Kentang Ungu: Makanan Lezat Bantu Kurangi Resiko Kanker Usus

Selama ini Anda tentu sudah tidak asing lagi dengan kentang. Makanan satu ini memang banyak disukai oleh hampir semua kalangan. Memiliki rasa gurih dan juga kerap dipilih sebagai makanan utama pengganti nasi. Jika selama ini Anda biasa melihat kentang dengan warna kuning, ternyata selain warna kuning ada juga kentang dengan warna ungu yang belum banyak diketahui.

Kentang warna ungu tidak hanya memiliki rasa yang lezat tetapi juga memiliki warna yang cantik.  Selain itu kentang ungu juga memiliki nutrisi dan kandungan antioksidan tau disebut juga antosianin sampai 10 kali lipat jika dibandingkan dengan kentang biasa. Ditambah lagi kentang ungu juga memiliki kandungan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh.

Kentang ungu atau disebut juga dengan Purple Majesty merupakan kentang yang sudah dipasarkan di supermarket di Inggris dan juga merupakan hasil pengembangan dan penelitian yang dilakukan oleh Colorado State University. Kentang ungu sudah dikembangkan selama dua tahun dan juga bukan hasil dari rekayasa genetic bahkan produsen Albert Bartlett saat ini juga menanam kentang ungu.

Kentang ungu kayak akan antioksidan dan juga sangat baik untuk mencegah terjadinya resiko kanker usus besar. Selain itu kandungan antioksidan yang tinggi pada kentang ungu juga dapat mengurangi resiko obesitas dan kanker pencernaan. Dengan mengkonsumsi dua porsi kentang ungu setiap harinya selama satu bulan maka Anda dapat menurunkan tekanan darah. Selain itu kentang ungu juga memiliki senyawa bioaktif seperti asam fenolik dan anthocuanin yang mana memiliki manfaat untuk membunuh sel kanker yang ada di dalam tubuh.

Pennsylvania State University, salah satu profesor bernama Jairam K P Vanamala, menyatakan jika makanan itu seperti senjata yang mana dapat meningkatkan resiko penyakit atau mencegah terjadinya kanker seperti usus besar. Tidak hanya itu bahkan penelitian yang sudah dipublikasikan oleh Journal of Nutritional Biochemistry juga menyatakan jika mengkonsumsi makanan yang mengandung macronutrien atau zat-zat yang dibutuhkan oleh tubuh dengan jumlah besar seperti protein, vitamin, falvonoid dan juga karotenoid sangat efektif untuk mencegah terjadinya resiko.

Baca Juga >>>  Obat Bisul Alami Cepat Sembuh

Di negara Barat kanker usus menjadi salah satu pembunuh paling banyak. Hal ini disebabkan karena sebagian besar orang mengkonsumsi daging berlebihan dan juga kurang mengkonsumsi sayuran serta buah. Dan kentang ungu memiliki antioksidan yang tinggi. Meskipun kentang ungu memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan Anda  tetap harus mengatur pola makan dan menjaga asupan makan yang baik untuk menjaga kesehatan. Pastikan Anda memiliki gaya hidup yang sehat serta rajin mengkonsumsi sayuran dan buah-buahan. Dan rutin olahraga agar tubuh tetap sehat dan tidak mudah sakit.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *