Kersen, buah kecil kaya manfaat.

Loading...

Apakah teman-teman familiar dengan buah kersen?

kersen / talok yang dalam bahasa latin di kenal sebagai mutingia calabura L. di daerah papua masyarakat menyebutkan dengan nama yang berbeda-beda, misalnya gersen, kersen atau gerseng.

yah.. di bagian Papua sangat mudah mendapatkan buah kersen, hampir di tiap rumah masyarakat menanamnya atau bahkan tumbuh liar di dekat rumah-rumah warga dan sering dijadikan mainan atau di makan oleh anak-anak. Tapi apakah kalian tahu jika buah kersen ternyata memiliki manfaat?

selain buahnya, daun kersen juga bisa di olah untuk kesehatan, apa saja sih manfaat yang ada ?

1.  Anti tumor

Buah gersen mengandung falavonoid yang di ketahui dapat bermanfaat sebagai anti tumor yaitu menghambat sel kanker, sedangkan kandungan antioksidan dalam kersen dapat meningkatkan imun tubuh.

2. obat asam urat

Di dalam buah kersen terkandung kandungan air yang cukup tinggi, sehingga baik bagi penderita asam urat untuk mengkonsumsi kersen secara rutin. Kalian bisa mencoba dengan meminum air seduhan daun kersen.

3. meredakan sakit kepala

Kandungan alami dalam buah kersen juga di percaya dapat meredakan sakit kepala.

4. Anti-septic

Kandungan dalam buah kersen dapat membunuh bakteri yang berasal dari kandungan-kandungan senyawa seperti tanin, flavonoid dan saponin.

5. menurunkan tekanan darah

Daun kersen juga dapat menurunkan hipertensi, karena dalam buah kersen terdapat kalium yang mampu mengontrol tekanan darah

6. menurunkan berat badan

Jika kalian ingin menurunkan berat badan, jangan ragu untuk mengkonsumsi buah kersen, selain mudah di dapat buah kersen juga tidak membuat kantong kering. Karena mengandung karbohidrat yang cukup tinggi maka jika kamu mengkonsumsi buah kersen kalian akan lebih mudah terhindar dari rasa lapar.

Baca Juga >>>  Bagaimana Mengelola Stress dengan Tepat

selain 6 manfaat di atas, masih banyak manfaat buah kersen bagi kesehatan, misalnya:

  • menjaga kesehatan mata.
  • meredakan flu dan batuk.
  • membantu mengatasi diabetes.
  • menurunkan kolesterol dalam tubuh.
  • mengobati radang.

Jadi buat teman-teman yang punya tanaman kersen di dekat rumah, jangan di cuekin terus ya! coba deh untuk konsumsi kersen secara rutin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *