Kenali Penyebab Penyakit Pes

Loading...

Sebagai seorang manusia, menjaga diri dari berbagai serangan penyakit merupakan keharusan yang dimana cara mencegahnya bisa dengan melakukan pola hidup sehat dan menjaga asupan nutrisi dan gizi yang baik untuk tubuh. Selain dengan menjaga pola hidup dan juga asupan makanan, tambahan olahraga pun menjadi sebuah keharusan agar badan kita tetap bugar dan terjauh dari beberapa virus dan penyakit yang bisa menyerang kita kapan saja.

Salah satu penyakit yang sering menyerang kita adalah PES atau sampar. Penyakit ini merupakan penyakit yang disebab kan oleh infeksi dari bakteri yang bernama Yersinia pestis atau beberapa negara menyebutnya blackdeath atau wabah hitam. Perkembangan bakteri Ini di dalam tubuh manusia sangatlah buruk karena, tidak sedikit juga orang yang terjangkit bakteri ini akan meninggal apabila perawatan dan penangannanya kurang tepat.

Jenis PES

Lalu Apakah penyebab penyakit Pes ? sebelum kita menerangkan apa itu PES alangkah baiknya kita mengetahui beberaja jenis infeksi PES yang di golongkan dari bagian tubuh mana yang lebih terkena penyakit ini.

  • Yang pertama adalah jenis PES Bubonic plague, jenis PES dari bakteri ini merupakan salah satu jenis yang sering sekali di temukan dan juga menyerang manusia. akibat dari PES jenis ini menimbulkan beberapa gejala parah seperti gejala pembesaran kelenjar getah bening yang memang apabila tidak di tangani akan semakin parah dan akan membuat nyawa penderitanya terancam.
  • Jenis yang kedua adalah Pneumonic plague,Jenis PES yang satu ini, memang tergolong sangat jarang di temukan di beberapa negara karena pada infeksi ini bakteri yang membawa penyakit PES telah menyebar ke daerah paru-paru sehingga fungsi paru-paru sebagai pengolah oksigen akan menurun dan tidak berfungsi dan akan menyebabkan kematian bagi penderitanya. Di karenakan menyerang pada bagian vital manusia yaitu paru-paru, Jenis PES ini masuk dalam kategori pes yang paling berbahaya.
  • Yang terakhir adalah jenis PES Septicemic plague, Penyakit ini merupakan salah satu infeksi virus yang bakterinya masuk kedalam aliran darah dan ada kemungkinan akan terus menyebar ke semua bagian tubuh terutama yang teraliri darah yang terkena virus itu sendiri.
Baca Juga >>>  Manfaat Buah Stroberi Yang Menakjubkan Dan Tidak Boleh Dilewatkan

Penyebab PES

Setelah kita mengetaui jenis-jenis penyakit PES yang ada, selanjutnya kita bahas Apakah penyebab penyakit Pes itu. Seperti yang sebelumya di bahas pada bagian awal dimana penyakit PES disebabkan oleh bakteri yang bernama Yersinia pestis. Bakteri ini menyebar ketubuh manusia dengan beberapa cara tertentu.

Salah satu penyebab kita terkena dari penyakit ini adalah berasal dari hewan kutu yang dimana sebelum mengigit kita, kutu itu mengigit hewan pengerat yang sebelumnya terinfeksi bakteri Yersinia pestis. Beberapa hewan yang rentan terkena adalah tikus, anjing padang rumput, tupai, bajing, atau kelinci sekalipun. Atau bisa juga dengan kontak langsung dengan seseorang yang sebelumnya sudah terkena penyakit ini baik dari bersin ataupun lainnya. Dalam beberapa kasus contoh pun penyakit ini tersebar dari cakaran atau gigitan beberapa hewan seperti kucing atau tikus yang dimana adanya infeksi bakteri yang di miliki hewan itu tersebar melalui luka yang terbuka.

Beberapa orang yang selalu berinteraksi dengan hewan-hewan yang terjangkit PES atau pun beberapa orang yang pernah mengunjungi orang yang terkena PES akan lebih mudah terkena PES. Jadi bisa di simpulkan adalah penyakit PES ini adalah penyakit yang bertipe menular mulai dari manusia ke manusia sampai dari hewan kemanusia.

Jadi apabila kita memelihara hewan lebih baik periksakan dan di vaksin. usahakan selalu cek kondisi kesehatan hewan peliharaan kita agar terhindar dari beberapa penyakit.

Lalu, meski kita tahu apakah penyebab penyakit PES selanjutnya kita akan bahas gejala yang akan di alami penderita penyakit PES ini. Gejala-gejala yang akan di bahas di bawah ini biasanya muncul setelah 2-6 hari pasien terjangkit penyakit PES. Berikut adalah gejalanya :

  • Bubonic plague
Baca Juga >>>  Mitos Dan Fakta Antibiotik

Gejala ini muncul 1 minggu setelah terkontaminasi dengan virus PES. Gejala yang timbul adalah terasa sakit karena ada pembengkakan di daerah kelenjar getah bening. Berlanjut dengan rasa pusing, nyeri pada otot-otot, Demam, Badan gemetar dan lemas. Beberapa tempat yang sering terjadi pembengkakan di sekitaran leher, ketiak, pangkal paha dengan ukuran pembengkakan sebesar telur ayam

  • Pneumonic plague

Gejala ini berupa kita sering batuk dan mengeluarkan dahak/ air liur /nanah dari daerah paru-paru kita. Terasa sakit pada dada dan terkadang sesak nafas dan juga lemas. Gejala ini bisa menjadi indikasi kita terkena virus di bagian paru-paru kita. Apabila tidak di tangani dengan baik ada kemungkinan kita gagal nafas yang mendekatkan penderitanya kepada kematian.

  • Septicemic plague

Gejala yang terakhir ini biasanya berupa demam, lemas, gemetar, mual, muntah, sakit di area perut, diare. Dalam beberapa kondisi yang parah bisa membuat pasien mengeluarkan darah dari mulut , hidung anus atau bahkan di balik kulit dibagian tertentu. Dalam kondisi terparah bisa juga beberapa kulit kita akan menghitam karena terdapat beberapa sel kulit yang tidak beregenerasi ketika mati.

Apabila kita merasakan salah satu dari gejala yang sudah di ulas di atas segeralah untuk berkonsultasi dengan dokter ahli di rumah sakit. Selain itu juga kita harus membekali diri dengan pengetahuan Apakah penyebab penyakit pes.

About ivink3aray

Hobi explore hal baru, dan suka menulis tentang kesehatan di sekitar kita

View all posts by ivink3aray →

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *