Kenali Jenis Karbohidrat Yang Anda Konsumsi!

Nasi dan roti merupakan salah satu makanan yang mengandung karbohidrat. Selama ini banyak orang yang melakukan diet karbohidrat karena berpikir karbohidrat dapat membuat badan menjadi gemuk. Pada dasarnya tubuh masih membutuhkan karbohidrat karena karbohidrat inilah yang menjadi sumber utama energi.

Sebelum memutuskan untuk melakukan diet karbohidrat Anda harus mengenali jenis-jenis karbohidrat terlebih dulu agar diet karbo Anda berhasil dengan baik. Karbohidrat merupakan zat gii yang mana berfungsi sebagai sumber energi utama untuk tubuh. Bahkan bisa dibilang karbohidrat ini menghasilkan gula yang mana menjadi makanan otak. Bahkan menghindari karbohidrat hanya untuk diet dan tidak memakannya sama sekali bukanlah pilihan yang baik. Karena hanya akan menimbulkan banyak masalah kesehatan setelahnya.

diet karbo 7 hari
diet karbo 7 hari

Ada dua jenis karbohidrat yaitu karbohidrat kompleks  dan karbohidrat sederhana. Dengan jenis yang berbeda maka pengolahannya pun juga berbeda tetapi sama-sama memiliki pengaruh untuk kadar gulah darah hanya saja untuk berubah menjadi gula darah masing-masing memiliki kecepatan yang berbeda. Karbohidrat sederhana bisa Anda temukan dalam makanan manis seperti madu, gula merah atau pun gula. Dan karbohidrat sederhana inilah yang paling mudah untuk diserap oleh tubuh karena memang memiliki bentuk yang sederhana dan cepat dicerna oleh tubuh. Dan ini juga yang menjadi alasan mengapa pada orang diabetes tidak diperbolehkan untuk mengkonsumsi makanan manis.

Karena makanan manis seperti ini hanya akan membuat gula darah menjadi naik dan diabetes menjadi tidak terkendali. Meskipun begitu, orang-orang yang memiliki penyakit diabetes sebenarnya masih bisa untuk menikmati makanan yang manis. Dengan cara mengganti gula dengan pemanis lain seperti pemanis dari jagung. Dengan begitu kadar gula darah tidak akan dipengaruhi. Selain jagung ada juga daun stevia yang memiliki rasa manis dan juga tanpa kalori, serta memiliki jenis karbohidrat yang rendah dan baik untuk penderita diabetes.

Baca Juga >>>  Wow Pete Ternyata Baik Untuk Ibu Menyusui!
menu diet karbo 1 minggu
menu diet karbo 1 minggu

Selain karbohidrat sederhana, ada juga karbohidrat kompleks yang mana bisa Anda temukan pada makanan pokok seperti kentang, nasi, bihun, mie dan juga singkong. Karbohidrat kompleks terdiri atas pati. Pati bisa ditemukan pada semua makanan pokok  dan juga pati akan dicerna lebih lama oleh tubuh karena memang tergolong karbohidrat kompleks. Itu sebabnya ketika Anda makan roti atau nasi maka kadar gula Anda akan meningkat beberapa saat.

Dan itu sebabnya mengapa Anda harus mengatur jumlah konsumsi makanan pokok yang Anda konsumsi agar tidak terjadi hiperglikemia atau tingginya gula darah. Selain pati, serat juga termasuk ke dalam karbohidrat komplek. Jadi ketika Anda mengkonsumsi sayur dan buah sebenarnya Anda mengkonsumsi karbohidrat kompleks. Selain sayur dan buah, nasi merah, makanan berbahan whole grain dan juga roti gandum termasuk dalam makanan yang mengandung karbohidrat kompleks.

Hanya saja di sini serat tidak berdampak pada gula darah tetapi dapat mengatur kadar gula darah. Hal ini dikarenakan ketika serat masuk ke dalam tubuh maka serat tidak akan dipecah sebagai karbohidrat oleh tubuh. Sehingga dengan mengkonsumsi makanan berserat maka gula darah akan tetap normal dan juga berat badan tidak akan naik.

Hasil Pencarian Lainnya:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *