Kenali Lebih Baik Mata Juling atau Strabismus

gejala mata juling

Anda pernah melihat seseorang dengan kelainan mata juling ? seseorang seharusnya tidak hidup dengan ketidaknyamanan akibat mata juling/strabismus. Bantuan tenaga ahli medis spesialis mata, operasi dan bentuk-bentuk terapi lain dapat memperbaiki masalah mata juling ini jika di tangani dengan tepat.

Apa itu Mata Juling/Strabismus ?

Juling atau strabismus adalah penyimpangan kedudukan pada bola mata, sehingga kedua mata tidak melihat ke satu arah objek secara bersamaan. Satu mata melihat lurus sedangkan yang satunya melihat ke arah yang berbeda. juling biasanya pertama kali di temui pada anak-anak, tapi pada beberapa kasus ditemui pada orang yang sudah dewasa.

Apa Saja Penyebab Strabismus ?

Mata juling sampai saat ini tidak di ketahui secara pasti penyebabnya, namun banyak penelitian yang menyatakan bahwa mata juling banyak di pengaruhi oleh faktor riwayat keluarga.

Pada anak-anak juling bisa terjadi karena awalnya menderita masalah penglihatan seperti rabun jauh/dekat, katarak, tumor, kelahiran prematur, cedera kepala, kondisi-kondisi yang mengenai otot, retina, saraf atau otak sindrom down dan lain-lain.

Apa gejala mata juling/strabismus

Tanda-tanda yang sering dijumpai pada penderita mata juling yaitu kedua mata terlihat tidak kompat ketika memandang ke satu objek, memiringkan kepala ketika melihat objek, berjalan menabrak-nabrak (karena juling bisa mengurangi kemampuan persepsi jara/kedalaman dan mengganggu koordinasi mata) tangan sulit untuk menangkap bola, naik turun tangga sulit, memincingkan satu mata di tempat terang, dll.

Pada anak yang sudah dewasa bisa merasakan mata cepat lelah, sensitif terhadap cahaya atau melihat ganda (gambar berbayang) yang sangat mengganggu.

Banyak penderita mata juling berpikir bahwa tidak ada yang perlu dilakukan untuk mengatasi mata juling. hal ini sepenuhnya SALAH

Kasus mata juling sepenuhnya bisa diatasi dengan baik melalui cara-cara seperti operasi ataupun non operasi, tergantung kasus yang dialami masing-masing dan seberapa parah mata juling yang di derita.

Baca Juga >>>  Cara Alami Menjaga Kesehatan Mata

Bagaimana Mata Juling/Strabismus di obati ?

Penderita mata juling baik itu anak-anak maupun orang dewasa dapat di obati dengan :

  • Kacamata

Beberapa penderita mata juling memberi respon yang baik terhadap penggunaan kacamata.

  • Penutupan/okulasi mata

Pada penderita mata juling yang memiliki ambliopia atau mata malas, mata dengan penglihatan baik akan di tutup untuk melatih mata yang malas agar daya penglihatannya meningkat.

  • Pembedahan

Tindakan ini seringkali menjadi jalan terbaik untuk meluruskan kedudukan bola mata yang miring, baik pada anak-anak maupun orang dewasa. Operasi Strabismus merupakan jenis operasi dengan komplikasi sangat rendah dan resiko yang kecil.

Hasil Pencarian Lainnya:

About ivink3aray

Hobi explore hal baru, dan suka menulis tentang kesehatan di sekitar kita

View all posts by ivink3aray →

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *