang telah layu pada tubuh yang sakit.

  • Borok

Iris umbi bakung tipis – tipis, lalu panaskan di atas api kecil selama 2 – 3 menit atau sampai hangat. Letak kan irisan umbi pada borok atau telapak kaki yang luka.

  • Luka terkena benda beracun

Cuci bersih 5 – 10 gr akar bakung, lalu kunyah untuk memperoleh airnya. Telan air nya, lalu ampasnya di tempelkan pada bagian tubuh yang terkena benda beracun.

  • Peluruh keringat

Cuci 15 gr akar bakung segar, potong kecil – kecil. Direbus dengan air 3 gelas, sisakan 2 gelas. Setelah dingin di saring. Minum 2x sehari.

  • Peluruh muntah

Cuci 5 – 10 gr akar segar sampai bersih, lalu di kunyah untuk memperoleh air nya. Telan air nya dan ampas nya di buang.

  • Pembengkakan kelenjar limfa

Cuci bersih beberapa lembar daun bakung, tumbuk dengan 3 siung bawang merah. Tempelkan hasil tumbukan pada bagian tubuh yang sakit.

  • Peluruh kencing

Cuci daun bakung secukupnya, tumbuk sampai halus. Oleskan di perut bagian bawah di atas kandung kemih. Lakukan secara rutin sampai kencing lancar kembali.

  • Rematik sendi

Olesi daun bakung dengan minyak wijen, lalu layukan di atas api. Tempelkan daun yang sudah layu pada bagian tubuh yang sakit.

  • Sakit pinggang

10 gr daun bakung dan 10 gr jahe merah di haluskan, lalu di balurkan pada pinggang yang sakit.

  • Sakit gigi

Cuci bersih akar tanaman bakung, lalu di haluskan. Tempelkan pada gigi yang sakit.

  • Keseleo

Daun bakung di layukan di atas api, lalu di tempelkan pada bagian yang keseleo.

Baca Juga >>>  Manfaat Tersembunyi Daun Kumis Kucing Untuk Pengobatan

Catatan :

*) Pemakain umbi bakung harus hati – hati, karena umbi bakung beracun.

*) Keracunan di tandai dengan sakit perut, di ikuti diare yang hebat, denyut nadi cepat, pernafasan tidak teratur dan panas tinggi.

*) Sebagai pertolongan pertama, pompa lambung supaya penderita muntah. Lanjutkan dengan memberi minuman teh kental atau air kelapa muda.

Hasil Pencarian Lainnya:

About ivink3aray

Hobi explore hal baru, dan suka menulis tentang kesehatan di sekitar kita

View all posts by ivink3aray →

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *