Kelainan Mata Heterochromia Iridium

Umumnya warna bola mata untuk orang indonesia adalah hitam kecoklatan, tapi pernahkan anda melihat orang yang memiliki bola mata berbeda antara mata kiri dan kanan ? kelainan mata ini disebut Heterochromia Iridium.

Heterochromia Iridium merupakan kelainan mata akibat kelebihan atau kekurangan melanin pada iris mata hal ini bisa di sebabkan oleh banyak faktor seperti faktor genetika/keturnan, penyakit ataupun cidera mata. pada dasarnya untuk warna biru pada mata diakibatkan kekurangan melanin dan sebaliknya jika warna mata berwarna cokelat maka kandungan melanin pada mata berlebih.

Heterochromia Iridium sendiri di bagi dalam 3 klasifikasi :

1. Complete heterochromia, merupakan kondisi dimana warna bola mata berbeda satu sama lain, misal warna bola mata kanan cokelat dan yang kiri berwarna biru.

2. Heterokromia Parsial (heterokromia sektoral), Pada kasus ini iris bola mata  hanya terjadi pada satu bagian saja dari sisa iris mata.

3. Central Heterochromia, pada jenis ini, iris bola mata akan memiliki warna yang berbeda hanya pada bagian pinggir pupil dan warna akan terlihat dominan pada bagian tengah bola mata saja.

Sebenarnya kelainan mata Heterochromia Iridium ini relatif jarang ditemukan pada manusia, biasanya anda dapat menemui jenis kelainan mata ini pada hewan seperti anjing, kucing maupun kuda. namun ternyata ada juga beberapa selebritis dunia yang memiliki kelainan mata Heterochromia Iridium. antara lain :

Sarah McDaniel, merupakan seorang model asal negeri paman sam Amerika. sering menjadi pusat perhatian orang-orang akibat kelainan Heterochromia Iridium yang dia derita.

Kate Bosworth, merupakan aktris berkewarga negaraan America yang terkenal dalam film BLUE CRUSH. keunikan kedua matanya mampu membuat daya tarik tersendiri dalam setiap peran yang dimainkannya.

Baca Juga >>>  Lada Merah Ternyata Baik Untuk Kesehatan!

David Bowie, Penyanyi yang bernama lengkap David Robert Jones ini memiliki kelainan mata saat umur 15 tahun. pada saat itu Bowie terlibat pekelahian dan cedera akibat goresan kuku pada matanya. dan sejak saat itu warna matanya berubah.

Walaupun pada dasarnya Heterochromia Iridium tidak berpengaruh pada penglihatan penderitanya secara utuh namun tetap saja perbedaan warna bola mata ini terlihat aneh bagi orang yang melihatnya.

About ivink3aray

Hobi explore hal baru, dan suka menulis tentang kesehatan di sekitar kita

View all posts by ivink3aray →

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *